Yakult Diburu Berkat Film Netflix, Apa Khasiatnya?


  • Yakult Diburu Berkat Film Netflix, Apa Khasiatnya?
    Film produksi Netflix, All the Boys I've Loved Before, mendadak populer berkat pemerannya yang minum Yakult. Apa alasan di baliknya?. (Foto: Dok/Netflix)


    Film produksi Netflix, All the Boys I've Loved Before, mendadak hits dalam beberapa waktu terakhir. Penyebabnya bukan karena kisah cintanya yang romantis, atau soundtrack-nya yang keren, melainkan karena Yakult jadi minuman favorit tokoh-tokohnya.

    Sepanjang film, Lara-Jean (diperankan Lana Condor) dan adiknya, Kitty (Anna Cathcart) sering terlihat minum Yakult. Minuman itu pun kerap diberikan pada Peter Kavinsky (Noah Centineo), pacar Lara Jean. Lara menyebut minuman itu “Korean yoghurt smoothie”, walaupun dari penampakan botolnya penonton langsung tahu bahwa yang dimaksud adalah Yakult.



    Sebelum Yakult itu muncul, film rom-com untuk remaja ini sudah digemari karena dibintangi beberapa pemeran Asia-Amerika. Tidak heran, banyak penonton keturunan Asia-Amerika yang merasa makin relevan dengan munculnya minuman probiotik tersebut.

    (Baca juga: 4 Manfaat Kunyit bagi Kesehatan)

    I admit, I bought a couple of packs this past month after watching #ToAllTheBoysIveLovedBefore,” tulis akun Twitter @nancywyuen. “But I grew up on this stuff in Taiwan. It used to get regularly delivered to my home like milk.”

    Ada juga yang setengah berseloroh mengatakan viralnya Yakult membuat dirinya jadi sering kehabisan. “Yakult Shortage never happened in an Asian Country before, as far as I know. But today, my fave dairy drink is sold out in two stores. I blame you Peter K!” tulis @ItsMariaAlyssa.



    Apa yang disampaikan oleh pemilik akun tersebut ternyata ada benarnya. Sejak film ini dirilis pada 17 Agustus lalu, market share Yakult meningkat 2,6%, dan hal itu dinilai sebagai dampak dari product placement dari produk asal Jepang tersebut. 

    “Melihat naiknya tingkat pembicaraan tentang Yakult, kami yakin merek ini akan meraih brand awareness yang semakin besar, yang kemungkinan menghasilkan volume penjualan yang lebih tinggi," kata Mark Bachman, kepala M Science's TickerTags, perusahaan riset yang menganalisa kaitan antara media sosial dan performa merek.

    Sebagian dari Anda mungkin sudah mengenal Yakult, susu fermentasi yang dibuat dari kombinasi susu rendah lemak dan bakteri Lactobacillus casei Shirota. Formula ini dirancang untuk mendorong pertumbuhan bakteri baik dan mencegah perkembangan bakteri jahat dalam sistem pencernaan. Jangan kaget, bakteri jahat ternyata bisa meningkat jika Anda jarang bergerak, makan makanan kurang sehat, stres, dan kurang tidur.

    Kalau bakteri jahat ini lebih banyak jumlahnya daripada bakteri baik, Anda akan mudah sakit. Sebaliknya, minum susu probiotik bisa membantu menyehatkan pencernaan. Manfaat susu fermentasi ternyata begitu besar, berikut lima di antaranya:

    (Baca juga: 7 Fakta Susu Kental Manis Bukan Susu)

    1. Agar tidak mudah sakit

    Dalam pencernaan, rasio bakteri baik harus lebih tinggi daripada bakteri jahat. Begitu minum susu probiotik, separuh numlah bakteri jahat akan berkurang dalam 5 menit. Kalau bakteri jahat lebih banyak jumlahnya, daya tahan tubuh Anda akan lemah sehingga mudah terkena infeksi atau penyakit lain.

    2. Membantu penyerapan nutrisi

    Ketika bakteri dalam pencernaan tidak sampai ke sasaran, manfaat nutrisi dan vitamin yang ada dalam makanan tidak terserap seluruhnya. Namun ketika performa bakteri meningkat berkat probiotik, makanan akan terserap lebih baik dan mencapai pembulih darah sehingga kesehatan tubuh secara keseluruhan juga meningkat.

    3. Mencegah konstipasi

    Sembelit biasanya terjadi karena Anda mengonsumsi makanan yang kurang serat. Rutin minum susu probiotik akan meningkatkan mobilitas bakteri pencernaan, mencegah sembelit dan menjaga kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

    4. Mengatasi diare

    Sebotol kecil susu fermentasi sudah mengandung 6,5 juta bakteri aktif yang dapat memperbaiki kekebalan tubuh, juga mencegah perkembangan infeksi dalam pencernaan yang bisa memicu diare. Diare bisa fatal akibatnya, karena dapat menyebabkan dehidrasi.

    5. Mengatasi Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA)

    Ketika diminum dengan susu fermentasi, bakteri Lactobacillus casei Shirota membantu mencegah ISPA dan mengurangi resikonya. Sebab, ISPA dipicu oleh infeksi bakteri. Mengonsumsi antibiotik tidak hanya

    mematikan bakteri jahatnya, tetapi juga bakteri baiknya. Susu probiotik perlu diminum agar bakteri baik tetap aktif dan mampu menjaga daya tahan tubuh.

    Tidak disangka bukan, manfaat susu fermentasi bisa sehebat ini?

    (Editor: Rahman Indra)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below