Patahkan Mitos Seputar Rambut



  •  

    MITOS 1: MENCABUT UBAN AKAN MEMBUATNYA MENJADI LEBIH BANYAK



    FAKTA: Sebenarnya uban muncul karena folikel rambut berhenti memproduksi melanin, yaitu zat yang memberikan warna pada rambut. Hal yang mempengaruhi hal ini di antaranya adalah usia dan faktor genetis. Mencabut uban memang dapat merusak folikel rambut, namun tidak ada hubungannya dengan bertambahnya jumlah uban. Meskipun demikian, mengecat rambut lebih disarankan dibandingkan mencabutnya jika Anda memang merasa terganggu dengan rambut berwarna putih tersebut.

     

    MITOS 2: KERAMAS SETIAP HARI DAPAT MEMBUAT RAMBUT LEBIH CEPAT RONTOK

    FAKTA: Keramas atau pun tidak, kenyataannya rambut Anda memang akan rontok sekitar 100 helai per harinya. Namun keramas setiap hari juga tidak disarankan, karena dapat membuat rambut Anda kering.

     

    MITOS 3: PRODUK YANG TEPAT DAPAT MENGATASI MASALAH RAMBUT BERCABANG

    FAKTA: Rambut bercabang hanya mungkin dihilangkan dengan mengguntingnya secara rutin, tidak ada satu produk pun yang dapat mengatasinya. Karena rambut bercabang adalah tanda kutikulanya sudah hilang. Namun sebaiknya lakukan perawatan rambut secara rutin di salon 6-8 bulan sekali, untuk menjaga agar rambut tetap lembap dan terasa lembut.

     

    MITOS 4: SERING MEMOTONG RAMBUT DAPAT MEMBUATNYA CEPAT PANJANG

    FAKTA: Rambut adalah serat mati yang akan tetap tumbuh meskipun Anda rutin memotongnya. Menggunting hanya akan memengaruhi model dan bentuknya. Menurut John Barrett, seorang pakar rambut asal New York, dalam setiap bulan, rambut akan bertambah panjang hingga setengah inci.

     

    MITOS 5: AIR DINGIN MEMBUAT RAMBUT LEBIH BERKILAU

    FAKTA: Keramas dengan air dingin memang mampu membuat Anda merasa lebih segar, namun ini tidak akan memberikan efek apa pun terhadap kemilaunya. Perawatan dan pemilihan produk dengan tepatlah yang menjadi kunci keindahan rambut.

     

    MITOS 6: BERGANTI-GANTI MEREK SAMPO DAPAT MEMBUAT RAMBUT LEBIH SEHAT

    FAKTA: Faktanya, rambut tidak bisa “mencerna” merek suatu produk dan efeknya terhadap rambut. Menurut pakar rambut dan kulit kepala asal London, Philip Kingsley, sampo favorit Anda akan bekerja dengan pola sama setiap kali digunakan, tak akan berubah dalam hitungan minggu atau bulan. Yang terpenting, Anda bisa menemukan sampo yang cocok dengan karakter rambut Anda.

     

    (TEKS: MONADISA UTAMI DEWI / FOTO: BERBAGAI SUMBER)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below