Deretan Acara Sambut Hari Sumpah Pemuda ke-91


  • Deretan Acara Sambut Hari Sumpah Pemuda ke-91
    Berbagai acara diselenggarakan di berbagai kota untuk memeriahkan Hari Sumpah Pemuda. (Foto:Dok.Dio Hasbi/Pexels)


    Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini mengangkat tema 'Bersatu Kita Maju' untuk para pemuda Indonesia. Sejak ikrar itu disampaikan pada 1928, momen Sumpah Pemuda terus dirayakan dengan ragam acara yang meriah dan seru, sekaligus membangun semangat anak muda Indonesia untuk mewujudkan cita-citanya. 

    Di perayaan yang ke-91 tahun, sejumlah instansi pemerintah dan lembaga di berbagai wilayah di Indonesia juga menggelar acara menarik dan tak kalah seru. Diantaranya Jakarta, Yogyakarta, Riau hingga Surabaya.



    Dirangkum dari sejumlah sumber, berikut ragam acara untuk menyemarakan Hari Sumpah Pemuda tahun ini: 

    (Baca Juga: 12 Desainer Muda Indonesia yang Karyanya Menginspirasi)


    1. Kemenpora Meluncurkan Bulan Pemuda



    Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) meluncurkan bulan Pemuda sebagai bentuk dukungan untuk anak muda untuk melakukan perubahan bangsa. Melansir lama Kemenpora, kegiatan yang akan disemarakan nanti diantaranya adalah Apresiasi Pemuda Perprestasi (Kepemimpinan Pemuda, Pemilihan Wirausaha Muda Berprestasi, Kepeloporan dan Kesukarelawanan), Apresiasi Pemuda Hebat, Anugerah Kota Layak Pemuda, Talkshow Kepemudaan, Lomba Tulis, Pekan Pemuda, Apel Sumpah Pemuda, Malam Puncak HSP dan sebagainya.

    "Para pemuda kita saat ini harus memiliki pemikiran yang kreatif, inovatif dan berpikir ke depan jangan hanya jadi jago kandang harus mendunia, saya memiliki keyakinan bahwa pemuda kita bisa sama dengan negara lain," jelas Zainudin Amali Menpora RI, Senin (28/10).


    2. Tradisi Larung Kali


    Tak hanya di Jakarta, perayaan Hari Sumpah Pemuda juga dilakukan di Yogyakarta dengan kegiatan menarik oleh anak-anak muda Kampung Balirejo Nugroho yakni 'Larung Kali' yang diselenggarakan di sungai Gajah Wong. Melansir laman Antara, kegiatan ini sekaligus meningkatkan kesadaran untuk menjaga kebersihan sungai tersebut.

    "Warga harus memiliki kesadaran untuk bersama-sama menjaga kelestarian sungai sehingga warga akan selalu memperoleh beragam manfaat dari keberadaan Sungai Gajah Wong," jelas ketua Pemuda Kampung Balirejo Nugroho Rusdianto.

    (Baca Juga: Deretan Desainer Muda Meriahkan Panggung Fashion Nation)


    3. Karnaval di Riau


    Perayaan Hari Sumpah Pemuda di Indonesia juga dirayakan dengan acara karnaval yang diselenggarakan di Riau. Melansir laman Antara, ratusan pelajar dan masyarakat di Riau mengenakan busana adat dari berbagai wilayah dan mengelilingi jalan Gajah Mada.


    4. Jawa Timur Membentangkan Bendera di Sontoh Laut


    Semarakan momen bersejarah hari ini, Jawa Timur, tepatnya di Sontoh Laut Surabaya menggelar acara dengan tajuk 'Sumpah Merah Putih'. Dilansir dari laman Liputan 6 Surabaya, Hari Sumpah Pemuda tahun ini dirayakan dengan membentangkan bendera merah putih sepanjang 1.000 meter dengan lebar 12 meter yang dilakukan oleh pelajar dengan busana adat. Acara ini jadi upaya untuk pengembangan destinasi wisata di Sontoh Laut.

    “Jadi, dengan semangat sumpah pemuda ini, kita ingin membangkitkan pengembangan destinasi wisata Sontoh Laut dengan kearifan lokalnya,” kata Camat Asemrowo, Bambang Udi Ukoro.

    (Baca Juga: Agar Sukses di Usia Muda, Ini Caranya!)


    5. 'Go Wes' Bersama Kejaksaan Agung RI


    Bertajuk 'Go Wes Jaksa Menyapa' Kejaksaan Agung menggelar acara bersepeda bersama dari berbagai rute Kejaksaan Agung - Bundaran Senayan - Jalan Sudirman - Patung Kuda, Monas, dan sebaliknya pada Minggu, (27/10). Melansir laman Tempo, acara ini jadi bentuk perayaan Hari Sumpah Pemuda yang dihadiri oleh 1.000 peserta.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below