7 Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil


  • 7 Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil
    (Foto: Monkey Business Images/Shutterstock/Clickphotos)

    Menjaga makanan saat masa kehamilan sangatlah penting bagi para perempuan. Kesehatan dan perkembangan bayi dalam kandungan didukung dengan makanan bergizi dan bernutrisi yang dikonsumsi sang ibu. Lalu, apa saja makanan yang harus dihindari para wanita hamil? Simak tujuh pantangan makanan saat masa kehamilan.

    1. Makanan mentah

    Daging sapi, unggas, dan Ikan yang mentah atau setengah matang seperti sushi atau sashimi karena masih rentan bakteri. Jika ingin memakan daging atau makanan laut, masaklah sampai matang sempurna.



    2. Makanan dengan bahan pengawet

    Hindari makanan dengan bahan pengawet dan zat aditif lainnya karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada janin.

    3. Minuman yang mengandung alkohol

    Alkohol sangat tidak dianjurkan untuk wanita hamil. Meminum sedikit alkohol dapat menyebabkan terganggunya perkembangan otak bayi, terlebih lagi jikan mengonsumsi alkohol terlalu banyak.

    4. Minuman yang mengandung kafein

    Kafein yang masuk dapat melewati plasenta dan berdampak pada detak jantung bayi. Batasi konsumsi minuman dan makanan yang mengandung kafein seperti kopi, teh, dan soda.

    5. Makanan yang tidak dipasteurisasi

    Pasteurisasi merupakan sebuah proses memasukkan bahan makanan dan minuman ke dalam suhu tinggi guna membunuh jenis bakteri dan kuman pada makanan kemasan. Jika tidak dipasteurisasi, maka makanan tersebut dapat menyebabkan gangguan penyakit pada janin.

    6. Makanan laut yang mengandung merkuri

    Meski beberapa makanan laut dapat mendukung kebutuhan omega 3 untuk janin, jenis ikan yang mengandung merkuri sangat dilarang untuk wanita hamil seperti ikan makarel, ikan todak, dan ikan hiu.

    7. Makanan dengan kadar garam yang tinggi

    Garam berlebih yang masuk ke tubuh dapat menyebabkan gangguan keseimbangan cairan, berbahaya untuk kesehatan ginjal dan limfa, serta menghambat penyerapan zat besi yang dapat menyebabkan tubuh bengkak atau hipertensi dalam kehamilan.




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below