Lifestyle

Which Exercise Fits You?

By : Andhini Puteri Lestari - 2014-02-25 11:48:19 Which Exercise Fits You?

FLOATING YOGA

Olahraga ini adalah bentuk latihan yoga terbaru dengan teknik yang revolusioner dalam memaksimalkan kelenturan tubuh dari kepala sampai kaki. Latihan ini menggunakan alat gantung yang disebut hammock, yang akan mendukung gerakan-gerakan khusus di atas ketinggian tertentu. Dilakukan selama 55 menit dan ditambah 5 menit pendinginan, floating yoga sangat baik untuk melatih fleksibilitas tubuh. Banyaknya kalori yang bisa dibakar dalam satu kali latihan selama satu jam adalah 300 cal.

Cocok untuk: Anda yang memiliki tingkat stres tinggi, karena mampu memberikan efek relaksasi yang luar biasa.

 

TRX

Olahraga ini diadaptasi dari pola latihan para tentara Angkatan Laut USA atau Navy SEALS. Mengandalkan suspensi berat badan, latihan ini melatih semua bagian tubuh khususnya upper dan lower body, serta perut. Manfaat utama berlatih dengan TRX adalah untuk membangun dan menambah kekuatan tubuh, keseimbangan, fleksibilitas, serta stabilitas. Hasilnya bisa cukup cepat dirasakan dalam meningkatkan ketahanan otot dan sangat berguna pada tingkat kebugaran apa pun. Dalam sekali latihan dengan durasi 1 jam, ada 300-400 cal yang bisa dibakar.

Cocok untuk: Anda yang tidak terlalu banyak memiliki waktu luang, karena variasi gerakannya mudah dilakukan di rumah tanpa petunjuk instruktur.

 

ZUMBA

Zumba adalah program kebugaran dance yang diciptakan penari dan koreografer Kolombia, Alberto ‘Beto’ Perez pada tahun 1990-an. Menggabungkan musik latin dan gerakan dance yang mudah diikuti, dengan sentuhan hip hop, samba, salsa, merengue, mambo, dan seni bela diri. Gerakan-gerakan zumba menggabungkan latihan interval, pilihan latihan dengan tempo cepat dan lambat yang variatif, serta latihan ketahanan. Ada 8 jenis kelas zumba yang ditargetkan untuk berbagai usia, yaitu zumba gold untuk dewasa, zumbatomic untuk anak-anak, aqua zumba untuk untuk kelas zumba dalam air, dan yang paling populer adalah zumba fitness party. Gunanya untuk membantu mereka membangun kekuatan, meningkatkan gerakan dan memperbaiki postur tubuh, serta bersosialisasi. Sekali melakukan zumba dengan durasi satu jam, mampu membakar kalori hingga 500-1000 cal.

Cocok untuk: Anda yang mencari cara berolahraga dengan jalan yang menyenangkan.

 

(TEKS: MONADISA UTAMI DEWI / FOTO: BERBAGAI SUMBER)

Lifestyle