5 Jenis Jerawat yang Harus Diketahui


  • 5 Jenis Jerawat yang Harus Diketahui
    chombosan/shutterstock.com

    Berbicara tentang masalah jerawat memang tidak ada habisnya. Hampir setiap wanita (atau pria) pernah dibuat kesal dengan munculnya jerawat di wajah.

    Selain berbagai penyebab seperti ketidakseimbangan hormon, kurangnya vitamin, hingga tak menjaga kebersihan wajah, ada banyak hal yang penting diketahui seputar jerawat. Ada baiknya jika Anda mengenali jenis jerawat yang muncul sebelum menemukan solusi untuk mengatasinya.

    Whiteheads

    Jenis ini biasa dikenal dengan istilah komedo tertutup atau komedo putih. Disebut komedo tertutup karena ia berada di bawah permukaan kulit.



    Jerawat ini tampak seperti benjolan kecil dengan warna putih. Whiteheads ini terjadi karena sumbatan pada pori yang disebabkan oleh kulit mati, kotoran, bakteri atau minyak berlebih. Walau terlihat memiliki isi berwarna putih, jerawat ini tak bisa dikeluarkan karena tidak memiliki 'mata'.

    Blackheads

    Dikenal juga sebagai komedo terbuka dengan tampilan bintik hitam. Ini disebabkan oleh tersumbatnya pori karena minyak berlebih, sel kulit mati atau bakteri.

    Saat kotoran yang menyumbat pori naik ke atas permukaan kulit, terjadilah proses oksidasi sehingga timbul bintik hitam ini. Gunakan produk dengan kandungan BHA seperti asam salisilat atau betaine salicylate yang bisa membersihkan pori.

    (Baca Juga: 7 Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Blackhead)

    Papula

    Tipe ini merupakan lanjutan dari komedo yang sudah mengalami peradangan. Hal ini diketahui dari warna benjolannya yang sering kali berubah menjadi merah. Namun tak ada tampilan puncak berwarna putih karena tidak mengandung nanah.

    Papula terjadi saat jerawat jenis komedo tidak diobati hingga akhirnya dinding kelenjar yang terinfeksi meletus dan menyebabkan percampuran sebum serta bakteri. Hindari memencet jerawat ini karena bisa jadi semakin meradang.

    Pustula

    Jerawat tipe pustula biasanya memiliki tampilan yang menggoda untuk dipecahkan. Ia memiliki benjolan yang serupa dengan papula namun di bagian puncaknya terdapat titik putih berupa nanah.

    Biasanya jenis jerawat ini akan terasa sakit bila disentuh. Atasi dengan acne treatment atau kunjungi dokter jika muncul dalam jumlah banyak.

    Nodula

    Jika jerawat memiliki ukuran besar, memerah, dan terus bertahan hingga berbulan-bulan, bisa jadi Anda memiliki Nodula. Kondisi ini terjadi jika ada peradangan yang tak hanya terjadi di permukaan namun juga di lapisan dalam kulit.

    Cara penanganan paling baik adalah berkonsultasi pada dokter kulit karena jerawat jenis ini butuh penanganan lebih intensif.  


    (Baca Juga: 6 Rekomendasi Serum untuk Memutihkan Wajah)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Marsha Timothy April 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below