Teh Pahit Akibat Salah Seduh



  • Rasa dari secangkir teh yang Anda seduh sangat terpengaruh dari cara  Anda menyeduhnya. Ikuti tip menyeduh teh berikut ini.

     

    Hal-hal inilah yang dijabarkan Ratna Somantri, Tea Speaker dan penulis buku The Story in A Cup of Tea agar Anda bisa menyeduh teh dengan benar.



    Perhatikan Kualitas Air

    Kualitas air yang digunakan untuk menyeduh teh sama pentingnya dengan kualitas daun teh yang digunakan. Air yang kurang baik dapat membuat teh berkualitas menjadi tidak enak. Air yang baik untuk menyeduh teh adalah air yang yang tidak berbau dan bukan air keran. Jangan gunakan air yang sudah dididihkan berulang kali.

    Suhu Air

    Suhu air juga sangat penting. Air yang terlalu panas akan membuat teh terasa pahit, aromanya pun akan hilang. Setiap jenis teh memerlukan suhu air yang berbeda, untuk mengukurnya, Anda bisa menggunakan termometer. Hmm, jika termometer cukup merepotkan, saat air masih mendidih, diamkan dulu di dalam teko tanah liat, setelah air mulai hangat, baru gunakan untuk menyeduh teh.    

    Takaran Teh

    Untuk penyeduhan ala Cina, biasanya teh yang digunakan memenuhi sekitar sepertiga dari volume teko yang digunakan. Untuk penyeduhan ala barat, satu sendok teh memerlukan air sekitar 150cc.

    Bilas Teh

    Untuk teh yang masih berbentuk daun utuh, bilas dahulu daun teh ini dengan air panas (sesuai jenis tehnya) selama 30 detik sebelum digunakan untuk menyeduh.

    Lama Penyeduhan

    Lama penyeduhan teh ala barat adalah 2-3 menit untuk teh hijau dan teh kuning, 3-5 menit untuk teh oolong, teh hitam, dan teh pu-erh, dan 5-10 menit untuk teh putih.

    Sajikan Teh

    Setelah mengikuti langkah-langkah tersebut, sajikan teh dan nikmati selagi masih hangat.

     

    TEKS: ANDHINI PUTERI LESTARI / FOTO: BERBAGAI SUMBER



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below