Hair & beauty

Hindari Kulit Belang Dengan 5 Cara Mudah Ini!

By : Her World Indonesia - 2024-05-24 15:00:01




Kamu pasti setuju bahwa kulit belang menjadi salah satu masalah kecantikan yang kerap membuat tidak percaya diri. Warna kulit yang tidak merata bisa mengganggu penampilan sempurna yang kamu inginkan. Kulit belang sering kali terlihat pada wajah, tangan, dan area terbuka lainnya yang terekspos sinar matahari.


Tak jarang, masalah ini juga memengaruhi pemilihan pakaian dan makeup sehari-hari. Di samping mengurangi rasa percaya diri, kulit belang bisa menjadi tanda adanya kerusakan kulit yang lebih serius, lho!


(Baca juga: 3 Cara Reapply Sunscreen Saat Sudah Menggunakan Makeup)


Penyebab kulit belang pun beragam, salah satu yang paling umum adalah paparan sinar matahari tanpa perlindungan yang memadai. Oleh karena itu, kamu sangat disarankan untuk rutin menggunakan sunscreen dan produk perlindungan sinar UV lainnya untuk tubuh kamu. Selain itu, ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menghindari kulit belang. simak berikut ini.


1. Gunakan Tabir Surya Setiap Hari


(Merawat kulit agar tidak belang. Foto: Dok. Freepik)


Langkah paling penting adalah memastikan bahwa kamu selalu menggunakan tabir surya setiap harinya. Tidak hanya di area wajah, tetapi juga tubuh ya! Tabir surya akan membantu kulit kamu melawan radikal bebas dan paparan sinar UV jahat yang dapat merusak kesehatan dan kelembapan kulitmu, terutama ketika kamu memiliki banyak aktivitas di luar ruangan.


2. Eksfoliasi Secara Teratur

Eksfoliasi adalah proses pengelupasan sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit. Sel kulit mati bisa membuat kulit tampak kusam dan tidak merata. Dengan eksfoliasi teratur, minimal dua kali seminggu, kamu bisa membantu regenerasi sel kulit baru yang lebih sehat dan merata. Kamu bisa pilih eksfoliator yang sesuai dengan jenis kulit dengan butiran halus atau dengan kandungan AHA dan BHA yang sesuai.


3. Perawatan dengan Serum


(Merawat kulit agar tidak belang. Foto: Dok. Freepik)


Kamu bisa menggunakan serum yang memiliki kandungan untuk mencerahkan kulit sehingga bisa membantu mengatasi hiperpigmentasi dan meratakan warna kulit. Vitamin C, niacinamide, dan ceramide adalah beberapa bahan yang terkenal efektif dalam mencerahkan kulit dan mengurangi tampilan bintik hitam sekaligus melindungi skin barrier kamu.


4. Pilih Pakaian yang Memiliki UV Protector

Cara lainnya adalah memilih pakaian yang memiliki teknologi UV Protector. Saat ini ada banyak merek lokal dan internasional yang sudah menyediakan koleksi pakaian dan aksesori yang sudah bisa melindungi kamu dari paparan sinar UV sehingga kamu bisa bebas beraktivitas di luar ruangan.


5. Konsumsi Makanan Kaya Antioksidan


(Merawat kulit agar tidak belang. Foto: Dok. Freepik)


Kecantikan kulit tidak hanya datang dari perawatan luar, tetapi juga dari dalam. Pola makan yang kaya antioksidan dapat membantu melindungi kulit kamu dari kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan oleh sinar UV dan polusi. Kamu bisa mengonsumsi buah-buahan dan sayuran seperti beri, jeruk, bayam, dan brokoli yang kaya akan vitamin C dan E. Selain itu, minumlah air yang cukup untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan sehat.


(Baca juga: Ini 5 Masker Wajah Yang Bisa Menenangkan Kulit, Wajib Coba!)


Menerapkan kelima langkah ini secara konsisten dapat membantu kamu mendapatkan kulit yang merata dan bebas dari belang. Perawatan kulit memang membutuhkan waktu dan kesabaran, tetapi hasilnya pasti sepadan dengan usaha yang kamu lakukan. Jangan lupa bahwa setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda sehingga penting untuk memastikan apa yang kamu gunakan memang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu ya.


(Penulis: Adila Firani)