Life & health

Yang Perlu Diketahui Tentang Penyakit Meningitis

By : Anindita Nadya - 2016-07-27 08:24:56 Yang Perlu Diketahui Tentang Penyakit Meningitis

Meningitis adalah penyakit infeksi meninges (selaput pelindung otak) yang menyerang saraf, otak serta sum-sum tulang belakang. Saat terserang penyakit ini, meninges pun membengkak. Gejala yang diakibatkan  oleh penyakit ini dapat bervariasi seperti sakit kepala yang parah, muntah-muntah, demam tinggi, leher yang kaku, sensitivitas mata terhadap cahaya, dan munculnya ruam pada kulit.

Untuk mencegah meningitis, Anda harus terlebih dahulu divaksin. Walaupun meningitis lebih berisiko terjadi pada anak-anak dan orang tua, jangan salah! Meningitis dapat mengancam segala kalangan umur. Setiap tahun  di Inggris, sekitar 2500 kasus meningitis akibat bakteri Meningitidis Neisseria terjadi dan sebanyak 5000 kasus meningitis akibat virus.

Secara umum, dilansir dari situs kesehatan Alo Dokter, Meningitis memiliki 5 jenis dengan penyebab yang berbeda-beda.

Meningitis Bakterialis

Meningitis ini disebabkan oleh bakteri dan dapat menyebabkan kerusakan otak parah jika tidak ditangani.

Meningitis Virus

Meningitis virus memiliki gejala yang mirip dengan flu. Lingkungan yang kurang higienis membuat virus ini mudah menyebar dan menyerang seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah.

Meningitis Jamur

Meningitis yang satu ini dapat terjadi karena menyebarnya jamur di sum-sum tulang belakang melalui aliran darah. Akibatnya, penderita akan mengalami defisiensi kekebalan tubuh seperti pengidap HIV dan kanker.

Meningitis Parasit

Amuba yang menyebabkan meningitis jenis ini biasanya masuk lewat hidung dan biasa ditemukan di perairan.

Meningitis Non-infeksi

Meningitis yang satu ini tidak menular namun memiliki gejala umum yang sama seperti meningitis lainnya.

Jika Anda menderita gejala penyakit meningitis, Anda harus melakukan pemeriksaan segera ke dokter untuk mencegah terjadinya perkembangan yang lebih parah pada jaringan saraf, otak dan sum-sum tulang belakang Anda.

 

(FOTO: PHOTOGRAPHEE.EU/SHUTTERSTOCK)

Life & health