9 Makanan yang Dapat Bikin 'Mood' Lebih Baik


  • 9 Makanan yang Dapat Bikin 'Mood' Lebih Baik
    Menjaga mood tetap bagus bisa disiasati dengan mengonsumsi sembilan jenis makanan. (Foto: freepik)

    DALAM keseharian, beberapa hal tak terduga kerap membuat mood mendadak jadi kacau, atau bahkan menyulut emosi. Macetnya jalanan, teman kantor yang menyebalkan, kehujanan, daftar tunggu pekerjaan, sampai hal sepele seperti lupa bawa charger ponsel.

    Namun, seseorang dapat melatih mood agar tetap bagus, atau setidaknya bisa memperbaiki dengan cepat melalui sejumlah cara. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan penjaga mood.

    Apa saja? Berikut 9 asupan yang bisa menjaga atau memperbaiki mood, seperti dilansir laman India Times.



    # 1. Quinoa 

    Quinoa atau yang dikenal dengan biji gandum ini, rupanya punya kandungan efek anti-depresan di dalamnya. Alhasil bila seseorang mengonsumsi quinoa, bisa membuat mood seseorang terjaga atau memperbaiki mood yang sedang buruk. Oleh karenanya, bila suasana hati sedang tidak karuan dan butuh cemilan, asupan ini bisa jadi pilihan.

    # 2. Jamur



    Vitamin D bisa membuat tubuh menghasilkan serotonin, hormon yang bisa menekan depresi atau kecemasan. Dan, ini bisa didapatkan dari jamur. Namun, jika tidak suka mengonsumsi jamur, bisa mendapatkan asupan vitamin D dalam asupan lain, seperti ikan salmon, tuna atau aneka sayuran alami.

    # 3. Cokelat

    Selain enak dikonsumsi cokelat bisa menekan rasa cemas. Hal itu bisa terjadi karena cokelat memiliki kandungan antioksidan dan flavonoid yang bisa meningkatkan atau memperbaiki mood. Bila tertarik mencobanya, pastikan cokelat yang konsumsi kandungan kakao-nya sebanyak 70 %.

    # 4. Kopi

    Selain membuat tubuh jadi berenergi, kafein yang ada didalamnya bisa meningkatkan produksi serotonin dan dopamin di otak. Dan, itu sama saja sedang mengonsumsi obat anti-depresan alami dengan dosis ringan. Jadi, tak ada salahnya mulai saat ini menyimpan kopi di dapur.

    # 5. Kacang kenari 



    Walnut atau kacang kenari sudah dikenal sebagai salah satu sumber magnesium yang banyak. Magnesium sendiri ialah mineral yang mendorong rasa kantuk muncul dan menurunkan gejala depresi. Berapa banyak yang dibutuhkan? Hasil penelitian dari University of New Mexico menemukan, seseorang hanya perlu setengah cangkir kacang kenari setiap hari dan suasana hati bakal meningkat.

     # 6. Teh hijau

    Selain karena antioksidan yang bisa melawan kanker, teh hijau bila dikonsumsi rutin bisa membuat mood jadi bagus. Tersebab, kafein dalam teh hijau dan juga kandungan epigallocatechin 3 gallate sudah terbukti mampu memperbaiki suasana hati seseorang. Hal itu sudah terbukti dalam penelitian, di mana mengonsumsi 3-5 cangkir teh hijau setiap hari akan menurunkan tingkat stres kamu hingga 20 persen. Oleh karenanya, tak ada salahnya meng-stock teh hijau di rumah atau di atas meja kerja.

    # 7. Aneka buah berry

    Aneka buah berry (Blueberry, stroberi, raspberry ) mengandung vitamin dan mineral, khusus dengan anthocyanidin flavonoid, yang bisa menurunkan peradangan akibat depresi. Mereka juga kaya kandungan vitamin C yang bisa meningkatkan sistem kekebalan. Sebaliknya, minimnya vitamin C dalam tubuh bisa menyebabkan kelelahan, penurunan motivasi dan performa menurun.

    # 8. Yogurt



    Makanan seperti yogurt mengandung probiotik yang bisa hidup dalam usus dan membuat sehat pencernaan. Efeknya, usus bersih dan kekebalan tubuh meningkat yang pada akhirnya membuat penyakit sulit masuk ke dalam tubuh. Penelitian pun telah menemukan korelasi kuat antara efek probiotik dan suasana hati seseorang. Di mana kesehatan usus bisa memengaruhi secara langsung dengan keadaan pikiran seseorang.

    9. Kerang

    Seng dan aneka vitamin lain yang ada di dalam kerang bukan hanya berguna untuk mendongkrak libido. Kandungan itu juga bisa meningkatkan performa memori dan suasan hati. Sejumlah studi juga sudah menyatakan bahwa seng dapat membantu mengobati penyakit terkait mental. Selain seng, mineral lain, terdiri dari omega-3, zat besi, kalium dan magnesium, juga rupanya bisa meningkatkan suasana hati.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below