Hair & beauty

Lihat Rambutmu, Ini 5 Ciri-Ciri Smoothing Sudah Berhasil

By : Her World Indonesia - 2024-05-16 19:00:02




Kamu pasti sudah familiar dengan proses smoothing rambut sebagai salah satu perawatan rambut yang populer untuk mendapatkan tampilan rambut yang halus, lurus, dan mudah diatur. Smoothing bertujuan untuk merawat dan menjaga kesehatan rambut secara keseluruhan. Dengan menggunakan berbagai produk kimia dan proses panas, smoothing mampu merubah struktur rambut, membuatnya lebih halus dan mudah diatur.


Seberapa lama kamu harus melakukan smoothing tergantung pada berbagai faktor, termasuk jenis rambutmu, kondisi rambut, dan teknik yang digunakan oleh ahli salon. Umumnya, hasil smoothing bisa bertahan antara tiga hingga enam bulan, tergantung pada seberapa baik perawatan rambutmu dan seberapa sering rambutmu terkena pengaruh panas atau bahan kimia.


(Baca juga: 5 Rekomendasi Toner Korea Untuk Kulit Sensitif, Penasaran?)


Beberapa orang mungkin memilih untuk melakukan retouch smoothing setelah beberapa bulan untuk mempertahankan hasil yang diinginkan, sementara yang lain mungkin lebih memilih untuk membiarkan rambutnya kembali ke kondisi semula setelah efek smoothingnya memudar.


Berhasilnya smoothing rambut tidak hanya terlihat dari tampilannya yang halus dan indah, tapi juga dari beberapa ciri-ciri lain yang seharusnya kamu perhatikan. Jadi, jika kamu baru saja melakukan smoothing atau sedang mempertimbangkan untuk melakukannya, yuk kenali ciri-ciri smoothing yang berhasil!


1. Rambut Lurus Tanpa Kusut


Salah satu tanda smoothing rambut yang berhasil adalah rambutmu terlihat lurus dan bebas kusut. Saat kamu menyentuhnya, rambut kamu tidak lagi terasa kasar atau sulit diatur seperti sebelumnya. Kamu dapat melihatnya ketika rambutmu kering secara alami atau setelah dikeramas. Jika rambutmu tetap terlihat halus dan lurus tanpa perlu alat styling tambahan, itu artinya smoothingmu sukses!


2. Kilau yang Alami


(Lima ciri-ciri smoothing yang berhasil yang perlu kamu ketahui. Foto: Dok. Freepik)


Smoothing yang baik tidak hanya membuat rambutmu terlihat halus, tapi juga memberikan kilau yang alami. Rambutmu seharusnya memiliki cahaya yang terpancar secara alami, bukan kilau yang tampak seperti lapisan minyak. Kilau yang alami menandakan bahwa struktur rambutmu sudah diatur dengan baik, dan bukan hanya diselimuti dengan lapisan bahan kimia.


3. Tidak Terlihat Patah-Patah


Salah satu masalah umum setelah smoothing adalah ujung rambut yang terlihat patah-patah. Namun, smoothing yang berhasil akan mengatasi masalah ini. Ujung rambutmu seharusnya terlihat utuh dan sehat, tanpa adanya tanda-tanda kerusakan atau kekeringan. Jika kamu melihat ujung rambutmu tetap lembut dan utuh, itu artinya smoothingmu telah berhasil menjaga kelembapan dan kekuatan rambutmu.


4. Lebih Mudah Ditata


(Lima ciri-ciri smoothing yang berhasil yang perlu kamu ketahui. Foto: Dok. Freepik)


Sebuah smoothing yang berhasil akan membuat rambutmu lebih mudah untuk ditata sehari-hari. Kamu akan merasakan perbedaan saat menyisir rambut atau saat mencoba menata gaya rambut yang berbeda. Rambutmu akan lebih kooperatif dan tidak mengalami resistensi yang berlebihan saat disisir atau diatur, memberikanmu pengalaman yang lebih menyenangkan dalam merawat dan menata rambut.


5. Tahan Lama


Last but not least, smoothing yang berhasil seharusnya juga tahan lama. Meskipun tidak ada smoothing yang benar-benar permanen, yang baik akan bertahan lebih lama daripada yang kurang berkualitas. Rambutmu tetap harus terlihat halus dan lurus selama beberapa bulan setelah proses smoothing dilakukan, tanpa perlu perawatan tambahan yang berlebihan. Ini menunjukkan bahwa produk dan teknik yang digunakan memiliki kualitas yang baik dan sesuai dengan kebutuhan rambutmu.


(Baca juga: Kenali 4 Perbedaan Dasar Rebonding dan Smoothing)


Jadi, itulah lima ciri-ciri smoothing rambut yang berhasil yang perlu kamu perhatikan. Ingatlah bahwa smoothing rambut bukan hanya soal penampilan, tapi juga tentang kesehatan dan kekuatan rambutmu. Jika kamu melihat semua ciri-ciri tersebut pada rambutmu, selamat! Smoothingmu telah berhasil!


(Penulis: Adila Firani)