Kata-Kata Dalam 6 Bahasa yang Harus Diketahui


  • Kata-Kata Dalam 6 Bahasa yang Harus Diketahui
    (FOTO: SHUTTERSTOCK)

    Enaknya jalan-jalan ke negara lain, lebih enak lagi kalau Anda bisa menguasai beberapa patah kata yang paling sering digunakan.

    Di Indonesia sendiri, Anda pasti sering mengatakan terima kasih, maaf dan silahkan. Dalam bahasa inggris, thank you, sorry dan please. Ketiga kata ini juga mewakili tiga perasaan paling dalam yaitu rasa syukur, rasa bersalah dan keterbukaan.

    Jika Anda dapat mengucapkan kata-kata ini dalam bahasa lokal setempat, alangkah baiknya karena tidak hanya Anda yang bangga, tapi penduduk lokal setempat pun akan tersenyum senang menerima tiga ucapan dari perasaan terdalam Anda dalam bahasa mereka sendiri.



    Jalan-jalan tidak melulu untuk have fun, tetapi juga mengenal lebih dalam penduduk lokal setempat dari sisi bahasa dan budaya.

    Korea

    Orang Korea mempunyai kebiasaan untuk menanyakan umur Anda dahulu sebelum berbicara lebih jauh kepada Anda, karena lebih tua atau mudanya Anda akan menentukan pemilihan kata bagi mereka.

    Namun kata-kata formal yang dapat Anda gunakan adalah "Kamsahapnida" yang merupakan terima kasih, "Myanhapnida" yang adalah kata maaf dan "Putakterayo" adalah silahkan dalam bahasa Korea.

    Jepang

    Orang Jepang terkenal dengan budaya mereka yang sopan dengan siapapun. Anda mungkin akan sering mendengarkan "sumimasen" yang adalah kata maaf yang diucapkan oleh orang Jepang untuk hal-hal tidak serius seperti mendahului orang lain pada saat Anda berjalan.

    "Gomenasai" adalah maaf untuk hal yang lebih serius seperti menyinggung perasaan orang lain. Terima kasih adalah "Arigato", terima kasih banyak adalah "Arigato gozaimas".

    Prancis

    Orang Prancis terkenal dengan keterbukaan mereka akan perbedaan yang dikarenakan migrasi, tetapi juga sangat terkenal dengan rasa hormat mereka terhadap bahasa mereka sendiri. Anda akan sangat diharapkan untuk bisa satu atau dua patah kata jika Anda ingin mengunjungi Prancis.

    Jangan khawatir jika Anda ingin meminta maaf karena Anda tidak fasih berbahasa Prancis, maaf di dalam bahasa Prancis dibagi menjadi dua, untuk hal-hal kecil adalah "Pardon" cara membacanya "pardo(ng)".

    Untuk hal yang lebih serius adalah "désolé" dengan cara baca yang juga sama dengan penulisannya. "Merci beaucoup" adalah terima kasih dan dibaca "me'si boku". Silahkan adalah "s’il vous plaît" dan dibaca "si vu pleh".

    Spanyol

    Cara pembacaan abjad Spanyol ini kurang lebih mirip dengan pembacaan abjad dalam bahasa Indonesia. Faktor ini akan mempermudah Anda untuk mengeja kata-kata dalam bahasa Spanyol.

    Meminta maaf untuk hal kecil adalah "perdón", dan untuk hal yang lebih serius adalah "lo siento". "Gracias" dengan pembacaan "grasias" adalah terima kasih dan "Por Favor" adalah silahkan ketika Anda ingin mempersilahkan tamu untuk duduk, makan dan lainnya.

    Cina

    Meminta maaf dalam budaya Cina dianggap sebagai sesuatu yang cukup aneh. Mereka berprinsip untuk selalu melakukan hal baik tanpa memperbuat kesalahan. Jika Anda terlanjur berbuat salah, Anda dapat mengucapkan "dui bu qi" dibaca "tui pu ci".

    Mengucapkan terima kasih juga bukan hal yang sering dilakukan oleh orang Cina di negeri Tiongkok. Mereka juga beranggapan kalau melakukan hal baik adalah suatu kebutuhan. Jika Anda berterima kasih maka Anda akan mendapatkan senyuman kebingungan dari mereka.

    Tterima kasih dalam bahasa Mandarin adalah "xie xie" dan dibaca "sye sye". Sedangkan kata silahkan sudah menjadi budaya orang di daratan Cina karena mereka sangat bahagia untuk mengundang tamu datang ke rumah mereka. Anda akan sering dituangkan air, dipersilahkan makan dengan kata "qing" dibaca "cing".

    Rusia

    Rusia terkenal sebagai negara yang daratannya paling luas. Namun orang Rusia kebanyakan tidak mengetahui bahasa lain selain bahasa Rusia. Selain itu, abjad Rusia juga tidak menggunakan abjad latin layaknya Indonesia.

    Alangkah baiknya jika Anda dapat mengingat tiga kata ajaib yang paling sering digunakan ini. Maaf dibaca "izvinyi"Terima Kasih dibaca "spasiba" dan silahkan dibaca "pazyaushta".

    Sekarang Anda sudah dapat bepergian ke 6 negara tanpa khawatir Anda akan sulit untuk berkomunikasi. Belajar bahasa itu seru loh!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below