Life & health

Vitamin C Dapat Percepat Proses Penyembuhan, Apa Alasannya?

By : Qalbinur Nawawi - 2023-11-05 18:00:00 Vitamin C Dapat Percepat Proses Penyembuhan, Apa Alasannya?

Sejak kecil, pasti kamu sudah tidak asing mengonsumsi Vitamin C. Baik itu dalam bentuk tablet, kaplet, bubuk, atau sirup, saat kecil orang tua pasti menganjurkanmu untuk mengonsumsi Vitamin C secara rutin setiap hari. Hal ini dikarenakan Vitamin C merupakan nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh manusia. Ditambah lagi, Vitamin C memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Beberapa manfaat Vitamin C termasuk sebagai antioksidan, penjaga daya tahan tubuh, membantu penyerapan zat besi, menghindari dari berbagai penyakit, hingga menjaga kesehatan kulit. Beberapa orang bahkan memilih Vitamin C dalam kandungan perawatan kulit mereka untuk membantu mencerahkan kulit. So, yes, Vitamin C is very beneficial.

Selain manfaat-manfaat tersebut, Vitamin C ternyata juga dapat mempercepat proses penyembuhan, lho. Apa alasan di baliknya? Simak di bawah ini.


(Baca Juga: 6 Manfaat dari Serum Vitamin C untuk Kulit Lebih Glowing)


Vitamin C Untuk Mempercepat Proses Penyembuhan


(Ilustrasi Vitamin C. Foto: Dok. Bakhtygul Rakimzhanova/iStock)


Berbagai ahli sudah membuktikan bahwa Vitamin C dapat mempercepat proses penyembuhan, salah satunya adalah dr. Marya Warascesaria Haryono, Sp.GK selaku Dokter Spesialis Gizi Klinik yang saat ini berpraktik di RSU Bunda Jakarta. Menamatkan pendidikan spesialis Gizi Klinik di Universitas Indonesia, saat ini beliau memberikan pelayanan medis terkait dengan konsultasi dan pola gizi makanan serta konsultasi.gizi.

Beliau menegaskan bahwa Vitamin C memang bisa membuat mempercepat proses penyembuhan dari penyakit seseorang.  "Itu karena Vitamin C yang masuk ke dalam tubuh membantu meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Sehingga tubuh lebih bisa melawan infeksi atau penyakit yang sedang bersarang dalam tubuh," ujarnya di sela-sela diskusi kesehatan dalam peluncuran Oronamin C, di Ocha Bella Restaurant, Jakarta Pusat, Kamis (5/7/18).

dr. Marya Haryono juga menjelaskan bahwa bahasa medis, sakit itu disebabkan oleh adanya sistem inflamasi atau meningkatnya peradangan dalam tubuh yang bisa disebabkan oleh berbagai hal. "Nah, Vitamin C bisa mempercepat penyembuhan dari infeksi dengan cara melawan adanya peradangan. Jadi, sangat disarankan untukmu banyak mengonsumsi Vitamin C saat sedang sakit,” tegasnya.

Selain membantu proses penyembuhan dari dalam tubuh, dr. Marya Haryono juga menjelaskan bahwa Vitamin C dapat mempercepat luka yang dialami seseorang. Oleh karena itu, Vitamin C sudah umum dimasukkan ke dalam obat resep dokter ketika kamu berobat ke klinik atau puskesmas untuk mengobati lukamu.

Ada pula beberapa penyakit yang mudah dipicu ketika kamu kekurangan kandungan Vitamin C, seperti flu dan sariawan. "Ketika sedang flu atau sariawan, kamu bisa perbanyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan khususnya yang tinggi dengan kandungan Vitamin C seperti jeruk, lemon, jambu biji, kiwi, stroberi, nanas, mangga, melon, brokoli, tomat, dan kembang kol. Dengan ini penyakitmu akan lekas sembuh," pungkas dr. Marya Haryono.


(Baca Juga: Ini Akibat Kelebihan Vitamin C Yang Bisa Terjadi Pada Tubuh!)


Bagi kamu yang sedang mengalami sakit ringan seperti flu, segera konsumsi Vitamin C untuk mempercepat penyembuhanmu. Vitamin C juga baik dikonsumsi secara rutin setiap hari untuk menghindarimu dari berbagai penyakit ringan hingga berbahaya. 


Life & health