Hair & beauty

4 Manfaat Masker Alpukat untuk Rambut Sehat Alami!

By : Her World Indonesia - 2024-04-29 15:00:02




Populer dihidangkan dalam menu roti tawar panggang (toast bread), alpukat tidak hanya memiliki cita rasa manis gurih yang unik, tapi juga bisa memberikan segudang manfaat untuk kesehatan diri, termasuk kesehatan rambut.


Memiliki rambut yang tampak lembut, tebal, dan berkilau adalah impian semua orang. Namun, hanya menggunakan rangkaian sampo dan kondisioner saja enggak cukup untuk mendapatkan rambut yang sehat. Terkadang kamu perlu melakukan effort perawatan rambut lebih untuk bisa mencapainya, salah satunya dengan menambahkan tahap hair mask.


Tak banyak yang tahu, namun menggunakan alpukat sebagai masker rambut bisa menjadi tips sederhana dan mudah untuk mengatasi berbagai permasalahan rambut karena kandungan asam amino dan berbagai vitamin di dalamnya. Penasaran apakah alpukat bisa menjadi solusi yang kamu tunggu-tunggu untuk atasi permasalahan rambutmu? Cari tahu jawaban selengkapnya di bawah sini!


(Baca juga: Ini 5 Masker Wajah yang Bisa Menenangkan Kulit, Wajib Coba!)


1. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

(Rambut lebih cepat tumbuh dengan masker alpukat. Foto: Dok. Element5 Digital/Pexels)


Buah bertekstur lembut ini kaya akan vitamin E sehingga bisa menjaga keseimbangan pH dan kadar minyak di kulit kepala. Hal ini dapat mencegah penyumbatan folikel rambut dan merangsang pertumbuhan rambut yang lebih kuat dan sehat.


2. Menutrisi Rambut dan Kulit Kepala Kering

(Seringnya menggunakan styling tools dapat mempercepat kerusakan rambut. Foto: Dok. Gratisography/Pexels)


Kondisi rambut tampak rusak dan kering terjadi karena minyak alami yang diproduksi kulit kepala memerlukan waktu lebih lama untuk menyebar ke seluruh helai rambut. Penyebabnya bisa beragam, mulai dari cuaca yang panas hingga penggunaan catokan rambut yang terlalu sering. Untuk memperbaikinya, alpukat bisa menjadi andalan kamu! Buah berwarna hijau ini mengandung lemak baik (monounsaturated fatty acids), magnesium, dan potassium yang bisa menjaga kelembapan secara alami pada rambut dengan memperbaiki kutikula yang rusak. Kalau kamu rutin menggunakannya, rambut pun akan tampak lebih berkilau.


(Baca juga: Tampil Glowing Bareng Teknologi AI Terbaru Merz Aesthetic)


3. Mencegah Rambut Rontok


(Rambut rontok menjadi masalah utama yang dialami berbagai usia. Foto: Dok. Towfiqu barbhuiya/Pexels)


Melihat helaian rambut yang tak kunjung berhenti rontok tentunya akan membuatmu cemas dan khawatir akan kesehatan rambut. Alpukat menjadi pilihan tepat untuk permasalahan rambut yang satu ini karena mengandung potassium yang bisa memberikan nutrisi penting ke rambut dan mencegah kulit kepalamu mengering. Kemudian, dilengkapi dengan kandungan vitamin B6, keratin pada rambut akan meningkat dan menjaga kesehatan folikel rambut serta membuatnya lebih kuat. Rambut yang tumbuh pun tidak akan rentan rontok.


4. Melindungi Dari Kerusakan Polusi


Saat beraktivitas di luar, rambut berpotensi terpapar radikal bebas layaknya kulit wajah. Akibatnya, warna rambut akan lebih terlihat kusam dan menghambat pertumbuhan rambut yang sehat. Tak hanya meningkatkan pertumbuhan rambut, vitamin E dalam alpukat bekerja sebagai antioksidan yang dapat melindungi rambut dari radikal bebas yang berbahaya akibat polusi dan stres.


Mengatasi masalah rambut dan menjaga kondisinya agar tetap sehat memang membutuhkan waktu dan effort yang lebih. Meski begitu, bukan berarti kamu harus menghabiskan waktu dan tenaga dengan treatment di salon berjam-jam. Dengan rajin menambahkan buah alami sebagai masker seperti alpukat yang tinggi akan vitamin bisa menjadi alternatif yang praktis dan mudah untuk memberikan nutrisi terbaik pada kesehatan rambut.


(Penulis: Zahrah Pricila)