Menyusuri Desain Unik dan 'Playful' Kapal Api Global


  • Menyusuri Desain Unik dan 'Playful' Kapal Api Global
    Arsitek Cosmas Gozali merancang kantor baru Kapal Api Global dalam rancangannya yang unik, penuh warna, dan sentuhan karya seni. (Foto: RahmanIndra/HerworldIndonesia)


    Seiring dengan perkembangan teknologi dan kesadaran akan lingkungan, desain ruang baik itu rumah ataupun kantor kini menjadi lebih dinamis. Bentuknya tak lagi sekadar berdasarkan fungsi, tapi juga kenyamanan, dan sedap dipandang. 

    Itu juga yang menjadi gagasan arsitek Cosmas Gozali, dari Atelier Cosmas Gozali dalam mendesain kantor Kapal Api Global yang baru akan ditempati pada Januari mendatang. Bertempat di kawasan padat dan sibuk Tanah Abang, perhitungan akan suara bising di jalanan pun menjadi pertimbangan. 



    "Saya ingin membuat siapa pun yang kemudian masuk ke dalam ruang ini merasakan sesuatu yang beda, yang tenang dan sentuhan warna yang fun, enak dipandang," ujar Cosmas, di Kapal Api Global, Jalan Jati Baru Raya, Jakarta, beberapa waktu lalu. 

    (Baca juga: Warna Indonesia di Pameran Desain Interior 'Maison 12) 

    Demi mengatasi kebisingan, Cosmas membuat bangunan berorientasi ke arah dalam, yakni courtyard yang juga berfungsi sebagai entrance dan lobby. Courtyard ini, kata dia, didesain dengan sistem pengudaraan alami bebas AC, sehingga bangunan menjadi lebih efisien dan sustainable. 


    (Kapal Api Global. Foto: Dok/HerworldIndonesia)


    Lebih jauh, Cosmas mengungkapkan ia juga memadukan filosofi Kapal Api Global yang bergerang di bidang kopi yang menghasilkan fasad bangunan yang unik di antara yang lain. 

    Dinding-dinding miring yang berbeda arahnya di setiap lantai merupakan aplikasi dari filosofi biji kopi yang merekah. Sementara, celah antara dinding yang miring, diberi jendela agar dapat masuk cahaya alami ke dalam ruangan. 

    (Baca juga: Pernak-pernik Cantik di Conchita Home)

    Cosmas sebagai desainer juga memberi konsep interior kantor lebih free dan fun, yang memungkinkan karyawannya untuk bekerja lebih kreatif. Di antaranya terdapat ruang meeting terbuka, ruang santai, dan boks khusus buat yang ingin kerja lebih fokus. 


    (Kapal Api Global. Foto: Dok/HerworldIndonesia)


    Selain itu, Cosmas memberi keunikan tambahan pada bangunan ini lewat desain atap lantai lima yang menggunakan atap Toraja dengan olah bentuk lebih modern. Pilihan akan Toraja, kata dia, tak lain karena representasi kebun penghasil kopi istimewa yang dimiliki Kapal Api. 

    Perpaduan finishing beton yang simple dengan kisi-kisi kayu menghasilkan kesan tropis kontemporer. Dengan desainnya yang unik dan berbeda membuat bangunan ini menjadi landmark baru di kawasan sekitarnya.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below