38 Lagu 90'an yang Mungkin Kamu Lupa


  • 38 Lagu 90'an yang Mungkin Kamu Lupa
    Yuk, dengar lagu-lagu 90an yang mungkin sempat hilang dari ingatanmu! (Foto: Dok/Pexels.com)


    Siapa pun yang mengaku generasi 90'an tentu sering bernostalgia dengan lagu-lagu masa lalu. Mulai dari nada-nada yang dinyanyikan oleh Boyband, Girlband, atau bahkan para penyanyi solo. Ya, selain generasi ini termasuk dalam generasi MTV yang kesehariannya hampir tak pernah lepas dari siaran radio dan televisi, generasi 90an juga punya range genre lagu yang beraneka macam mulai dari R&B, Rock, Punk, Jazz, Pop, Reggae, Britpop, Ska, Metal, Rap, sampai Hardcore dan alternatif.

    Musisi lokal dan mancanegara pun berlomba-lomba untuk menampilkan aransemen terbaik mereka sebebas-bebasnya dan sekreatif-kreatifnya. Tak heran banyak lagu yang menyiratkan amarah dengan perkataan-perkataan kasar, menyindir dengan lirik sinisme yang tajam, sampai dirty sentences yang kerap jadi kontroversi. Meski begitu, lagu-lagu ini tetap bisa dinikmati dan ditunggu setiap hari. Ah, rindu.



    So, mau tahu lagu 90'an apa saja yang mungkin kalian lupa di samping lagu-lagu hit list yang sering diputar di bar-bar atau pada pesta-pesta masa kini? Berikut herworld Indonesia kembalikan ingatanmu. Enjoyyy!


    (Baca juga: 53 Lagu Tahun 2000'an yang Sering Dikira 90'an)


    1. Damage (Forever)

    Dulu, lagu ini sering masuk dalam custom mixtape untuk pacar, gebetan, atau bahkan diri sendiri. Terhitung sebagai salah satu lagu romantis di jamannya, Forever kini sering luput dalam ingatan. Kalau pun ingat, mungkin hanya nadanya saja. Penyanyinya lupa. Seringnya sih begitu. 




    2. Kavana (Special Kind of Something)

    Kalau kamu ingat dengan 'Will You Wait for Me', maka harusnya 'Special Kind of Something' juga tak boleh lupa. Lagu manis persembahan penyanyi asal Inggris ini dirilis tahun 1998 dan lekas digilai oleh kaum Hawa masa itu. Btw, ia pernah datang ke Indonesia saat sedang tenar-tenarnya, lho. Heboh.


    3. Ultra (Say You Do)

    Lebih dikenal dengan lagu 'Say it Once', Ultra juga sempat naik daun dengan lagu 90an ini. Dirilis tahun 1999, 'Say You Do' bak jadi back up kalau-kalau mereka ditanya, "Punya lagu lain? Kok kayaknya cuma satu?". Setelah itu akhirnya mereka berhasil naik daun dan berada pada tangga lagu dunia untuk beberapa waktu berkat dua lagu saja. Selebihnya gagal total.




    4. Toy-Box (Best Friend)

    Masih dari tahun 1999, Toy-Box hadir layaknya kloningan grup pendahulunya, Aqua. Punya konsep sama persis dan dengan cara menyanyi, nada lagu, serta mood MV yang 99.9% sama, umur mereka tak panjang di belantika musik dunia karena jelas orang lebih memilih Aqua ketimbang grup ini. Bahkan, lagu mereka yang 'Tarzan & Jane' benar-benar persis dengan 'Doctor Jones', lho. Ini yang bikin cepat redup. 

     



    5. Daze (Tamagotchi)

    Muncul di MTV pada tahun 1998, bahkan grup musik ini pun disinyalir terinspirasi dari Aqua yang hadir dengan lagu pertamanya yaitu 'Barbie Girl' di tahun 1997. Lagu bernada fun namun dengan lirik kekanak-kanakan dianggap mudah mengambil hati para Anak Baru Gede atau bahkan para bocah masa itu. Seru. Karena dulu musik adalah lahan perdebatan dan kontroversi paling kelihatan dan kedengaran, jadi untuk bisa jadi terkenal dan punya karakter sendiri memang sangat susah. Sedikit-sedikit dibilang nyontek dan jelek sedikit langsung kalah saing. Tenggelam dalam hitungan bulan. Kasihan, ya.




