Cuaca Sedang Ekstrim, Begini Cara Merawat Kulit


  • Cuaca Sedang Ekstrim, Begini Cara Merawat Kulit
    memakai sunblock (Foto: Freepik)

    CUACA ekstrem yang belakangan terjadi seolah sedang menguji daya tahan badan kita. Di mana perubahan suhu panas dan dingin  -- karena hujan --  begitu cepat terjadi. Dan tak bisa beradaptasi, bukan saja bikin tubuh gampang terserang penyakit, tapi mengalami masalah kulit.


    Ya, dijelaskan oleh dr. Anesia Tania SpKK, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, perubahan cuaca yang ekstrim bisa membuat kulit jadi kering, kusam, jadi sensitif, keringat berlebihan dan gatal. Pernah merasakan hal serupa?




    Itu karena kamu tak cukup perawatannnya, ladies. Menurut dokter Anesia, seseorang perlu melakukan perawatan di kondis iklim tropis yang sekarang diselingi hujan saat ini


    Nah, bagaimana cara merawatnya? Berikut tips dari dokter Anesia.


    Pakai pelembap

    Ya, ini karena sinar matahari di Indonesia intensitasnya sangat tinggi, jadi kamu butuh proteksi agar sinar matahari tidak membuat kulit kering dan kusam. “Selain itu, hindari mandi air panas, rokok dan stres, sebab kebiasaan itu juga bisa cepat bikin kulit kering,” kata dokter Anesia. 


    Pemakaian masker salah

    Apakah kamu orang yang suka pakai masker claryfing? Ternyata, kalau cuaca sedang panas dan kamu sering pakai masker yang clarifying itu bakal mengangkat sebum kulit (bagian kulit yang memengaruhi kehalusan kulit). Efeknya, kulit sudah dehidrasi, dan kalau pakai itu kulit bisa jadi kering atau kemas.


    Pakai proteksi fisik

    Agar kamu tetap nyaman bekerja atau berakivitas, Dokter Anesia menyarankan  memakai pakaian yang longgar dan berbahan menyerap keringat --- seperti katun. Sirkulasi udara yang masuk ke tubuh kamu dan cepat meresapnya keringat yang keluar, Itu akan membuat kamu tidak mudah mengalami dehidrasi. Efeknya, kulit tidak mudah kering.


    Pakai sunblock

    "Bila pakai pakaian sejuk dan nyaman, kamu juga bisa memakai sunblock. Pilihlah UV yang rendah karena kalau tidak, kulit bagian bawah bisa mengalami kerusakan.

    Kalau kondisi matahari sedang panas, kamu juga bisa pakai sunscreen. Pakai sampai dua ruas jari. Gunakan 30 menit sebelum berjalan di matahari. Di pakai 2-5 jam setiap hari," terang dokter Anesia.


    Pilih kosmetik yang tepat

    “Caranya, pilih produk yang sudah label BPOM-nya. Cek nomernya juga. Ini bertujuan untuk melihat produk yang kamu pilih bisa dipercaya dan sudah teruji manfaatnya. Pilih produk yang diformulasikan sesuai kulit dan negara tropis. Jangan yang creamy atau lengket.

    Kemudian, pilih pH yang rendah sampai angka 6. Karena kulit orang Asia, pH yang cocok itu yang rendah kadar pH-nya. Tak lupa, kenali kandungan di dalamnya. Jangan lupa untuk sempatkan melihat kandungan di dalamnya. Untuk melihat keamanannya," pungkas dokter Anesia 


    Menurut dokter Anesia, bila wanita bisa melakukan perawatan-perawatan di atas cuaca bagaimana pun akan bisa membuat kulitnya terus sehat – tidak kusam, kering, dan berjerawat.




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below