Hanya Begini Saja Hipertensi Sudah Mampu Kamu Hindari



  • TAHUKAH kamu bahwa sarapan bisa punya dampak yang luar biasa tubuh kita. Bila kamu berpendapat makan sarapan sekadar rutinitas penghilang rasa lapar, kamu keliru lho, ladies. Sebab menurut penelitian, sarapan bisa membantu menekan risiko penyakit tidak menular (hipertensi, kolesterol, diabetes, dan stroke, dan jantung)


    Ya, dikatakan Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, dokter gizi klinis dari RS. Cipto Mangunkusumo, sarapan bisa membuat tubuh berenergi sehingga gula darah terus stabil. Dalam penelitian, gula darah yang cepat naik dan cepat turun memicu penyakit tidak menular datang.




    “Penelitian sudah menunjukan bahwa sarapan pada orang dewasa bisa mengurangi terjadinya penyakit tidak menular, yakni hipertensi, kolesterol, penyakit jantung, stroke dan diabetes. Sementara buat anak yang masih sekolah, ditemukan orang yang rutin sarapan mempunyai prestasi lebih tinggi dibanding tidak sarapan,” jelasnya di Jakarta, belum lama ini.


    Seperti apa sarapan yang sehat? Harus ada protein, ‘lemak baik’, karbohidrat dan serat. Apakah itu oatmeal, sereal, sandwich, smoothies, dan salad buah. Bila menu sarapan yang kamu konsumsi terdapat asupan itu, sesungguhnya kamu sudah menjaga kesehatan tubuh kamu dari aneka penyakit.


    “Saat ini orang tua harus mengajarkan bahwa menjaga kesehatan itu bukan hanya anak tidak mengalami kecelakaan. Secara fisik semua tubuhnya bagus. Tapi juga harus menjaga organ. Bahwasanya kadar gula yang cepat naik dan cepat turun itu menyebabkan penyakit,” terang dokter Fias.


    “Jadi, ayo mulai hidup sehat. Ajari keluarga kita untuk bergaya hidup sehat. Mulai dari siapa? Dari kita dulu. Setelah itu yang lain,” terangnya. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below