'Face Oil', Manfaat dan Cara Pakai yang Tepat


  • 'Face Oil', Manfaat dan Cara Pakai yang Tepat
    Face Oil, Manfaat dan Cara Pakai yang Tepat (Foto: freepik/Freepik)

    Kebanyakan wanita Indonesia memiliki masalah kulit wajah kombinasi yang cenderung berjerawat. Memang ini menjadi masalah umum karena kita tinggal di iklim tropis dan lingkungan yang memiliki tingkat polusi tinggi khususnya di kota besar seperti Jakarta.

    Namun, tinggal di iklim tropis kerap membuat seseorang ragu untuk menggunakan face oil. Padahal, face oil memiliki manfaat yang sangat baik untuk kulit, mulai dari membantu penyerapan produk perawatan kulit lain, membuat kulit lebih plump, hingga melindungi dari radikal bebas.

    Meskipun memiliki tampilan wajah berminyak, dehidrasi tetap bisa terjadi di bagian dalam. Jika kamu tak tahu harus mulai dari mana, sebaiknya coba face oil yang bisa membantu mengatasi jerawat dan minyak di wajah.



    (Baca juga artikel: 5 Jenis Jerawat Dan Cara Mengatasinya Di Rumah)

    Caranya pun mudah untuk dilakukan. Cukup campurkan tiga sampai empat tetes face oil dengan alas bedak cair untuk memberikan kelembapan ekstra sekaligus mencegah timbulnya jerawat selama menggunakan makeup.

    Setelah sukses mengenakan face oil untuk pertama kalinya dan ingin bereksperimen dengan yang lain, kamu bisa membeli face oil yang lebih sesuai dengan kebutuhan kulit.

    Kulit Berminyak

    Minyak bukan penyebab utama munculnya acne breakouts. Namun apabila minyak wajah bercampur dengan bakteri, kotoran, sisa makeup, atau faktor eksternal lainnya, ia memang bisa membuat pori lebih mudah tersumbat dan menyebabkan jerawat.

    Bagi jenis kulit berminyak, kelembapan yang baik bisa didapat dari kandungan rosehip oil. Jenis face oil ini kaya akan asam linoleat bertekstur ringan serta mudah diserap kulit sehingga memberi kelembapan tanpa rasa lengket.

    Setelah membersihkan wajah dan aplikasi toner, hangatkan beberapa tetes rosehip oil di tangan, kemudian tepuk lembut ke seluruh wajah, leher, dan dada.

    Kulit Sensitif

    Jika kulit kamu sangat sensitif, memilih face oil bisa menjadi hal yang sedikit tricky. Apabila face oil mengandung asam yang terlalu banyak, kulit akan menjadi kian sensitif terhadap sinar matahari.

    Sebaiknya kamu memilih face oil dengan minyak alami yang membuat kulit halus dan menenangkan inflamasi. Minyak argan dan jojoba dikenal sebagai kandungan yang sesuai untuk kulit sensitif, karena mampu mengunci kelembapan tanpa membuatnya perih atau meradang.

    Aplikasikan face oil ke kulit sensitif setelah dibersihkan dan masih dalam keadaan lembap.

    Kulit Kering

    Banyak jenis face oil yang memberi manfaat optimal bagi kulit kering. Namun memang ada kandungan yang memberi manfaat lebih. 

    Jika kamu memiliki kulit kering, sebaiknya gunakan face oil dengan kandungan avokad yang kaya akan asam oleat. Jenis formula ini memiliki tekstur yang lebih kaya dan memberi hidrasi maksimal pada kulit.

    Aplikasikan face oil dengan cara gerakan pijat memutar ke seluruh wajah hingga minyak avokad meresap sempurna.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below