Life & health

Cek Rutin Tekanan Darah Dapat Cegah Risiko Demensia

By : Rahman Indra - 2018-07-16 19:17:00 Cek Rutin Tekanan Darah Dapat Cegah Risiko Demensia


Seseorang dengan tekanan darah tinggi dianjurkan untuk lebih waspada akan risiko demensia. Karena, bagaimanapun sejumlah studi kesehatan mengungkapkan adanya keterkaitan antara tekanan darah tinggi dan penyakit yang menyerang pembuluh darah otak tersebut.

Anjuran ini kembali disampaikan Dr. Walter Koroshetz (65), seperti dikutip dari National Public Radio, baru-baru ini. Direktur National Institute of Neurological Disorders and Stroke tersebut mengatakan upaya pengecekan dan mengontrol tekanan darah dapat mencegah risiko demensia. 

(Baca juga: Cara Mencegah Penyakit Demensia)

Untuk menjaga tekanan darah tetap normal dapat dilakukan dengan berolahraga dan memberi perhatian lebih pada berat badan dan diet. 

Koroshetz sendiri termasuk salah seorang yang sedang dalam masa upaya kontrol tekanan darah ini. Ia mengatakan setiap hari ia mengonsumsi pil dalam mengontrol tekanan darahnya yang tinggi. Ia pun mendesak orang lain dengan tekanan darah tinggi untuk mengikuti jejaknya.

Di samping itu, Koroshetz juga tergabung dalam aksi kampanye kesehatan masyarakat yang disebut Mind Your Risks. Tujuannya adalah untuk memberi tahu orang-orang bahwa ada hubungan antara tekanan darah tinggi, stroke, dan demensia.

(Baca juga: 10 Makanan Terbaik Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi)

Ia mengatakan, meningkatnya tekanan darah menekan pembuluh darah kecil yang menjaga sel-sel otak tetap hidup. 

"Setiap denyut jantung, mendorong darah ke pembuluh darah yang sangat kecil di otak," katanya seperti dikutip dari NPR. Dan ketika jantung mendorong terlalu keras, seperti ketika tekanan darah meningkat, itu dapat menyebabkan kerusakan yang dapat menyebabkan stroke.

Setidaknya dua penelitian besar telah mengungkapkan tren mengkhawatirkan di antara pasien stroke.

"Jika Anda mengalami stroke, bahkan stroke kecil, risiko demensia dalam dua tahun ke depan sangat besar," katanya. 

Bukti paling jelas untuk jenis demensia yang disebut demensia vaskular. Ini terjadi ketika sesuatu menghalangi atau mengurangi aliran darah ke sel-sel otak. Tetapi tekanan darah tinggi juga tampaknya meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit Alzheimer.

(Baca juga: Cara Mencegah Penyakit Jantung yang Harus Kamu Ketahui)

Jika orang tahu tentang hubungan antara demensia dan tekanan darah tinggi, mereka mungkin lebih cenderung melakukan sesuatu, kata Koroshetz.

"Hanya sekitar 50 persen orang yang mengalami hipertensi benar-benar diobati," katanya. "Jadi saya pikir ada banyak yang bisa dikatakan untuk mencoba mengendalikan tekanan darah tinggi."

Kampanye Koroshetz terkait hal ini mendapat bantuan dari Alzheimer Association.

Kelompok ini dikabarkan sedang menyusun penelitian baru tentang tekanan darah dan Alzheimer pada pertemuan ilmiah tahunan di Chicago, AS yang dimulai 22 Juli mendatang. Dan kelompok ini mendorong publik untuk mengendalikan tekanan darah tinggi.

"Kabar baiknya adalah kita dapat mengontrol tekanan darah sekarang," kata Maria Carrillo, ketua sains kelompok itu. "Kita bisa melakukannya dengan olahraga, dengan gaya hidup, dengan makan sehat dan juga dengan obat-obatan."

Koroshetz menggunakan semua pendekatan tersebut untuk mencegah demensia. Dan dia mengatakan orang lain dengan tekanan darah tinggi harus mengikuti jejaknya.

"Ketika Anda mencapai usia saya, Anda akan sangat bersyukur bahwa Anda mengendalikan tekanan darah dan berolahraga," katanya.

Life & health