Kebiasaan Gigit Kuku Bisa Jadi Penyakit Serius



  • Tidak hanya pada anak kecil, kebiasaan menggigit kuku bisa jadi kebiasaan buruk bagi orang dewasa. Meski demikian, sebuah studi mengatakan bahwa kebiasaan ini dilakukan oleh 60% anak kecil dan 45% remaja. Bagi orang dewasa, kebiasaan ini bisa muncul jika sedang merasa bosan, kesepian, emosi labil, atau stres, namun banyak juga yang menggigiti kuku setiap saat, dan tidak menyadari kebiasaan ini. Kebiasaan buruk ini bisa menjadi pertanda bahwa orang tersebut menderita sejumlah penyakit, seperti Obsessive Compulsive Disorder (OCD), Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), Oppositional Defiant Disorder (ODD), hingga penyakit cemas berlebihan.

    Kebiasaan menggigit kuku atau menarik rambut bisa juga pertanda penyakit Dermatillomania/mengelupasi kulit. Bukan hanya penyakit serius ini yang mengancam, namun kebiasaan ini jelas bisa menyebabkan kerusakan pada kuku dan kulit di sekitar kuku/kutikel.

    Menurut pengakuan sejumlah penderita, ada banyak cara untuk menghentikan kebiasaan buruk ini, salah satunya adalah dengan menggunakan kuku palsu, menutupi kuku dengan plester luka, membuat tangan selalu sibuk saat Anda mulai ingin menggigit kuku (mungkin dengan merajut atau main game di ponsel?), hingga melapisi kuku dengan cat kuku.



     

    (TEKS: ANDHINI PUTERI LESTARI / FOTO: BERBAGAI SUMBER)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below