    6. Bic Runga (Sway)

    Salah satu lagu paling underrated di tahun 1997 yang jadi terkenal sejak dijadikan soundtrack film American Pie. Sebenarnya lagu 90an ini sangat enak, hanya saja gaungnya kurang terdengar sehingga tak banyak orang tahu. Kini, 'Sway' jadi lumayan sering diputar dan masuk dalam jajaran lagu kenangan. Padahal dulu, pamornya berada sangat jauh di bawah lagu-lagu lain yang masuk top 10 hit list.



    7. East 17 (Each Time)

    Untuk penggemar boyband, mungkin East 17 hanya sekedar angin lalu. Namun meski begitu, lagu yang rilis tahun 1998 ini cukup mengobati kerinduan akan masa dulu. Ia cukup sering terdengar di radio atau sekelebat lewat di MTV. Tak terlalu terkenal tapi sebagian dari kamu pasti ada yang tahu dan tiba-tiba rindu.



    8. Babylon Zoo (Spaceman)

    Nah, sepertinya banyak yang lupa nih dengan lagu ini! Padahal, ketenarannya pernah sangat meledak waktu nadanya dipakai untuk iklan Levi's pada tahun 1995. Babylon Zoo sendiri baru merilis lagu ini secara resmi pada tahun 1996. Jadi, iklan itu tayang terlebih dahulu sebelum albumnya keluar. Mungkin sengaja, ya. Untuk teaser.




    Well, penasaran atau kangen dengan iklannya? Ini dia!




    9. Sophie B Hawkins (Lose Your Way)

    Penggemar serial televisi Dawson's Creek pasti tahu lagu ini. Sering digunakan sebagai closing song atau saat adegan romantis antar para pemain, lagu yang rilis tahun 1999 berikut adalah lagu yang paling sering diputar di film ini selain 'I Dont Want to Wait' nya Paula Cole.



    10. Princessa (I Won't Forget You)

    Lagu-lagu baru dan easy listening bertebaran di tahun 1999. Termasuk lagu ini. Dengan mengusung gaya millenium di mana banyak penyanyi perempuan berambut pendek, berwarna cokelat, merah, hijau, bahkan biru dengan gaya berantakan, ikat-ikat kecil, atau cepak dan botak, Princessa berhasil jadi salah satu yang paling mencuri perhatian di masanya. Meski usia ketenarannya tak panjang, tapi lagu ini sempat jadi kesukaan banyak remaja.



    11. Mariah Carey (Fantasy)

    Sebagai lagu pertama di tahun 1995, 'Fantasy' sering kalah dengan lagu lainnya yang lebih terdengar. Padahal lagu ini termasuk lagu Mariah yang paling ringan, santai, dan fun untuk dinikmati tanpa harus mendengar lengkingan-lengkingan 7 oktafnya yang terkadang menghilangkan esensi musik itu sendiri. Di sini, ia juga masih sangat belia dan tampak segar dengan konsep MV di taman bermain. Andai ia bisa bernyanyi seperti ini lagi.




    12. Mandy Moore (Candy)

    Sering terlupa akibat kalah tenar dengan 'I WannaBe With You', 'Only Hope', dan 'Crush', lagu ini merupakan lagu pertamanya saat ia masih sangat muda layaknya remaja tanggung di tahun 1999. Duh, Mandy. 




    (Baca juga: 8 Lagu Tulus Terbaik, dari Teman Hidup sampai Monokrom)


    13. Shampoo (Trouble)

    Dijamin! Semua generasi 90an tahu dan ingat lagu ini tapi tak semua tahu siapa penyanyinya. So here they are, Shampoo! Pernah dijadikan OST film 'Mighty Morphin' Power Rangers' antara tahun 1994 /1995, lagu ini sangat bahkan catchy bahkan sampai saat ini. 




    Versi 'Power Rangers'




    14. Toploader (Dancing in the Moonlight)

    Masih dari tahun 1999, di mana para musisi berlomba-lomba untuk punya ciri khas nya sendiri agar bisa diterima masyarakat, Toploader datang membawa lagu 'Dancing in the Moonlight' dengan cipta nada yang benar-benar baru. Masuk dalam genre Pop Rock, Punk, lagu ini langsung disambut baik dan banyak difavoritkan oleh remaja putra maupun putri. Nadanya yang riang dan penuh semangat menjadikan band ini sukses besar. Sayangnya, hanya satu lagu ini saja yang hits. Selebihnya tak pernah ada. Hiks. 



