Life & health

6 Minuman yang Boleh Diminum Saat Diet Selain Air Putih

By : Her World Indonesia - 2024-05-23 16:50:01




Apa yang muncul dibenakmu saat mendengar diet? Cara untuk menurunkan dan menjaga berat badan dengan cara memperhatikan pola makan dan juga berolahraga. Mayoritas mungkin akan berpikir seperti itu. Namun, ada satu hal yang kerap dilupakan tentang diet, yaitu lebih memperhatikan minuman yang dikonsumsi!


Meski terkesan ‘sepele’, sering meminum minuman yang tinggi kalori justru dapat menambah berat badan dengan cepat dan berakhir gagal diet. Biasanya orang yang diet lebih rajin mengonsumsi air putih. Namun, hanya mengandalkan air putih pun dapat membuatmu cepat merasa bosan saat diet. Agar kamu tidak pusing memilih minuman bebas berkalori, Her World akan berisederet rekomendasi minuman yang aman dikonsumsi saat diet!


1. Teh Jahe

(Teh jahe bermanfaat untuk tubuh yang sedang diet. Foto: Dok. Pixabay/Pexels)


Kamu mungkin familier dengan jahe sebagai bumbu masakan atau minuman herbal saja. Namun, faktanya, jahe yang diseduh menjadi teh memiliki ragam manfaat. Teh jahe dapat berperan sebagai penurun nafsu makan dan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga bisa membantu penurunan berat badanmu. Alhasil saat kamu bosan dengan air putih dan ingin minuman yang menyegarkan serta menghangatkan tubuh tanpa bikin diet gagal, teh jahe bisa menjadi andalan.


(Baca juga: Bisa Menjaga Berat Badan, Ini 5 Manfaat Tahu Untuk Kesehatan)


2. Jus Buah Bit


(Jus bit tanpa gula baik untuk diet. Foto: Dok. vics ilustrada/Pexels)


Buah berwarna merah pekat ini memiliki kalori dan lemak yang rendah. Tak hanya itu, buah bit juga kaya akan serat dan protein yang bisa membantumu menjaga berat badan yang lebih ideal. Kandungan serat dan protein ini juga dapat membuat rasa kenyangmu tahan lebih lama. FYI, jus bit seringkali dikonsumsi para atlet untuk meningkatkan performa mereka, lho!


3. Air Kelapa

(Menyegarkan dan bernutrisi, air kelapa cocok untuk kamu saat diet. Foto: Dok. Craig Adderley/Pexels)


Air kelapa biasanya menjadi pilihan minuman yang menyegarkan dan nikmat, terlebih di saat cuaca panas. Namun, kamu mungkin akan ragu apakah air kelapa ini aman atau tidak saat diet karena ada sedikit rasa. Well, faktanya, air kelapa termasuk minuman berkalori rendah! Tak hanya itu saja, air kelapa juga dilengkapi dengan vitamin, mineral, dan kalium yang membuat tubuhmu menjadi lebih terhidrasi, berenergi, dan mengurangi sodium berlebih di tubuh. Namun, untuk merasakan berbagai manfaatnya selama diet, hindari menggunakan gula pada air kelapanya.


4. Susu Kacang Mete

(Susu terbuat dari tanaman lebih rendah kalori. Foto: Dok. Nikita Belokhonov/Pexels)


Susu menjadi minuman yang bisa bikin rasa kenyang di perut lebih tahan lama. Namun, saat diet kamu tetap perlu memperhatikan jenis susu yang diminum karena terdapat perbedaan kalori yang dimiliki. Susu sapi cenderung memiliki kalori yang lebih tinggi dibandingkan jenis susu lainnya seperti susu yang terbuat dari tanaman (plant-based). Jika ingin rasa susu yang tetap creamy dan gurih, kamu bisa pilih cashew milk atau susu yang terbuat dari kacang mete. Satu gelas cashew milk setara dengan hanya 40 kalori saja. Selain itu, susu jenis ini memiliki ragam nutrisi yang dibutuhkan saat diet, misalnya vitamin E dan kalium.


5. Teh Hijau

(Teh hijau cocok menamanimu saat diet. Foto: Dok. Maria Tyutina/Pexels)


Teh hijau dikenal tinggi akan antioksidan karena tidak melalui proses fermentasi. Salah satu antioksidannya adalah katekin yang dikenal dapat meningkatkan proses pembakaran lemak terlebih saat berolahraga. Selain itu, kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) dalam teh hijau dapat merangsang produksi hormon yang meningkatkan laju metabolisme tubuh sehingga lemak akan lebih cepat terbakar dan mengubahnya menjadi energi. Uniknya lagi, terdapat kafein dalam teh hijau yang dapat membantumu mengendalikan nafsu makan!

6. Kopi Hitam


(Kopi hitam tanpa gula lebih efektif membantu proses dietmu. Foto: Dok. Samer Daboul/Pexels)


Ingin minum kopi saat diet? Don't worry! Faktanya, kopi memiliki segudang manfaat untuk kesehatan terlebih saat diet. Namun, pastikan kopi yang dikonsumsi tidak ditambahkan gula dan susu! Kamu bisa pilih kopi hitam untuk dinikmati saat diet. Seperti yang kamu tahu, terdapat kandungan kafein dalam kopi yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh, proses memecah nutrisi dan memanfaatkan kalori makanan sepanjang hari. Kafein ini juga berperan menurunkan kadar ghrelin, hormon yang membuatmu lapar. Tak hanya itu saja, kopi hitam pun rendah kalori sehingga tidak akan menganggu proses dietmu mendapatkan berat badan yang ideal.


(Baca juga: Bikin Happy, Konsumsi 4 Buah Ini Untuk Tingkatkan Mood!)


Saat diet, kamu tak hanya fokus menjaga pola makan, tetapi juga minuman. Sebab, tanpa disadari terkadang minuman justru menjadi sumber kalori tinggi yang menyebabkan diet gagal. Hindari minuman yang bersoda dan juga manis. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa memilih minuman yang berasa. Cobalah minum jus sayur, teh, dan juga kopi hitam untuk menyegarkan tubuh tanpa menganggu usaha dietmu.


(Penulis: Zahrah Pricila)