Life & health

Ades Ajak Generasi Muda Dukung Jaga Kelestarian Lingkungan

By : Qalbinur Nawawi - 2018-05-03 10:47:00 Ades Ajak Generasi Muda Dukung Jaga Kelestarian Lingkungan

DALAM rangka memperingati rangkaian Hari Air, Hari Bumi Sedunia dan Hari Lingkungan Hidup, Ades -- sebagai merek air minum dalam kemasan murni yang bagian dari PT Coca-Cola Indonesia, kembali memperkuat komitmennya dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup. 


MelaIui kolaborasi dengan The Nature Conservancy (TNC) Indonesia, Ades memberikan apresiasi kepada individu-individu yang mau menjaga pelestarian perjaIanan air, atau para Pejuang Air Ades. 


Pejuang Air Ades ini merupakan sosok individu yang melakukan aktivitas yang berdampak besar daIam membantu komunitas untuk mengeIoIa, menjaga, dan menjamin kelestarian air dengan menyediakan solusi yang berkelanjutan. 


Pemberian apresiasi kepada Pejuang Air Ades dilakukan seiring dengan kembalinya Ades dengan tekad untuk menjadi merek yang peduIi akan kelestarian air yang berasal dari kehidupan dan untuk keberIangsungan hidup masyarakat, melalui semangat Cintai Air, Cintai Hidup. 


”Dengan semangat Cintai Air, Cintai Hidup ini, Ades konsisten dengan nilai utama kami yaitu memberikan air minum murni sekaligus memegang teguh komitmen pada bisnis yang berkelanjutan seiring dengan inisiatif-inisiatif Ades sebelumnya yang berorientasi pada lingkungan. 


Seperti pengurangan penggunaan plastik dalam kemasan Ades serta edukasi eco-lifestyle kepada konsumen melalui kampanye Pilih, Minum, Remukkan, " kata Mohamad Rezki Yunus, Marketing Manager Hydration, PT Coca-Cola Indonesia dalam acara yang Ades Berikan Apresiasi Kepada Pejuang Air, di Tanamera Cuisine, Jakarta, Kamis (3/5/2018)


DaIam momen ini, tambahnya, kami ingin terus menebarkan inspirasi positif dengan mengangkat cerita hidup dari dua sosok "pejuang’ yang sudah melakukan banyak hal terkait upaya pelestarian air.


 Mereka adaIah Sugeng Handoko dari Yogyakarta dan Romo Marselus Hasan dari Nusa Tenggara Timur. Kedua sosok ini telah memberikan kontribusi besar dalam menjaga kelestarian air sebagai sumber kehidupan sekaligus memberikan dampak positif yang nyata bagi pelestarian Iingkungan. 


Lebih jauh Iagi, berbagai inisiatif yang mereka Iakukan juga teIah berhasil mengangkat berbagai potensi yang ada di daerah mereka. "Kami berharap penghargaan ini dapat menjadi titik awaI kerja sama yang berkelanjutan dengan para Pejuang Air ini untuk bersama-sama memperjuangkan konservasi perjalanan air di Indonesia," cerita Rezki. 


Adapun Sugeng Handoko terpilih menjadi Pejuang Air dari Yogyakarta, karena mampu membangun desanya menjadi desa wisata yang berorientasi lingkungan. Desa Nglanggeran di kawasan Gunung KiduI teIah bertansformasi dan menjadi contoh nyata sebuah desa yang mengintegrasikan penghijauan, konservasi air, serta praktik perkebunan yang berkeIanjutan menjadi sebuah daya tarik ekowisata yang edukatif dan menginspirasi banyak orang. 



Sejalan dengan semangat Sugeng, Roma Marselus Hasan dari Nusa Tenggara Timur (NTT), juga telah mendorong pemanfaatan air untuk kehidupan yang lebih iuas, yakni dengan menggerakan pembangunan infrastruktur Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). . Melalui program mikrohidro ini, Romo Marselus telah berhasil menyediakan listrik bagi lebih dari 1.200 kepala keluarga yang terbagi dalam lima desa di NTT, di mana sebelumnya aliran listrik di sana masih sangat terbatas. 