    15. Black Box (Fall Into My Love)

    Terdaftar sebagai salah satu lagu 90an awal, 'Fall Into My Love' jadi salah satu lagu paling manis yang menggaung mulai tahun 1995. Dengan sedikit sentuhan jazz, dance, dan electronic, lagu ini agak sulit hilang dari ingatan karena segalanya sangat well arranged.  Namun seringkali seperti yang telah disebutkan di atas. Banyak orang tahu lagu 90anini namun lupa siapa yang membawakan. Jadi ingatannya sulit dilacak meski di Google sekali pun. So here we get you the song.



    16. Coco Lee (Do You Want My Love)

    Meski rilis di tahun 2000 dan bukan lagi masuk range waktu 90an, tapi kami tak mau kamu melupakan sosok super seksi dan lagu menyenangkan ini. Ya, Coco Lee! Sempat dijuluki sebagai JLo nya Asia, penyanyi asal Hong Kong berperut super rata dan bikin iri banyak wanita ini juga sempat membawakan lagu 'Before I Fall in Love' yang jadi salah satu soundtrack dari film Runaway Bride.

    Suara yang indah, wajah yang sangat oriental, dance yang luar biasa baik, dan tubuh yang sempurna menjadikan Coco Lee punya daya tarik sendiri. Top notch! Btw, kemana dia sekarang, ya?



    17. B*Witched (C'est la vie)

    Dirilis tahun 1998, B*Witched terhitung sukses membawa angin segar pada belantika musik dunia setelah bosan dengan mood lagu girlbands yang begitu-begitu saja. Kemampuan bersaing ini pun datang dari tempat asal mereka yaitu Irlandia. Dengan menggunakan musik khas Irish pada tiap lagu menjadikan mereka punya nilai plus sendiri di tiap VM nya. Fun and dancable. Setidaknya begitulah karakter yang ditampilkan. 

    Ada beberapa lagu yang cukup ikonis mulai dari 'C'est la Vie', 'Roller Coaster', 'Jesse Hold On', bahkan 'To You I Belong'. Dikemas dengan apik dan dengan dandanan modern country, B*Witched bisa dibilang merupakan salah satu 90's darlings yang amat loveable.





    18. Steps (Last Thing on My Mind)

    Kelompok penyanyi yang terdiri dari anggota perempuan dan laki-laki ini dikenal sejak lagu '5,6,7,8' yang amat groovy. Sejak itu, lagu-lagu lain mulai bermunculan di mana salah satunya adalah ini. Lagu yang menbuat semua orang ingin bernyanyi dan berdansa bersama di tahun 1998.




    19. Five (Got The Feelin')

    Ah! Salah satu boyband bagus namun cepat raib karena musiknya cenderung monoton. Padahal beberapa lagu mereka terhitung sangat catchy. Namun karena iramanya lama-lama membosankan dan tiap anggotanya juga kurang punya faktor X, jadilah usianya tak begitu panjang. Meski demikian, lagu-lagunya tetap memorable dan pantas untuk dikenang, kok. Contohnya ini. Salah satu lagu yang paling enak dari semuanya di samping 'Everybody Get Up' dan 'When The Light Go Out' yang rilis tahun 1998.



    20. Boyzone (Different Beat)

    Salah satu lagu paling ditunggu masa itu tapi kini jarang diputar di momen-momen tembang nostalgia atau pesta akhir pekan bersama para dj ibukota spesialis lagu-lagu jadul. Padahal gara-gara lagu ini, nama Ronan Keating dan Stephen Gately meroket setinggi langit sampai pin-up di majalah-majalah wanita remaja selalu penuh dengan wajah mereka, lho. Ckckck, masa lalu. 




    21. S Club 7 (Bring It All Back)

    Grup musik asal Inggris yang dibentuk oleh mantan manajer Spice Girls, Simon Fuller, ini bisa dibilang pionir dalam menggabungkan banyak penyanyi pop baik laki-laki maupun perempuan ke dalam satu kelompok. Lagunya pun enak didengar. Satu yang paling populer di tahun 1999 adalah ini. Selebihnya, tentu sebagian dari kamu ingat 'Never Had a Dream Come True' atau 'Party'. Uber cool!



