10 Cara Mudah Untuk Menerima dan Mencintai Diri Sendiri


  • 10 Cara Mudah Untuk Menerima dan Mencintai Diri Sendiri
    Cara mudah menerima diri sendiri. (Foto:Dok.Andre Furtado/Pexels)


    'Tak ada manusia yang sempurna. Setiap orang punya kelemahan dan batasannya'. Kutipan-kutipan ini sering terdengar dalam keseharian, dan bahkan kerap jadi pegangan. 

    Namun, meskipun membenarkannya tak jarang, ada juga yang merasa sulit untuk menerima segala kekurangan diri sendiri, sehingga rasa percaya diri menghilang. Lambat laun, menimbulkan kecemasan. Lalu bagaimana cara menghindarinya?



    Banyak cara yang bisa dilakukan agar kamu menerima diri sendiri dan merasa lebih berharga. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 10 cara mudah agar kamu bisa menerima diri sendiri dan lebih percaya diri. 

    (Baca Juga: 5 Cara Mudah Untuk Melupakan Trauma Dari Masa Lalu)


    1. Memahami Diri


    (Memahami diri sendiri untuk menerima diri.Foto:Dok/Pexels)

    Melansir laman Huffpost, bersikap baik kepada diri sendiri bisa jadi salah satu untuk melatih diri agar menumbuhkan 'Self-Acceptance'. Di waktu-waktu tertentu kamu bisa belajar untuk menjudge dirimu sekaligus berusaha untuk bersabar memerangi musuh dalam dirimu sendiri. 


    2. Hadapi Rasa Takut

    Setiap orang memiliki sejarah yang buruk dan sulit untuk dilupakan. Berangkat dari hal itu, kamu bisa merangkum segala hal yang membuat ketakutan dalam hidupmu. Setelahnya, kamu bisa mencoba untuk menghadapinya dan belajar untuk memikirkan hal positif dari kejadian itu.

    (Baca Juga: 7 Tanda Toxic Relationship Yang Harus Diketahui)


    3. Tetaplah Berpikir Positif


    (Kata-kata bijak untuk motivasi diri.Foto:Dok/Pexels)

    Berusaha untuk berpikir positif tidaklah mudah, namun kamu bisa menggunakan beberapa cara agar membuatnya jadi mudah untuk dilakukan. Kamu bisa menuliskan kata-kata bijak yang bisa mengingatkan dirimu ketika hal terburuk terjadi. Atau yang mudahnya lagi, kini banyak bermunculan aplikasi seperti, Tumblr, Pinterest dan lainnya yang tak lagi menyulitkanmu untuk mendapatkan kata-kata bijak dan memotivasi.


    4. Terima Ketidaksempurnaan Diri

    Jangan terlalu terobsesi untuk menjadi sempurna. Yang perlu kamu lakukan hanyalah melihat hal ideal yang baik untuk dirimu.

    (Baca Juga: 4 Trik Bahasa Tubuh Agar Jadi Lebih Percaya Diri)


    5. Ciptakan Lingkungan Untuk 'Support System'


    (Menciptakan lingkungan dan teman yang positif dan mendukungmu.Foto:Dok/Pexels)

    Melansir laman Happiness, berkumpul dan membangun hubungan bersama orang-orang di sekitarmu bisa jadi upaya untuk membantumu memiliki kepercayaan diri dan menerima diri sendiri. 


    6. Jangan Mudah Tersinggung

    Kritik dan saran dari orang lain tak jarang bisa menyinggung perasaan. Namun, janganlah mudah untuk tersinggung dan berasumsi bahwa kamu sepenuhnya mengerti dengan apa yang orang lain komentarkan. Oleh karenanya, ada baiknya jika kamu menanyakan hal yang tidak kamu mengerti dan belajar untuk mengintropeksi diri.

    (Baca Juga: 5 Self-Help Book yang Wajib Dibaca!)


    7. Memaafkan Segalanya


    (Memaafkan diri sendiri dan apapun yang telah terjadi.Foto:Dok/Pexels)

    Melansir laman Psych Central, selama menjalani hidup, banyak waktu yang diambil untuk belajar dan terus berproses. Selain memaafkan diri sendiri, kamu pula harus bisa memaafkan diri sendiri dari segala kesalahan yang mungkin sudah dilakukan.


    8. Percayakan Dirimu

    Setiap orang memiliki kekuatan, begitu juga kamu. Percayakan pada dirimu bahwa kamu bisa sejauh ini bertahan dari banyaknya rintangan dalam hidup, dan dirimu pasti bisa melewati segala tantangan hidup selanjutnya.

    (Baca Juga: Mencintai Diri Bersama The Golden Space Indonesia)


    9. Jangan Mudah Menyerah


    (Jangan menyerah dan hadapi segala rintangan.Foto:Dok/Pexels)

    Carilah kegiatan atau hal apapun yang bisa meningkatkan semangat untuk memulai dan bangkit dari kegagalan. Menyerah bisa membuat kepercayaan dirimu berkurang, sehingga motivasi jadi hal yang sangat penting untuk melakukan kegiatan.


    10. Berikan Kebaikan Pada Sesama

    Selain memperhatian pada diri sendiri, meluangkan waktu untuk orang lain, memberikan hal-hal baik untuk sesama bisa jadi alternatif untuk menimbulkan rasa percaya dirimu dan membuatmu menerima diri sendiri.

    Selamat mencoba!




 
Advertisement - Continue Reading Below