7 Profesi di Era Digital yang Menjanjikan dan Diminati


  • 7 Profesi di Era Digital yang Menjanjikan dan Diminati
    Jadi wujud perkembangan teknologi, ragam sosial media dan internet kian menawarkan berbagai profesi yang menjanjikan dan menyenangkan. (Foto: Dok/picjumbo/pexels.com)


    Lahirnya sosial media dan internet, tak lagi menyulitkan masyarakat untuk melakukan banyak hal. Selain berbagi pesan, perkembangan itu pula memudahkan masyarakat sosial untuk berkarya hingga menghasilkan uang untuk kehidupan sehari-hari.

    Dengan daya jangkaunya yang lebih luas, YouTube, Instagram dan platform lainnya tak hanya jadi sarana komunikasi dan informasi, tapi juga wadah untuk menciptakan karya. Bahkan beberapa diantaranya berhasil menarik perhatian dan jadi profesi yang digeluti saat ini. 



    Adalah influencer, YouTuber, Content Creator dan lainnya yang bisa jadi fokus kerja di era digital. Ada pula Social Media Specialist, dan Desainer Grafis yang ditawarkan beberapa perusahaan saat ini. Dari banyaknya profesi yang lahir, berikut tujuh diantaranya yang paling menjanjikan:

    (Baca Juga: 4 Pilihan Profesi di Industri Kuliner)


    1. Influencer


    (Influencer di dunia digital.Foto:Dok/Pexels)

    Menjadi influencer bisa jadi profesi yang menjanjikan di era digital. Selain memiliki power untuk didengar dan menarik perhatian, influencer dengan jumlah pengikut yang banyak juga bisa meraih penghasilan dari endorsement yang ditawarkan sejumlah perusahaan atau sponsor. Meskipun tidak mudah untuk menjadi seorang influencer, kamu bisa memulainya dengan hal yang kamu sukai untuk membuat konten yang menarik.


    2. Podcaster


    (Podcaster sebagai profesi yang menjanjikan di era digital.Foto:Dok/Pexels)

    Wadah lama yang booming saat ini, podcast merupakan sarana di era digital yang menjanjikan untuk digeluti. Bermodel audio, banyak orang yang kini mulai menginjakkan kaki ke dalamnya untuk bercerita mengenai topik menarik. Sebut saja diantaranya yang hits, 'Makna Talks', 'Inspigo', 'Do You See What I see', 'Sudut Padang' dan lainnya yang mengangkat tema berbeda dan menggaet banyak pendengar. Sehingga menjadi seorang podcaster bisa jadi profesi yang menjanjikan di era digital.

    (Baca Juga: Pilihan Profesi untuk Anda yang Hobi Traveling)


    3. YouTuber


    (Jadi Youtuber di era digital.Foto:Dok/Pexels)

    Beauty, fashion dan food vlogger kini meramaikan sosial media YouTube dengan konten yang menarik. Jika kamu memiliki hobi seperti traveling, mencicipi aneka makanan, dan hal menarik lainnya, tak ada salahnya kamu membuat vlog dan mengunggahnya ke sosial media untuk disimak. Bahkan jika 'subscriber'mu telah melonjak naik, dirimu bisa mendapatkan penghasilan dari hobimu dan merasakan kenikmatan menjadi seorang youtuber! menyenangkan bukan?


    4. Content Creator


    (Membuat ragam konten di era digital.Foto:Dok/Pexels)

    Sosial media saat ini mendukung anak muda dan semua penggunanya untuk menciptakan karya yang kreatif. Di era digital ini, pembuat konten atau dikenal sebagai Content Creator bisa jadi profesi yang menyenangkan sekaligus menjanjikan. Kamu bisa berfokus pada hobimu dan menyulapnya sebagai bentuk tulisan, foto, video dan lainnya untuk jadi konten yang menarik perhatian.

    (Baca Juga: Mengenal Profesi Creative Director di Dunia Mode)


    5. Blogger


    (Blogger bisa kamu pilih untuk jadi profesi di era digital.Foto:Dok/Pexels)

    Jika kamu memiliki passion menulis, menjadi seorang blogger bisa kamu geluti sebagai profesi sekaligus menghasilkan. Kamu bisa fokus pada minatmu untuk dituliskan dalam sebuah tulisan, baik review, atau memberikan rekomendasi. Yang jadi keuntungan lainnya, kamu pula bisa diundang untuk mencicipi aneka makanan di restoran-restoran ternama.


    6. Social Media Specialist


    (Profesi social media specialist di era digital.Foto:Dok/Pexels)

    Dengan hadirnya media sosial, pastinya ragam perusahaan yang menggunakannya membutuhkan orang yang ahli dan mengerti dengan hal ini. Dan di era digital saat ini, media sosial kerap kali digunakan untuk keperluan pemasaran dan lainnya. Sehingga menjadi seorang 'Social Media Specialist' bisa jadi hal yang menyenangkan sekaligus menjanjikan sebagai profesi. Dengan belajar memahami pasar, mengolah konten kamu bisa menuangkan segala ide untuk memajukan sosial media milikmu sendiri atau pun perusahaanmu!


    7. Design Graphic 


    (Menjadi seorang design graphic di era digital.Foto:Dok.Ovan/Pexels)

    Visual sangat dibutuhkan untuk menarik perhatian. Sehingga peran seorang design graphic bisa jadi profesi yang dicari dan diminati banyak orang dan sangat dibutuhkan untuk memberikan karya yang menarik di era digital.

    Dari banyaknya profesi yang hadir di era digital saat ini, manakah yang jadi minatmu?



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below