Fashion

Cara Mencuci Baju Putih yang Baik dan Benar

By : Yolanda Deayu - 2017-02-13 22:31:02

Mencuci baju putih merupakan tantangan tersendiri agar baju tersebut tidak berubah warna setelah berkali-kali dicuci. Berikut adalah cara mencuci baju putih yang baik dan benar.

Pisahkan dari baju berwarna gelap

Sebelum memasukkan baju kotor Anda ke dalam mesin cuci, pisahkan baju putih dari tumpukan dan cuci terlebih dahulu secara terpisah. Mencuci baju putih bersama dengan baju-baju yang berwarna gelap dapat membuat baju putih jadi terlihat kotor.

(Baca juga artikel: Cara Mudah Menyetrika Busana Lipit)

Pisahkan dari baju berwarna

Meskipun bukan berwarna gelap, namun baju dengan warna apapun berisiko untuk melunturkan warnanya dan membuat baju putih Anda menjadi berubah warna akibat kelunturan.

Pisahkan baju putih polos dengan baju putih yang memiliki gambar

Anda dapat menggunakan pemutih pada saat mencuci baju dengan warna putih polos. Namun pemutih dapat merubah warna yang ada di baju putih Anda yang memiliki gambar.

Pisahkan dari baju putih yang sangat kotor

Jangan cuci baju putih Anda bersama dengan baju putih yang sudah sangat kotor seperti terkena tanah atau lumpur, karena kotoran tersebut dapat berpindah ke baju putih Anda yang masih terlihat baik-baik saja.

Gunakan temperatur yang sesuai

Cek kembali temperatur apa yang harus digunakan saat mencuci baju Anda di label yang tertera di baju Anda. Gunakan temperatur yang dianjurkan agar tidak merusak baju Anda.

Gunakan deterjen sesuai anjuran

Peraturan dibuat untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Gunakan deterjen sesuai takaran yang sudah dianjurkan. Jika Anda menggunakan deterjen secara berlebihan, hasil lebih dari deterjen dapat menempel di baju Anda dan zat tersebut justru akan mengundang kotoran yang akan terlihat jelas pada baju putih.

Jemur di bawah sinar matahari

Jika bahan dari baju tersebut memungkinkan, jemur baju putih di bawah sinar matahari. Sinar matahari memiliki efek yang dapat memutihkan secara alami sehingga membantu baju putih untuk tetap berwarna putih.

Fashion