5 Alasan Anda Mudah Memar


  • 5 Alasan Anda Mudah Memar
    (Foto: Nadya Lukic/Shutterstock/Clickphotos)

    Selain mengganggu penampilan, memar membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk sembuh. Apakah Anda termasuk orang yang sering mendapatkan memar meskipun hanya menabrak benda yang kecil atau bahkan muncul tanpa Anda sadari? Berikut adalah beberapa alasan kenapa Anda mudah memar.

     

    (Baca juga artikel: 6 Alasan yang Membuat Anda Kurang Fokus)



     

    Kurang vitamin C

    Vitamin C sangat berguna dalam penyembuhan, sehingga kekurangan vitamin C dapat menyebabkan Anda mudah memar. Berhentilah merokok karena riset menunjukkan bahwa orang yang merokok mempunyai kadar vitamin C lebih rendah di darahnya dibandingkan dengan orang yang tidak merokok.

     

    Bertambah usia

    Seiring bertambahnya usia, kulit menjadi semakin tipis dan kehilangan lapisan lemak yang dapat melindungi Anda dari benturan, sehingga Anda bisa mendapatkan memar lebih sering dibandingkan saat Anda masih anak-anak.

     

    (Baca juga artikel: 5 Manfaat Champagne Bagi Kesehatan)

     

    Keturunan

    Jika anggota keluarga Anda juga mudah memar hanya karena menabrak sudut meja saja, bisa jadi bahwa hal ini merupakan faktor keturunan. Beberapa orang mempunyai pembuluh darah yang rapuh, sehingga mereka akan lebih mudah memar terutama di bagian paha, tangan atas, dan bokong.

     

    Masalah hati

    Terlalu banyak minum minuman yang mengandung alkohol dapat mengganggu kinerja hati Anda. Salah satu fungsi hati adalah membuat protein yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membekukan darah, sehingga kinerja hati yang terganggu dapat menjadi penyebab Anda mudah memar.

     

    Kanker

    Meskipun bukan hal yang sering terjadi, namun tidak menutup kemungkinan bahwa memar Anda adalah gejala dari suatu jenis kanker, seperti leukemia. Segera periksa ke dokter jika Anda mengalami sakit-sakit, lelah, lemah, dan lemas sepanjang waktu.    



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below