Makan Makanan Ini Bisa Bikin Tubuh Langsing (I)



  • KAMU ingin diet tapi tak ingin produktivitas karena menurun karena lemas akibat diet? Atau, kamu ingin diet berjalan lancar sekaligus bisa menjaga fokus dalam kerja?


    Tak usah cepat cemas, ya. Faktnya ada makanan yang bila dikonsumsi bisa membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan konsentrasi. Spesialis penurunan berat badan dari klinik Lighthouse Indonesia, dr. Grace Judio-Kahl, M.Sc, MH, Cht., menjelaskan, ada makanan berkalori rendah tapi kandungannya juga membuat sistem saraf otak berkerja lebih bagus.



    Untuk mendapatkannya, kamu bisa menemukannya dalam makanan yang tinggi antioksidan, glukosa, vitamin B komplek, asam amino dan omega 3.


    Dalam mengonsumsi asupan di atas, kamu bisa menggabungnya sesuai dengan selera dan diet sehat seimbang. Nah, tertarik mengetahui apa saja amakanan itu, berikut ulasan lengkapnya.


    1. Asam lemak omega-3

    Omega-3 terbukti secara ilmiah mampu membantu perkembangan dan meningkatkan memori baik pada anak maupun orang dewasa. Selain itu, asam lemak omega-3 mampu mengembangkan membran sel pada sistem neurologis dari otak dan jalur sinyal. Dengan asupan yang cukup, nutrisi ini akan membantu meningkatkan kemampuan mengingat dan konsentrasi.


    Ikan tuna 

    Ikan tuna kaya akan asam lemak omega-3. 100 gram ikan tuna mengandung 0,284 g asam lemak omega-3. Jumlah tersebut sudah dapat meningkatkan konsentrasi kamu. 


    Ikan sarden 

    Ikan sarden selain mengandung omega-3, juga kaya akan vitamin D. Kamu dapat mengonsumsi satu porsi ikan sarden untuk mendapatkan dua kebaikannya tersebut.


    Aneka kacang-kacangan

    Untuk mendapatkan manfaat omega-3, kamu dapat mengonsumsi kacang-kacangan karena semua jenis kacang-kacangan mengandung zat peningkat konsentrasi ini. Tetapi, di antara jenis kacang-kacangan tersebut, ada yang kandungan omega-3-nya lebih tinggi, seperti kenari, kacang mete, atau biji kapok. Misalnya saja seperempat cangkir kacang kenari yang mengandung 2,3 gram omega-3. Jumlah ini dapat memenuhi sekitar 91% dari kebutuhan omega-3 harian Anda.  


    2. Asam Amino

    Asam amino selain mampu membentuk struktur otak dan zat pengantar rangsang (zat neurotransmitter) pada sambungan sel syaraf sehingga meningkatkan daya ingat, juga berperan mengatur pembentukan senyawa serotonin yang terlibat di dalam sistem saraf atau acetylcholine yang penting untuk daya ingat.

    Jika kamu ingin memiliki daya ingat yang tajam, Kamu dapat mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, karena asam amino merupakan hasil penguraian dari protein. Makanan tersebut seperti berikut.


    Dada ayam

    Dada ayam mengandung protein yang tinggi. 110 gram sajian dada ayam mengandung 29.55 gram protein. Jumlah ini cukup membantu otak membentuk senyawa seretonin yang penting untuk daya ingat. 


    Telur 

    Telur merupakan sumber protein yang tinggi. Untuk mendapatkan manfaatnya tersebut, kamu dapat mengolah sesuai selera kamu. Apabila jumlah proteinnya masih kurang, kamu dapat menambah jumlah telur yang akan kamu olah. 


    Keju 

    Keju biasanya dipadu padankan dengan makanan lain. Tapi tahukah kamu bahwa makanan yang memiliki cita rasa khas ini mengandung 24.9 gram protein per 100 gram sajiannya? kamu dapat menggabungkan keju dengan gandum atau salad agar manfaatnya bisa lebih kamu dapatkan. 


    Susu sapi

    Segelas susu sapi mengandung 7,86 gram asam amino. Kandungan protein yang tinggi di dalam susu sapi secara tidak langsung juga membuat minuman ini kaya akan asam amino yang dapat membantu meningkatkan daya konsentrasi otak kamu.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below