7 'Sustainable Diet' Di Peringatan World Food Day 2019


  • 7 'Sustainable Diet' Di Peringatan World Food Day 2019
    Ragam program diet untuk jadi 'Sustainable Diet'(Foto:Dok.Ella Olsson/Pexels)


    Sejak berdirinya Organisasi Pangan dan Pertanian tahun 1945, tepat di tanggal 16 Oktober, negara-negara di dunia memperingati 'World Food Day' atau dikenal dengan Hari Pangan Sedunia.

    Mengangkat tema berbeda setiap tahunnya, tahun ini tema 'Our action are our future, healthy diets #zerohungerworld' atau 'Teknologi Industri Pertanian dan Pangan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045' mengajak masyarakat untuk hidup sehat dan peduli pada industri pangan di dunia.



    Untuk mewujudkannya, hal ini bisa dijalankan dengan ragam diet berkelanjutan yang menyehatkan. Melansir laman Dairy Nutrion, diet berkelanjutan atau sustainable diet jadi upaya untuk menjaga kesehatan generasi sekarang maupun di masa depan. Dengan cara itu pula, ekonomi, keanekaragaman hayati dan ekosistem dapat terjaga.

    Dengan banyaknya metode diet yang hadir saat ini, masyarakat tak lagi sulit untuk menjalani pola hidup sehat yang berkelanjutan. Adalah diet mayo, vegan, fleksitarian bisa jadi pilihan, sekaligus menunjang tema dari 'Hari Pangan Sedunia' 2019.

    Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tujuh diet berkelanjutan yang bisa kamu pilih sebagai pola hidup sehat:

    (Baca Juga: Cara Memulai Diet Flexitarian)


    1. Diet Vegan


    (Diet vegan jadi salah satu jenis diet sehat.Foto:Dok.Ella Olsson/Pexels)

    Diet Vegan bisa jadi salah satu diet yang dijalani agar tubuh menjadi sehat dan berenergi. Hal ini dikarenakan diet vegan, salah satu jenis diet yang menghindari makanan yang diolah dari sumber hewani. Sehingga para pengikutnya akan mengonsumsi dan memperoleh nutrisi dari makanan yang diolah dari nabati.


    2. Diet Paleo


    (Diet Paleo untuk diet berkelanjutan.Foto:Dok.Ella Elsson/Pexels)

    Mirip dengan diet vegan, diet paleo jadi salah satu jenis diet yang juga mengonsums makanan yang diolah dari buah-buahan, dan sayuran. Namun, kamu masih bisa mengonsumsi daging tanpa lemak, dan ikan. Hanya saja diet ini harus menghindari berbagai jenis olahan makanan yang terbuat dari kentang, biji sereal, garam, kentang dan ragam produk susu.


    3. Diet Katogenik


    (Diet ketogenik mengonsumsi banyak lemak.Foto:Dok/Pexels)

    Berbeda dari lainnya, diet Katogenik merupakan salah satu jenis diet yang berbeda dari lainnya. Jika berbagai progam menganjurkan untuk menghindari makanan berlemak, diet yang satu ini justru menganjurkan memakan asupan yang tinggi akan lemak. Seperti, seafood, telur, es krim dan menghindari berbagai makanan yang mengandung zat tepung, gula, sayuran dan roti. 

    4. Diet Pesketarian


    (Diet Pesketarian untuk pola hidup sehat.Foto:Dok.Buenosia Carol/Pexels)
    Hampir sama dengan diet vegan, diet pesketarian berfokus pada makanan yang mengandung sayuran dan ikan. Mereka yang menjalani diet ini hanya diperbolehkan untuk mengonsumsi gandum, buah, telur, biji-bijian, dan aneka hewan laut.

    5. Diet Flexitarian

    (Diet flexitarian menjadi pola makan.Foto:Dok/Nathan Cowley/Pexels)

    Diet yang satu ini mengajarkan untuk menjalani pola hidup sehat secara bertahap. Meskipun mirip dengan vegan, diet flexitarian masih memperbolehkan pengikutnya untuk mengonsumsi daging, dengan jumlah terbatas. Terbagi dalam tiga sistem, dengan perbatasan kalori dari 300-500 setiap harinya, pola hidup sehat yang satu ini juga menganjurkan mereka yang menjalaninya berolahraga secara rutin selama 30 menit setiap harinya.


    6. Diet Shake

    (Diet shake mengonsumsi susu rendah lemak.Foto:Dok.Pixabay/Pexels)

    Jika berbagai program diet menganjurkan mengonsumsi makanan, diet shake jadi salah satu jenis diet yang menganjurkan untuk meminum susu rendah lemak sebagai pengganti makanan. Terbuat dari protein yang tinggi, jenis diet ini disarankan untuk mereka yang menderita obesitas. Namun, kamu perlu memastikan seberapa besar protein yang dibutuhkan untuk tubuhmu untuk menjalani diet yang satu ini.

    7. Diet Dukan

    (Diet dukan untuk hidup yang lebih sehat.Foto:Dok.Ella Olsson/Pexels)

    Siapa yang pernah mendengar diet yang satu ini? Diet dukan bisa jadi salah satu sustainable diet untuk kamu yang ingin menjalani pola hidup sehat. Diet ini tak banyak melarang makanan dan minuman untuk jadi asupan sehari-hari, tapi kamu hanya perlu konsisten dalam mengonsumsi makanan yang dianjurkan. Adalah 100 menu yang terdiri dari 28 nabati dan 72 hewani yang bisa memberikan karbohidrat, lemak serta protein yang baik untuk tubuhmu.

    Dari tujuh diet di atas, manakah yang akan jadi diet berkelanjutan yang akan kamu jalani?



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below