Cara Mengatasi Darah Tinggi yang Praktis & Sudah Teruji


  • Cara Mengatasi Darah Tinggi yang Praktis & Sudah Teruji
    Cara Mengatasi Darah Tinggi, (Foto: Freepik)

    Hipertensi atau yang dikenal sebagai penyakit darah tinggi ialah kondisi yang harus dikelola seseorang dengan baik. Sebab, darah tinggi biasanya menjadi awal terjadinya serangan penyakit kronis lainnya, seperti jantung koroner dan stroke.


    Nah, jika kamu ingin panjang umur, bentengi tubuhmu sejak sekarang dengan cara di bawah ini. 




    Berhenti merokok 

    Rokok merupakan musuh untuk jantung dan paru-parumu. Kebiasaan merokok sendiri dapat merusak jantung dan sirkulasi darah. Sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Jadi, jika kamu seorang perokok, mulailah usahakan untuk mengurangi perlahan-lahan sampai akhirnya berhenti. 


    Jaga berat badan

    Apakah tubuhmu saat ini terbilang gemuk atau obesitas? Bila iya, usahakan untuk menurunkannya, ladies. Sebab, selain bisa menekan risiko dari penyakit diabetes, penurunan berat badan -- sekira 5-10 persen -- bisa membantu menurunkan tekanan darah.


    Jadilah wanita aktif

    Ya, lakukan olahraga teratur untuk menurunkan tekanan darah dan berat badan kamu. Ini akan membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Penelitian menemukan bahwa olahraga secara teratur dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung sampai 50 persen.


    Untuk mendapat keuntungan itu, kamu hanya perlu berolahraga dalam intensitas sedang selama 30 menit sebanyak lima kali seminggu.


    Berhenti minum minuman beralkohol 

    Ini karena minuman alkohol dapat meningkatkan tekanan darah dan menaikkan berat badan. Dampaknya, risiko kamu untuk terkena penyakit jantung semakin tinggi. Bahkan alkohol dalam kadar yang berlebihan dapat membuat tubuh kamu resisten terhadap terapi antihipertensi. Untuk itu, sebaiknya kamu usahakan berhenti dari kebiasaan ini.


    Kurangi asupan lemak dan garam. 

    Salah satu cara untuk menurunkan tekanan darah adalah dengan melakukan diet rendah lemak. Cara mudahnya, kamu hanya perlu mengurangi lemak dan kolesterol dari makanan kamu, dan tingkatkan jumlah potassium, magnesium, serta kalsium.


    Selain itu, mengurangi penggunaan garam dalam makanan juga akan berdampak sangat positif terhadap tekanan darah kamu.


    Stay chill

    Yup! Santai saja, ladies. Rileks Jangan segala sesuatu yang terjadi menjadi beban pikiran di dalam pikiranmu. Sebab, berlebihan memikirkan sesuatu atau stres, bisa meningkatkan tekanan darah. 




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below