6 Cara Mudah Atasi Hipertensi yang Patut Diketahui


  • 6 Cara Mudah Atasi Hipertensi yang Patut Diketahui
    6 Cara Mudah Atasi Hipertensi yang Patut Diketahui. (Foto: Freepik)

    Setiap orang berharap bisa berumur panjang,tapi penyakit seperti hipertensi kerap membuat keinginan pupus di tengah jalan. Sebab, penyakit ini merupakan cikal bakal penyakit kronis seperti jantung atau stroke.

    Lalu, bagaimana mencegahnya? Dokter spesialis penyakit dalam Jeffri Aloys Gunawan dari Departement Penyakit Dalam FKUI/RSCM dan Indonesian Society of Gastrology, menjelaskan, ada beberapa cara mengatasi hipertensi. Semakin sering melakukannya, semakin besar risiko penyakit jantung koroner bisa dicegah.

    Apa saja itu, berikut rinciannya.



    (Baca juga: Cara Mengatasi Darah Tinggi yang Praktis & Sudah Teruji)

    1. Berhenti merokok

    Apakah Anda termasuk salah satu perokok aktif? Bila iya, mulailah mengurangi berhenti merokok perlahan-lahan dan sampai akhirnya berhenti. Sebab, kebiasaan merokok bisa merusak jantung dan sirkulasi darah. Alhasil, risiko penyakit jantung dan stroke meningkat.

    2. Menjaga berat badan  

    Tekanan darah berada di kisaran normal bila berat badan berada pada indeks massa tubuh normal. Oleh karenanya, bila Anda memiliki bertubuh gemuk, usahakan menurunkannya sekitar 5 sampai 10 persen dari berat badan sekarang. Itu sudah membantu menurunkan tekanan darah.

    3. Be active! 

    Dengan terus aktif, hal itu bisa membantu menurunkan berat badan dan tekanan darah. Tentu, kondisi bisa menekan risiko penyakit jantung. Seseorang yang rutin berolahraga, akan mendapatkan manfaat lebih, yakni memangkas 50 persen risiko serangan jantung. Untuk mendapatkan manfaat itu, cukup berolahraga selama 30 menit dengan intensitas sedang setiap hari. 

    (Baca juga: Hanya Begini Saja Hipertensi Sudah Mampu Kamu Hindari)

    4. Berhenti minum alkohol

    Alasannya, minuman beralkohol bisa meningkatkan tekanan darah, bahkan bisa melonjakkan berat badan. Lebih jauh, kebiasaan minum alkohol bisa membuat tubuh jadi resisten terhadap terapi antihipertensi. Jadi, bila Anda punya kebiasaan minum alkohol sebaiknya dikurangi, atau lebih baik lagi bila berhenti minum alkohol

    5. Kurangi lemak dan garam 

    Hal ini sudah terbukti efektif menurunkan tekanan darah bila bisa mengurangi penggunaan garam dan mengonsumsi makanan berlemak. Jadi, sebaiknya usahakan mengurangi makanan berlemak dan garam  dalam menu makanan harian. Kemudian, perbanyak makan sayuran dan buah untuk gampang membantu menjaga berat badan berada di tingkat normal. 

    6. Jangan gampang stres 

    Bila sedang menghadapi hari yang sulit atau menyebalkan, jangan pasrahkan diri untuk gampang diregut oleh stres. Sebab, stres berkontribusi besar terhadap meningkatnya tekanan darah. Lantas, apa yang harus dilakukan? Stay chill. Jalani saja hidup dengan santai, positive thinking, dan sering melakukan relaksasi.




 
Advertisement - Continue Reading Below