Life & health

6 Alasan yang Membuat Anda Kurang Fokus

By : Amalta Rifani - 2017-01-25 22:48:11 6 Alasan yang Membuat Anda Kurang Fokus

Pernahkah Anda tidak bisa menyelesaikan satu pekerjaan dalam sehari karena merasa uring-uringan dan sulit berkonsentrasi? Ya, itu akan terjadi setidaknya beberapa kali dalam hidup kita, meskipun beberapa alasan kurang fokus akan selalu berhubungan dengan suasana hati.

Lalu, sejauh mana Anda mengetahui alasan dibalik kurangnya daya fokus Anda? Simak beberapa hal menarik yang menjadi penyebab Anda kurang fokus.

1. Alergi Makanan

Jauhi jenis-jenis makanan yang membuat Anda alergi untuk menghindari hilangnya daya fokus Anda selama beraktivitas. Jika Anda mengonsumsinya, makanan tersebut akan memicu peradangan atau inflamasi, yang membuat otak Anda tidak dapat bekerja secara maksimal.

2. Perfeksionis

Ambisi dan ketakutan akan sebuah kegagalan menjadi dua hal yang tidak bisa dibedakan lagi ketika Anda merupakan orang yang perfeksionis. Stres dan kekhawatiran akan merajalela sehingga Anda tidak bisa fokus karena terlalu memikirkan banyak hal.

3. PMS

Para perempuan pasti sudah tahu persis tamu bulanan ini menjadi alasan kuat lenyapnya daya fokus. Dan memang terbukti, siklus menstruasi mempengaruhi kondisi fisik dan mental para perempuan. Cara mengatasinya? Simple exercises will help!

4. Permasalahan yang Belum Terselesaikan

Jika Anda sedang ada masalah dengan orang terdekat, jengkel karena lalu lintas tidak bersahabat, dan hal-hal yang tidak menyenangkan terjadi di pagi hari dapat mempengaruhi emosi menjadi tidak stabil. Carilah hal sederhana yang membuat perasaan Anda kembali senang agar tidak uring-uringan sepanjang hari.

5. Meminum Kopi Sebelum Sarapan

Meskipun Anda tidak bisa menjalani pagi hari tanpa kopi, pastikan jangan sampai meninggalkan sarapan pagi sebelum meminumnya. Meminum kopi saat perut masih kosong hanya akan meningkatkan hormon stres dan adernalin Anda, sehingga sulit untuk berkonsentrasi.

6. Kekurangan Zat Besi

Rendahnya kadar zat besi dalam tubuh dapat menurunkan kinerja kognitif dan konsentrasi Anda. Konsumsilah makanan yang mengandung zat besi tinggi saat sarapan atau makan siang untuk mendukung daya ingat serta perhatian Anda selama beraktivitas seperti daging, sayuran hijau, labu, dan dark chocolate.

Life & health