Komitmen Ades dalam melestarikan air 


Lebih lanjut, Ades ingin memastikan bahwa upaya menjaga kelestarian perjalanan air dari para Pejuang Air dapat berjalan secara berkesinambungan. Oleh karenanya, Ades membina kerja sama dengan The Nature Conservancy (TNC) Indonesia. 


Tujuannya, untuk mengajak para konsumen, terutama para generasi muda untuk ikut berkontribusi melalui potensi dan keahlian mereka, serta terlibat langsung membantu upaya pelestarian air dalam program bersama para pejuang air ini. 


"Kami juga akan terus memperluas komitmen kami dengan senantiasa memberikan ruang bagi para konsumen kami untuk terlibat dalam misi pelestarian air bersama kami. Saat ini kita ada dalam era kolaborasi, dan kami percaya dengan mempertemukan berbagai potensi dan keahlian yang ada maka kita akan memberikan dampak yang lebih besar," urai Rezki.


"Generasi muda yang kreatif, memiliki jiwa petualang, dan kepedulian terhadap lingkungan akan berkesempatan mendapatkan pembekalan khusus dari TNC Indonesia sebelum nantinya akan melakukan perjalanan ke Yogyakarta dan NTT untuk berwisata, sekaligus menerapkan ilmu dan keahliannya untuk membantu para Pejuang Air Ades, dalam kegiatan Conserva(ca)tion.” 



Senada dengan penjelasan di atas, Triyono Prijosoesilo, Public Affairs and Communication Director Coca-Cola Indonesia menyetujui keberlanjutan komitmen untuk melestarikan air. Itu karena konservasi air merupakan sesuatu yang tidak terpisahkan dari bisnis kami dimanapun kami beroperasi. 


"Sebagai perusahaan, dalam satu dekade terakhir kami telah melaksanakan berbagai program Water Replenishment yang setidaknya telah mengembalikan lebih dari 1 milyar liter air kembali ke alam dan masyarakat. Mulai dari upaya konservasi mata air melalui pembangunan 4.000 lebih sumur resapan, pembangunan infrastruktur menabung air, seperti rain water harvesting, pembangunan fasilitas akses air bersih, hingga pembuatan embung untuk konservasi air yang mendukung pertanian dan perkebunan yang berkelanjutan," terangnya



Diharapkan, dengan adanya komitmen pelestarian air ini memercik hati orang hingga muncul pejuang air lain di seluruh Indonesia.



”Sebagai organisasi non-profit di bidang lingkungan, kami sangat memahami pentingnya konservasi air bagi kehidupan. Melalui kolaborasi ini, bersama kita dapat melestarikan sumber air dengan melakukan edukasi dan mengubah paradigma pemanfaatan air yang menitikberatkan pada upaya-upaya penghematan serta pemanfaatan air secara berkelanjutan. 


Aksi nyata seperti yang dilakukan oleh para Pejuang Air dan masyarakat yang peduli lingkungan diharapkan dapat menginspirasi munculnya lebih banyak pejuang air lain di seluruh nusantara," kata Rizal Algamar, Country Director TNC Indonesia 


Seluruh bentuk upaya pelestarian air melalui pemberian apresiasi serta ajakan pada generasi muda untuk mendukung program konservasi lingkungan ini merupakan bentuk komitmen Ades. Adapun komitmen tersebut direpresentasikan oleh enam dimensi komitmen Ades, yaitu: 


- Komitmen pada pengelolaan sumber mata air yang dapat dipertanggungjawabkan.


- Menjaga kualitas yang terbaik dan terpercaya, 


- Memastikan kesegaran dan kemurnian air, 


- Upaya menjadi merek yang fokus terhadap pelestarian lingkungan dan alam sekitar, 


- Komitmen terhadap kemaslahatan masyarakat, dan 


- Komitmen dengan kepedulian terhadap lingkungan.




Life & health