Lifestyle

Tip Liburan Bersama Hewan Peliharan

By : Anggita Dwinda - 2014-05-30 03:10:47 Tip Liburan Bersama Hewan Peliharan

1) Bepergian dengan mobil

Sebelum hari H, ajak dulu si hewan kesayangan berkeliling dengan rute singkat. Sekadar untuk mengetes seberapa jauh ketahanannya. Minta saran dokter tentang apa yang seharusnya diberikan sekiranya sang hewan harus diberi hewan penenang.

 

2) Vaksin hewan peliharaan sebelum melakukan perjalanan

Sangat penting melakukan vaksinasi sebelum Anda bepergian. Bawalah data vaksinasinya, karena kebanyakan hotel dan tempat penginapan akan menanyakan sertifikat kesehatan dari dokter hewan.

 

3) Persiapkan segala kebutuhan hewan kesayangan

Sangat dianjurkan untuk membawa makanan dan minuman saat bepergian dengan peliharaan Anda, hal ini mencegah ia kelaparan dan kehausan saat di perjalanan.

 

4) Jangan tinggalkan hewan peliharaan di tempat parkir

Meninggalkan peliharaan Anda di dalam mobil yang tidak menyala akan membuat suhu tubuhnya naik hingga 160 derajat dalam satu menit. Hal tersebut meningkatkan kerusakan otak, kelumpuhan, bahkan kematian.

 

5) Cari klinik terdekat sesampainya di tempat tujuan

Penting mencari tahu keberadaan klinik hewan di sekitar tempat Anda berada, hal ini sebagai tindakan antisipasi untuk keadaan darurat.

 

6) Bepergian dengan pesawat

Jika akan melakukan perjalanan dengan pesawat, pastikan Anda telah mengunci kandangnya dengan rapat sebelum menyerahkannya ke pihak maskapai. Beri kalung tanda pengenal padanya, sertakan pula identitas Anda seperti nama dan nomor telepon. Selanjutnya, pihak maskapai biasanya akan menempelkan sticker informasi di kandang berupa nomor penerbangan, tempat tujuan, dan alamat rumah.

 

(TEKS: MONADISA UTAMI DEWI / FOTO: BERBAGAI SUMBER)

 

Lifestyle