5P, Trik agar Tampil Maksimal saat Presentasi


  • 5P, Trik agar Tampil Maksimal saat Presentasi
    5P dapat menjadi cara dalam mensiasati tampil di depan umum. (Foto: Freepik)


    Tampil di hadapan banyak orang atau melakukan presentasi kadang menjadi hal yang gampang-gampang susah. Sementara, public speaking merupakan salah satu kemampuan yang diperhitungkan di dunia kerja maupun dalam berorganisasi.

    Terkadang, kemampuan ini juga termasuk salah satu pertimbangan untuk promosi jabatan. Oleh karenanya, melatih skill ini dari sekarang tak ada salahnya, seperti ungkapan populer yang menyebutkan; 'It’s not who you know, it’s who know you”.



    Menurut Imung Hikmah dari Toastmasters International, organisasi nonprofit yang membantu masyarakat dalam bidang public speaking dan leadership skill, cara mudah memiliki keahlian public speaking adalah dengan menerapkan 5P.

    Apa itu 5P? Berikut penjelasan lengkapnya:

    1. Power

    Kekuatan merepresentasikan tiga hal: antusiasme, vokal dan bahasa tubuh ketika berbicara di depan publik. Jadi, berikan energi positif dan antusiasme terhadap pendengar dan cari tema pidato yang menarik. Latih suara dan kekayaan vokal saat berbicara. Gunakan bahasa dan gerak tubuh yang natural, dinamis, sesuai dan tidak berlebihan. Hindari kebiasaan gerak tubuh yang menganggu.

    2. Preparation

    Gunakan formula 5W1H untuk mempersiapkan pidato kamu. Susun pidato menggunakan rumus berikut:

    WHAT – apa tujuan pidato atau presentasi kamu? Dengan mengetahui tujuan sebuah pidato akan mempermudah menghubungkan isi pidato dengan tujuan yang ingin disampaikan.

    WHO – siapa pendengarnya? Pikirkan demografi dan psikografi pendengar sehingga kamu bisa mempersiapkan penggunaan rujukan yang tepat.

    WHY – apa yang pendengar inginkan dari pidato tersebut? Dengan menjawab pertanyaan ini, kamu bisa mempersiapkan materi pidato secara tepat.

    WHEN – kapan kamu memberikan pidato ini? Waktu akan mempengaruhi proses persiapan. Jika dilakukan pada siang hari setelah makan siang, mungkin kamu perlu terlihat lebih bersemangat.

    HOW? – bagaimana strukturnya? Sebagai panduan praktis, pastikan isi pidato bersturktur OBC ( Opening- Body of the speech – Closing)

    3. Pace

    Kecepatan dan konsistensi sangat penting saat harus berbicara di depan publik. Jika pidato yang disampaikan terlalu cepat, kamu akan menyulitkan pendengar untuk memahami presentasi atau pidato kamu. Jika terlalu lambat, pendengar bisa saja bosan. Sebagai panduan, kecepatan yang cukup baik untuk berbicara adalah sekitar 100-120 kata permenit.

    4. Persona

    Persona adalah karakter yang kamu tampilkan atau dirasakan oleh orang lain. Persona buruk tidak akan membantu kamu menyampaikan pidato di depan umum, betapa pun hebatnya kamu “terlihat”. Tunjukkan persona kamu melalui ketulusan, kegembiraan dan rasa percaya diri, sehingga bisa diterima oleh pendengar dengan senang hati dan terbuka. Untuk penampilan, dress for occasion dan jangan berlebihan.

    5. Practice

    Berlatihlah sampai bosan, lalu tinggalkan (sebentar saja) sampai kamu memiliki energi lagi untuk mengulang latihan. Practice makes perfect!

    (Teks: Karina Hikmayudi)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below