    22. Vitamin C (Graduation - Friends Forever)

    Rilis tahun 1999, lagu ini sempat jadi lagu wajib untuk mereka yang akan menghadapi momen kelulusan dari segala jenjang mulai dari kuliah, SMA, SMP, bahkan SD sekalipun. Selain memang nada dan liriknya sengaja diperuntukkan untuk momen perpisahan, maknanya juga memang manis untuk dikenang terutama bersama teman-teman sekolah. Tak heran kalau ia selalu jadi lagu utama menjelang prom night.




    23. Fun Factory (Celebration)

    Grup penyanyi asal Jerman ini punya beberapa lagu andalan yang dulu sering diputar di klab atau tempat-tempat pesta. Karena punya genre khusus yaitu Eurodance, Techno, Reggae, bahkan, EDM, Fun Factory pun akhirnya mulai digemari banyak orang lewat lagu 'Celebration', 'Doh Wah Diddy', dan 'I Wanna Be With You' yang muncul di tahun 1995.





    24. Bed & Breakfast (If You Were Mine)

    Salah satu lagu terbaik Bed & Breakfast di tahun 1995 yang langsung melayangkan ingatan pada masa di mana banyak boyband bertebaran dengan lagu-lagunya yang membuat jatuh cinta. Ini salah satunya. Band asal Jerman berikut sebenarnya punya potensi untuk jadi besar. Karakter lagunya yang hampir mirip dengan Take That seharusnya bisa jadi kendaraan tepat untuk mengantar mereka pada posisi hit list. Tapi entah mengapa tetiba mereka lenyap begitu saja dari peredaran. Huft.




    25. Ant & Dec (Falling)

    Tak begitu banyak orang tahu mereka. Berevolusi dari nama panggung sebelumnya yaitu PJ & Duncan, Ant & Dec lebih dikenal di negara asalanya, Inggris. Meski begitu lewat lagu ini mereka cukup mampu mendunia di tahun 1997. Tapi karena tidak bisa melewati pamor Boyzone, Backstreet Boys, dan boyband lain yang sudah duluan terkenal, maka duo ini undur diri dari dunia tarik suara dan banting setir jadi pembawa acara televisi serta panggung hiburan sampai saat ini. Ada yang ingat? Siapa tahu kamu sempat mendengarnya meski sekelebat.



    26. Shooter (Life's A Bitch)

    Salah satu lagu paling asyik di tahun 1999. Pernah juga jadi soundtrack serial televisi Dawson's Creek, band ini kemudian tak terdengar lagi. Kok bisa begitu, ya?



    27. Gil Ofarim & The Moffats (If You Only Knew)

    Ini dia yang ditunggu-tunggu! Kegemaran hampir semua perempuan di zamannya. Gil Ofarim plus The Moffats. Rasanya tak ada alasan untuk para perempuan tak mendengarkan mereka di masa itu. Dengan lantunan nada mendayu dan lirik romantis nan sederhana yang dinyanyikan oleh sederet pria tampan (masa itu, lho), lagu ini pun tiba-tiba jadi salah satu yang paling digilai di tahun 1998.



    Ada juga nih versi dirinya menyanyi solo. Masih hafal, nggak?




    28. The Moffatts (If Life is so Short)

    Salah satu lagi paling nostalgis di tahun 90an. Selain 'I'll Be There For You' dan 'Miss You Like Crazy', lagu ini juga jadi lagu yang paling diingat dari The Moffatts. Btw, sebentar lagi mereka bakal datang ke Jakarta untuk konser di The 90's Festival, lho. Ada yang rindu?




    29. Bravo All STars (Let The Music Heal Your Soul)

    Tergabung di dalamnya yaitu Backstreet Boys, 'N Sync, Pappa Bear, Scooter, Aaron Carter, Andreas Biber, Sash!, Squeezer, Scott Moffat, Gil Ofarim, Brian Littrell, Blumchen, The Boyz, 4the cause, Kisha, Daniel Hall, R'G'N, DJ Bobo, dan 2-4 Family, 'Let the Music Heal Your Soul' sukses jadi lagu yang indah untuk didengar pada tahun 1998. Setuju?



    30. Hanson (Where's The Love)

    Selain 'MmmBop', 3 bersaudara Hanson juga punya lagu lain yang tenar di masanya. Biar ingat lagi, nih herworld persembahkan khusus untuk kamu dua lainnya. Jadi jangan hanya 'MmmBop' terus yang nyangkut di memori, ya.






