Cara Mencuci Pakaian Berbahan Denim yang Baik dan Benar


  • Cara Mencuci Pakaian Berbahan Denim yang Baik dan Benar
    (Foto: Picha.S/Shutterstock/Clickphotos)

    Kain berbahan denim yang kerap digunakan sebagai celana jeans dan jaket dapat berubah warna seiring dengan berjalannya waktu. Cucilah pakaian berbahan denim dengan baik dan benar agar lebih awet dan tidak berubah. Berikut adalah cara mencuci pakaian berbahan denim yang baik dan benar.

    (Baca juga artikel: Cara Mencuci Baju Putih yang Baik dan Benar)

    Cuci jika diperlukan saja



    Mencuci pakaian berbahan denim terlalu sering justru dapat merusak pakaian tersebut. Desainer Tommy Hilfiger bahkan merekomendasikan untuk mencuci pakaian berbahan denim beberapa kali dalam setahun saja.

    Baca label

    Perhatikan label yang tertera di pakaian. Cucilah sesuai instruksi yang ada karena ada pakaian denim yang perlu dicuci secara terpisah saat pertama kali dicuci.

    Gunakan air dingin

    Jangan gunakan air panas saat mencuci pakaian dengan bahan denim. Air panas dapat menghilangkan warna terutama pada denim berwarna lebih gelap.

    Balik terlebih dahulu

    Balik celana atau atasan Anda terlebih dahulu agar bagian dalam menjadi berada di posisi luar untuk melindungi warna denim tersebut.

    Jemur secara tradisional

    Hindari penggunaan mesin pengering karena dapat membuat pakaian Anda mengecil dan kehilangan warna. Jemur di atas tali jemuran dan manfaatkan panasnya matahari.

    Jangan gunakan pemutih

    Jangan pernah menggunakan pemutih saat mencuci pakaian berbahan denim karena dapat merusak warna dari pakaian tersebut. Anda cukup menggunakan deterjen dengan kandungan ringan saat mencuci bahan denim.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below