Yuk Cegah Tuberkulosis Sekarang, Sebelum Terlambat



  • “MENCEGAH lebih baik daripada mengobati”. Kalimat ini tentu sudah sering kamu dengar. Hal itu menjadi adigium terkenal karena yang namanya penyakit jika sudah menjangkit akan membuat seseorang repot. Entah mulai dari keluhannya, sampai biaya yang dikeluarkan untuk penyembuhan. 


    Oleh karenanya, sebelum terjangkit, sebaiknya kamu jaga kesehatan dari sekarang. Banyak penyakit yang sulit dan membutuhkan waktu lama untuk sembuh, salah satunya tuberkulosis. 




    Tersebab kuman tuberkulosis sangat kuat, sehingga untuk bisa sembuh total, si penderita harus mengonsumsi obat dalam waktu yang lama, yakni 3-6 bylan. Terlebih, penyakit ini bila dibiarkan berlarut-larut persentase kesembuhannya menurun dan tak sedikit yang akhirnya meregang nyawa. Untuk itu, tak ada cara lain yang lebih baik daripada pencegahan. 


    Adapun untuk mengetahui caranya, kami sudah berkonsultasi dengan dr. Erlina Burhan, SpP(K), dokter spesialis paru di RS Persahabatan. Berikut penjelasan lengkapnya, jika kamu tertarik mengetahuinya.


    1. Pakai masker

    Terkadang sulit membedakan penderita tuberkulosis, dikarenakan ciri fisiknya yang tidak begitu menonjol. Nah, untuk berjaga jaga agar tak tertular, sebaiknya kamu selalu menggunakan masker bila bepergian. Ini agar kamu tidak terhirup kuman tuberkulosis jika ada yang bersin atau batuk di dekatmu. "Apalagi bila aktivitas kamu harus memakai angkutan umum, seperti kereta dan trans jakarta.,” ungkap dokter Erlin.


    2. Sirkulasi udara yang baik

    Menurut dr. Erlin, kuman tuberkulosis akan mati saat berada di bawah paparan sinar matahari dan hilang jika berada di ruangan yang memiliki sirkulasi udara. Untuk itu, pastikan setiap pagi kamu membuka jendela rumah agar sinar matahari dapat masuk dan terjadi pergantian udara.


    3. Konsumsi makanan sehat

    Ya, mengonsumsi makanan sehat bisa mencegah kamu terserang tuberkulosis lho, ladies. Karena nutrisi yang cukup akan menguatkan imunitas tubuhmu. Dijelaskan dokter Erlin, tuberkulosis akan sangat mudah menular pada orang yang daya imunnya lemah. Mengenai asupan yang perlu dikonsumsi, perhatian kamu bisa arahkan pada asupan seperti sayur, buah, dan biji-bijian..


    4. Istirahat yang cukup

    Saat tidur, terjadi peningkatan produksi sistem kekebalan tubuh dan protein tertentu selama tidur. Untuk itu, usahakan kamu memiliki istirahat yang cukup. Fungsinya, agar sistem kekebalan tubuhmu bagus, sehingga kuman tuberkulosis tidak mudah menyerang.


    5. Olahraga yang cukup

    Apa olahraga yang biasa kamu lakukan secara rutin, ladies? Bila belum? Carilah olahraga yang asyik dan bisa membuatmu rutin melakukannya. Sebab, olahraga yang cukup akan membuat tubuh menjadi lebih fit dan sehat. “Lakukanlah olahraga 150 menit dalam seminggu. Tak perlu lama-lama, cukup melakukannya selama 30 menit selama lima hari dan itu dapat meningkatkan kekebalan tubuhmu. Sehingga kuman tuberkulosis tidak bisa berkembang dalam tubuh, lalu mati,” jelas dokter Erlin.


    6. Berhenti merokok

    Menurut Prof dr Tjandra Yoga Aditama SpP(K), DTM&H, MARS, DTCE, Dokter Spesialis Paru (Konsultan) yang juga menjadi Guru Besar Ilmu Penyakit Paru & Pernapasan Universitas Indonesia, lebih dari 20 persen kejadian tuberkulosis mungkin berhubungan dengan kebiasaan merokok. Karena merokok merusak paru dan membuat perokok jadi lebih rentan terinfeksi TB. 





 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below