Tips Mengatasi Nyeri Setelah Memakai Sepatu Hak Tinggi


  • Tips Mengatasi Nyeri Setelah Memakai Sepatu Hak Tinggi
    Tips mengatasi rasa nyeri setelah memakai sepatu hak tinggi (Foto: Dok. Pixabay/Pexels)


    Mengenakan sepatu hak tinggi atau heels kadang bikin nyeri. Apalagi kini desain heels beragam dan kadang tanpa disadari membuat rasa sakit saat dipakai dalam waktu yang lama.

    Dalam praktiknya, tekanan berlebih pada telapak kaki bagian depan dapat menimbulkan rasa nyeri yang mungkin awalnya biasa saja, lalu hilang tapi jika dibiarkan begitu saja bisa berakibat buruk bagi kesehatan.



    Untuk mengatasi rasa nyeri tersebut, ada beberapa tips yang dapat kamu terapkan untuk mengatasinya. Berikut lima di antaranya: 

    (Baca juga artikel: Cara Mengatasi Sepatu Heels yang Kebesaran)

    1. Peregangan ringan pada kaki

    Melalui posisi duduk, kamu dapat meluruskan kedua kaki yang sudah terlepas dari sepatu berhak tinggi. Kemudian bungkukkan tubuh untuk dapat meraih telapak kaki menggunakan kedua tangan. Tahan selama kurang lebih 10 detik dan lepaskan. Ulangi peregangan ini hingga kamu merasa lebih baik.


    2. Beri pijatan pada telapak kaki

    Pijat merupakan solusi jitu untuk mengatasi rasa nyeri dan pegal pada tubuh. Kamu dapat melakukan pijat ini sendiri atau mengenakan alat pijat kaki elektrik untuk membuat otot kaki menjadi rileks dan melancarkan sirkulasi darah.


    3. Es batu untuk mengompres telapak kaki

    Apabila kakimu mengalami kemerahan dan terasa nyeri, kamu dapat menggunakan es batu untuk mengompres bagian kaki tersebut. Ambillah es batu secukupnya, lalu bungkus dengan handuk. Mulai tekan-tekan es batu tersebut pada telapak kaki selama kurang lebih lima menit. Kamu dapat mengulang cara ini beberapa kali hingga merasa membaik.

    (Baca juga artikel: Tips Memilih Sepatu untuk Pernikahan)


    4. Rendam telapak kaki dalam air hangat

    Dengan menuangkan air hangat ke dalam bak yang diberi taburan garam epsom, kamu dapat mulai merendamkan kaki selama kurang lebih 15 menit. Pada awal perendaman mungkin kamu akan merasa sedikit sakit terlebih lagi apabila ada lecet pada kakimu, namun beberapa saat kemudian kamu akan merasa nyaman. 


    5. Minum air jahe

    Senyawa kimia gingerol dan fenol yang terkandung dalam jahe dapat meredakan rasa sakit ataupun nyeri. Kamu dapat meminum air jahe sebagai alternatif lain untuk menghilangkan rasa nyeri pada telapak kaki.


    (Teks: Elizabeth Michelle)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below