Hair & beauty

Kenali 4 Perbedaan Dasar Rebonding dan Smoothing

By : Her World Indonesia - 2024-03-21 14:00:01 Kenali 4 Perbedaan Dasar Rebonding dan Smoothing

Rambut sering dianggap sebagai cermin dari kesehatan tubuh kamu secara keseluruhan. Tidak mengherankan, banyak orang merasa tertarik untuk melakukan perawatan seperti smoothing dan rebonding untuk mendapatkan tampilan rambut yang lebih rapi dan mudah diatur. Namun, dibalik keinginan untuk memiliki rambut yang tampak halus dan lurus, penting untuk menyadari bahwa rambut yang sehat sangat diperlukan.


Smoothing dan rebonding dapat memberikan hasil yang mengesankan dengan rambut yang tampak lebih lurus, halus, dan bebas dari kusut. Ini membuatnya lebih mudah diatur dan membutuhkan waktu yang lebih sedikit untuk styling sehari-hari. Selain itu, hasil perawatan smoothing dan rebonding biasanya bertahan selama beberapa bulan, sehingga kamu dapat menikmati rambut yang tampak rapi dan terawat tanpa harus repot-repot melakukan perawatan yang intensif setiap hari.


Proses smoothing dan rebonding juga membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat panas styling dan lingkungan. Melalui proses tersebut, rambut kamu menjadi lebih kuat dan kurang rentan terhadap patah dan pecah. Namun, smoothing dan rebonding adalah dua perawatan yang berbeda sekalipun tujuannya sama seringkali memberikan hasil yang berbeda.


(Baca juga: 5 Rekomendasi Masker Rambut Alami Untuk Atasi Ketombe)


Melalui artikel ini, Her World telah merangkum empat perbedaan smoothing dan rebonding yang harus kamu ketahui sebelum mencobanya. 


1. Hasil akhir

Salah satu perbedaan paling mudah dilihat antara smoothing dan rebonding adalah hasil akhir yang dihasilkan. Smoothing cenderung memberikan tampilan rambut yang lebih lembut dan berkilau, dengan memperbaiki tekstur dan meminimalkan kerutan serta keriting. Teknik ini sering digunakan untuk mengatasi rambut yang kasar atau bergelombang, memberikan hasil yang tampak lebih alami.


Di sisi lain, rebonding cenderung menghasilkan rambut yang lurus dan halus secara ekstrem. Proses ini merombak struktur rambut secara permanen, membuatnya tampak sejajar dan lurus tanpa keriting sama sekali. Hasilnya adalah rambut yang tampak lebih rata dan lurus, mirip dengan rambut yang telah dikepang.


2. Waktu pengerjaan

Perbedaan lain antara smoothing dan rebonding adalah waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses. Secara umum, rebonding membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan smoothing. Proses rebonding dapat memakan waktu hingga beberapa jam, tergantung pada panjang dan ketebalan rambut, serta kompleksitas proses yang diperlukan.


Smoothing, di sisi lain, seringkali lebih cepat dilakukan. Proses smoothing biasanya memakan waktu kurang dari setengah waktu yang dibutuhkan untuk rebonding. Namun, meskipun prosesnya lebih cepat, hasil akhirnya mungkin tidak seintens rambut yang direbonding.


3. Daya tahan


(Keduanya memiliki hasil akhir dan daya tahan yang berbeda-beda. Foto: Dok. Freepik)


Ketika mempertimbangkan perbedaan antara smoothing dan rebonding, daya tahan juga menjadi faktor penting. Secara umum, rebonding memiliki daya tahan yang lebih lama daripada smoothing. Proses rebonding melibatkan penggunaan bahan kimia yang merombak ikatan alami rambut, membuatnya tetap lurus dan halus selama berbulan-bulan.


Di sisi lain, hasil smoothing biasanya memiliki daya tahan yang lebih pendek. Meskipun produk smoothing dapat memberikan efek yang signifikan, rambut kamu cenderung kembali ke tekstur semula setelah beberapa bulan, tergantung pada jenis rambut dan perawatan pasca-perawatan yang kamu lakukan.


(Baca juga: 5 Cara Merawat Rambut Ikal Agar Tidak Mudah Kusut dan Kering)


4. Perawatan setelahnya

Terakhir, tetapi tidak kalah penting, adalah perawatan yang diperlukan setelah melakukan smoothing dan rebonding. Setelah melakukan proses rebonding, perawatan yang diperlukan cenderung lebih intensif. Rambut yang direbonding memerlukan perawatan khusus dan produk yang dirancang untuk menjaga kehalusan dan kelembutannya.


Di sisi lain, perawatan setelah melakukan smoothing cenderung lebih sederhana. Rambut yang telah di-smoothed seringkali hanya memerlukan perawatan rutin dengan produk perawatan rambut yang biasa digunakan, tanpa perlu produk khusus atau perawatan tambahan yang intensif.


Namun, penting untuk diingat bahwa perawatan ini memerlukan perhatian ekstra terhadap kesehatan rambut. Perawatan yang teratur dengan menggunakan produk perawatan yang tepat dan perawatan rutin di salon dapat membantu menjaga kesehatan rambut kamu sembari tetap menikmati hasil smoothing atau rebonding yang kamu inginkan. Sehingga, pada akhirnya, kamu bisa menikmati manfaat rambut yang sehat dan juga tampilan yang diinginkan.


(Penulis: Adila Firani)


Hair & beauty