Tips & Trik 'Stage Photography' menggunakan Smartphone


  • Tips & Trik 'Stage Photography' menggunakan Smartphone
    Tips & Trik 'Stage Photography' menggunakan Smartphone. (Foto: Dok. anna-m. w./Pexels)


    Dengan semakin banyaknya musisi lokal maupun mancanegara yang datang untuk menyelenggarakan konser di Indonesia, semakin meningkat pula tren untuk pengambilan gambar pada saat konser atau biasa disebut dengan sebutan stage photography. 

    Penikmat musik sering kali mengabadikan momen pada saat penampilan konser guna untuk kepentingan pribadi maupun profesional. Salah satu konser yang akan segera diadakan di Jakarta adalah GFriend, girlband asal Korea Selatan yang dihadirkan oleh Shopee, e-commerce yang sudah tidak asing lagi di telinga penggemar belanja Indonesia. Konser girl group beranggotakan enam personil tersebut akan diadakan pada 10 November 2019 di The Hall Kasablanka. 



    (Baca juga artikel: Joyland Festival Kembali Lagi di Desember 2019)

    “Shopee senang sekali menyambut kemeriahan pertunjukan langsung GFriend di Jakarta. Sebagai penyelenggara dari acara-acara besar ini, kami memahami betul pentingnya peranan stage photography dalam berbagai aspek. Mulai dari dokumentasi internal sampai dengan publikasi acara secara keseluruhan. Memberikan solusi terbaik guna mengabadikan penampilan musik untuk kepentingan pribadi maupun profesional, Shopee juga turut menghadirkan Elektronik Day dengan diskon mulai dari 50% untuk produk khusus. Melalui kampanye ini, kami berharap pengguna yang sudah membeli koleksi spesial Shopee x GFriend bertanda khusus untuk menyaksikan pertunjukan langsung GFriend di Jakarta dapat memilih ragam pilihan smartphone sesuai dengan kebutuhan untuk memaksimalkan fitur-fitur smartphone agar mendapatkan hasil foto konser yang maksimal," ujar Rezki Yanuar selaku Country Brand Manager Shopee.

    Mengabadikan momen sang idola di konser mereka memang memiliki tantangan sendiri karena batasan-batasan yang dimiliki hingga objek yang bergerak dengan dinamis. Salah satunya tidak jarang peraturan konser yang tidak memperbolehkan untuk membawa kamera profesional atau mirrorless sekalipun. 

    Smartphone pun menjadi salah satu solusi terbaik yang dihadirkan oleh kemajuan teknologi agar penonton maupun fotografer profesional dapat mengambil gambar yang baik pada saat konser. 

    (Baca juga artikel: Mengulik 6 Fitur Andalan Samsung Galaxy Note 10+)

    Turut memeriahkan Smartphone Day pada 'Shopee 11.11 Big Sale', Shopee berdiskusi bersama Romi Hidayat selaku Co-Founder Droidlime, Ardianto selaku Founder Foto Konser dan Endah N Rhesa yang merupakan duo musisi ternama Indonesia, dalam acara Media 'Gathering Road to GFriend Show' di Jakarta mengenai peranan penting kamera smartphone dalam investasi ke depan untuk mengabadikan foto konser dan memperluas eksistensi berbagai pihak. 



    (Romi Hidayat, Ardianto, Rezki Yanuar, dan Endah N Rhesa. Foto: Dok. Shopee Indonesia)


    Ada tiga hal utama yang perlu diperhatikan untuk menggali potensi dari beragam fitur smartphone agar mendapatkan hasil foto maksimal. 


    1. Memilih Kamera HP 

    Langkah awal yang penting adalah mengetahui kebutuhan sehingga dapat mencari smartphone yang cocok. Pertama, perhatikan resolusi menjadi salah satu patokan utama dalam menentukan kualitas kamera yang berujung pada hasil. Kedua, dengan perkembangan smartphone yang memungkinkan beberapa produk memiliki lebih dari satu lensa, pastikan konfigurasi yang cocok untuk kebutuhan kalian. Ketiga ketahuilah jenis sensor dan fitur penunjang, dimana hal ini menjadi sangat penting karena akan memberikan solusi atau jawaban untuk tantangan-tantangan foto pada saat konser 


    2. Carilah referensi 

    Melakukan riset atau mencari referensi sebelum datang ke konser tersebut merupakan persiapan yang sangat penting. Dengan pencahayaan yang tidak menentu hingga ketidaktahuan akan apa yang akan terjadi, mencari referensi atau melihat video konser sebelumnya dapat memberikan pengetahuan akan pattern lighting, setting panggung, gerakan musisi tersebut sampai setlist lagu yang akan dibawakan. 


    3. Memaksimalkan kualitas foto 

    Memastikan cahaya, jarak fokus hingga kestabilan memang tidak mudah dengan gerakan dinamis dan ragam pencahayaan dalam konser. Tetapi dengan menguasai dan mengetahui fitur penunjang dari smartphone yang dimiliki dapat membantu mengatur jarak fokus dan kestabilan. Selain itu, dapat memprediksi mode apa yang harus digunakan saat mendapatkan kondisi cahaya yang sangat terang atau gelap sekalipun. 




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below