Sukses Wawancara Kerja via Skype



  • Sesaat setelah menetapkan janji wawancara kerja

    Gunakan user name yang profesional. Partygalxx84 tentu tidak akan pernam memberikan kesan yang bagus. Anda juga tidak perlu menyertakan tahun kelahiran atau slogan apa pun ke dalam user name. Ubahlah user name Anda dengan sesuatu yang lebih normal seperti nama Anda sendiri. Pastikan Anda menggunakan foto profil yang jelas dan bagus. Crying selfie? Do not even think about it.

     



    H-1

    Lakukan tes latar belakang. Setelah menentukan spot untuk melakukan wawancara, foto diri Anda dengan fitur kamera web di laptop atau komputer untuk memastikan apakah Anda memiliki latar belakang yang bagus saat diwawancara. Sandaran sofa yang lusuh? pindahkan. Poster boyband idola mengintip? Copot segera dari dinding.

    Gladi resik. Periksa ulang kualitas kamera dan audio laptop atau komputer Anda. Hubungi salah satu teman dengan Skype untuk melihat apakah semua sistem telah berjalan dengan baik dan apakah ia dapat melihat dan mendengar Anda dengan jelas. Anda mungkin harus meatikan kipas angin atau pendingin udara untuk menghindari suara yang mengganggu.

     

    Satu jam sebelum

    Berpakaian rapi dari kepala hingga kaki. Jangan pikir Anda bisa lolos dengan mengenakan celana olah raga dan sandal jepit hanya karena bagian tersebut tidak akan terlihat di kamera! Anda tidak akan pernah tahu jika Anda harus berdiri dan mengambil sesuatu. Berpakaianlah seperti saat Anda menghadapi wawancara langsung. HIndari pemakaian aksesori berlebih dan gunakan kertas minyak untuk wajah agar Anda tidak terlihat "berkilau".

    Matikan nada peringatan pesan. Tak ada yang lebih mengganggu dari bunyi "Ping!" super keras saat Anda sedang menjelaskan ide stretagi pemasaran versi Anda kepada si calon bos. Tutup semua program di laptop atau komputer Anda dan nonaktifkan suara peringatan untuk notifikasi seperti surel dan Facebook. Dan untuk kebaikan ANda, matikan handphone selama wawancara.

     

    Selama wawancara berlangsung

    Tataplah lurus ke arah kamera. Tahan diri agar tidak sibuk melirik bagaimana rupa Anda di layar (ya, kami tahu itu sulit). Ciptakan kontak mata antara Anda dan pewawancara dengan mentap tepat ke arah kamera. Jika ada lebih dari satu pewawancara, tatap mereka dengan bergantian.

    Tulis, bukan ketik. Jika Anda ingin mencatat selama prosesi wawancara, tulislah di kertas. Jangan pernah mengetiknya langsung di keyboard. Bunyi ketikan akan mengalihkan perhatian Anda dan membuat Anda menjadi tidak fokus.

     

    (TEKS: SASHA GONZALES / CINDY EGIFANIA / FOTO: BERBAGAI SUMBER)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below