Alasan Vitamin C Dapat Percepat Proses Penyembuhan


  • Alasan Vitamin C Dapat Percepat Proses Penyembuhan
    Benarkah Vitamin C Bisa Percepat Penyembuhan Sakit?, (Foto: Freepik)

    SELAIN baik untuk daya tahan tubuh, vitamin C juga ternyata dapat mempercepat proses penyembuhan. Apa alasan di baliknya? 

    Ahli gizi dari Rumah Sakit Umum Bunda Jakarta, Marya Haryono menegaskan vitamin C memang bisa membuat orang cepat sembuh dari sakitnya.

    "Itu karena vitamin C yang masuk ke dalam tubuh membantu meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Sehingga, tubuh lebih bisa melawan infeksi atau penyakit yang sedang bersarang dalam tubuh," ujarnya di sela-sela diskusi kesehatan dalam peluncuran Oronamin C, di Ocha Bella Restaurant, Jakarta Pusat, Kamis (5/7).



    (Baca juga: 5 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin C)

    Lebih jauh ia mengatakan, dalam bahasa medis, sakit itu disebabkan adanya sistem inflamasi, atau meningkatnya peradangan dalam tubuh.

    "Nah, vitamin C bisa mempercepat penyembuhan dari infeksi. Peradangannya dilawan. Jadi, bila kamu lagi sakit dan konsumsi vitamin C, itu oke banget,” katanya.

    Ia juga menambahkan bahwa vitamin C juga bisa mempercepat luka yang dialami seseorang. Oleh karena itu – disadari atau tidak – jika sesekali berobat ke klinik atau puskesmas, salah satu obat yang biasanya dimasukkan dalam daftar resep dokter itu vitamin C.

    “Jadi, kalau sedang flu atau sariawan perbanyak saja langsung mengonsumsi sayur dan buah-buahan, khususnya yang tinggi vitamin C, seperti jeruk, lemon, jambu biji, kiwi, stroberi, nanas, mangga, melon, brokoli, tomat, dan kembang kol. Pasti, nanti sakitnya cepat sembuh," pungkas dokter Marya.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below