    31. Aaron Carter (Crush On You)

    Tak ada kata lain selain HAPPY! Seperti sedang menembus lorong waktu, 'Crush On You' yang rilis tahun 1997 ini bak memaparkan betapa lugu dan sederhananya nada-nada lagu romantis di masa lalu. Cheesy namun manis dan menggemaskan. Bisa bikin senyum-senyum sendiri terutama ketika didengar oleh kamu yang saat itu masih seumur Aaron. Pasti langsung teringat wajah gebetan di sekolah, kan? Hihihi! Balada cinta monyet yang bikin nggak fokus belajar.




    32. Bryan Adams ft. Melanie C (When You're Gone)

    Masih di tahun 1998, penyanyi solo Bryan Adams mengajak Melanie C untuk menyanyi bersama dalam lagu berjudul 'When Your Gone'. Selain enerjik dan punya MV yang fun, lagu ini juga disinyalir sebagai pemantik semangat dan kepercayaan diri Mel C untuk bersolo karier selepas Gary Halliwell hengkang dari Spice Girls beberapa waktu sebelumnya. Sad.

    .


    33. Donna Lewis (I Love You Always Forever)

    Di tahun 1996, lagu ini tetiba tenar setelah dipakai untuk OST film Anastasia. Singkat kata, lagu ini enak! Sudah. Itu saja. Habis perkara.




    34. Emilia (Big Big World)

    Meski tak terlalu terlupakan, namun lagu ini sudah jarang diputar. Padahal dulu ia cukup fenomenal dan sempat jadi semacam lagu wajib di sejumlah pertokoan, mixtape, bahkan ditampilkan berulangkali di MTV. 




    35. Dr. Bombay (Calcutta - Taxi Taxi Taxi)

    Siapa ingat lagu ini?? Salah satu lagu paling jenaka di tahun 1998 yang kerap membuat banyak orang tertawa sambil menghapal liriknya terutama pada bagian reff. Lucu dan anti mainstream di jamannya! 




    36. Fools Garden (Lemon Tree)

    Dirilis pertama kali pada tahun 1995, lagu ini masih membahagiakan saat didengar tahun 2018. Bernada menyenangkan dan dinyanyikan oleh kelompok musik asal Jerman, Lemon Tree sering terlupakan oleh khalayak 90an. Memang tak 100% luput dari kepala, tapi intensitas diputarnya tak sesering lagu-lagu Spice Girls, Chumbawamba, bahkan Ashley Simpson sekalipun.



    37. Red Hot Chili Peppers (Road Trippin')

    Sebagai bagian dalam album Californication yang dilansir ke pasaran pada tahun 1999, lagu ini hampir punah dari telinga para penikmat musik 90an. Tenggelam dalam ketenaran 'Californication', 'Scar Tissue', 'Otherside', 'Around The World' dan 'Parallel Universe', Road Trippin adalah sisi lain dari lagu RHCP yang lebih tenang dan penuh rasa. Cocok dinikmati saat perjalanan jauh dengan mobil di malam hari atau ketika menikmati alam di mana hembus angin menemani.




    38. Jordy (Dur Dur D'etre Bebe)

    Surpriiseeee!! Ini adalah lagu kejutan. Tak banyak yang masih ingat dengan bocah asal Prancis yang namanya langsung melejit sejak lagu ini keluar di tahun 1992. Di usianya yang baru menginjak 4,5 tahun, namanya telah tercatat dalam the Guinness Book of World Records sebagai penyanyi termuda yang berhasil menduduki #1 charted single selama 15 minggu di Paris. Sejak itu, lagu dengan arti "jadi bayi itu sulit"ini  mulai masuk 5 besar chart dunia meliputi Eropa, Brasil, Amerika Latin, Korea Selatan, dan bahkan Jepang. Tak hanya itu, Jordy juga tembus pada #58 Billboard Hot 100 di mana belum pernah diduduki oleh anak-anak seusianya. Luar biasa, kan! Ada yang masih tahu nadanya?



     

    Tunggu, ada satu lagu lagi yang muncul tahun yang sama. MV pun nya menggemaskan! Cuteness overload!




    Sebenarnya masih banyak lagu enak 90-an lain yang bisa kami bagi. Namun rasanya untuk saat ini segini dulu, ya. Lain kali pasti akan diberitahu lagi. Siapa tahu, list ini juga bisa buat kamu yang ingin karaoke menghabiskan akhir pekan bersama teman. Siap-siap bernyanyi!


    Berikut ada bonus lagu spesial dari tahun 2000. Tunggu artikel selanjutnya untuk deret lengkap dari 2000's forgotten songs! Selamat bernostalgia.




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below