Fashion

Ingin Beli Baju Preloved? Pahami Dulu Arti dan Tipsnya

By : Her World Indonesia - 2024-04-23 13:00:01




Preloved kini menjadi istilah yang semakin signifikan di dunia fesyen. Tak sedikit orang yang memilih untuk membeli pakaian preloved untuk membuat dirinya tampil lebih modis dan unik. Baju-baju preloved ini cenderung digemari pencinta fashion karena dengan harganya yang lebih terjangkau, kamu tetap bisa mendapatkan pakaian yang versatile dan berkualitas. Kamu akan sering menjumpai kata preloved ini baik di toko online maupun offline.


Membeli baju preloved pun sudah menjadi tren gaya hidup bagi mereka yang ingin menerapkan sustainability terhadap pakaian yang digunakan. Tak hanya itu, preloved ini identik dengan pakaian yang langka dan sulit ditemukan di tempat lain sehingga dengan membeli baju preloved biasanya bisa lebih menonjolkan tampilan diri yang lebih personal dan bermakna.


Namun, bagi kamu yang masih awam dengan dunia preloved ini, pasti akan kesulitan untuk mencari pakaian yang memang preloved dan bukan. Sebab, seringkali preloved dikaitkan dengan istilah barang bekas. Padahal, sebenernya ada sedikit perbedaan di antara kedua istilah tersebut. Penasaran? Berikut penjelasannya.


(Baca juga: Lakukan 6 Hal Ini Agar Baju Tidak Mudah Berbulu)


Istilah Preloved Baju: Arti dan Tipsnya

(Pahami makna preloved agar lebih pandai memilih baju-bajunya. Foto: Dok. cottonbro studio/Pexels)


Preloved seringkali dihubungkan dengan istilah barang bekas. It’s slightly true… but! Barang bekas ini identik dengan konotasi yang negatif seperti barang usang yang sudah tidak layak pakai dan jadul. Sementara makna preloved dalam dunia fesyen yang sebenarnya merujuk pada pakaian second, yang sudah dipakai, namun dijual kembali dalam kondisi dan kualitas yang masih bagus. Selain itu, kata preloved ini menandakan baju tersebut sangat disukai dan dirawat sebelum ditawarkan untuk dijual kembali.


Memilih baju preloved di pasaran memang tricky, khususnya bagi kamu yang masih baru ingin mencoba. Tapi kamu enggak perlu khawatir! Her World akan membagikan beberapa tips yang bisa jadi panduanmu untuk memilih baju preloved yang stylish dan berkualitas.


Tips memilih baju preloved yang stylish dan berkualitas


1. Buat Planning Sebelum Belanja Baju Preloved


(list down baju-baju yang belum ada di-wardrobemu sebelum beli baju preloved. Foto: Dok. Ylanite Koppens/Pexels)


Buying preloved clothes without planning is a big no! Kamu akan merasa kesulitan kalau tidak mengetahui terlebih dahulu jenis pakaian yang ingin kamu tambahkan ke koleksi wardrobe. Kamu bisa melakukan ini dengan periksa terlebih dahulu, gaya baju apa yang kamu inginkan dan belum kamu punya, entah itu vest, kemeja, atau kaos dengan desain yang unik. Kemudian, kamu bisa membuat list baju apa yang ingin kamu cari dan hindari nantinya saat belanja baju preloved. Tak hanya itu, kamu juga perlu mencari terlebih dahulu toko-toko preloved yang menjual baju-baju yang kamu inginkan. Dengan ini, kamu bisa menghindari blind buy pakaian yang tidak disuka dan tidak dibutuhkan.


2. Prioritaskan Baju yang Ada di List


(Hindari membeli baju yang sebenarnya enggak kamu butuhkan supaya wardrobe tidak overload. Foto: Dok. cottonbro studio/Pexels)


Supaya tak kebingungan dan kalap, kamu bisa menelusuri terlebih dahulu jenis baju yang ada di list. Kunci dari belanja baju prelovedadalah melihat satu per satu baju yang ada dan teliti untuk menemukan pakaian-pakaian yang unik dan sesuai selera. Seringkali kamu akan menemukan hidden gem ditumpukan baju-baju preloved yang ada.


3. Cek Aroma dan Bahan Baju


(Hindari membeli baju dengan kualitas yang sudah tidak baik. Foto: Dok. Vladimir Srajber/Pexels)


Apabila kamu membeli secara langsung di toko, pastikan baju yang dipilih tidak mengeluarkan aroma bau yang tidak sedap. Biasanya, aroma ini akan sulit hilang meski sudah dicuci. Selain itu, periksa bahan dari baju yang kamu pilih. Sebab, ada beberapa bahan pakaian yang akan sulit untuk dicuci dengan mesin cuci sehingga akan sulit untuk kamu menjamin kebersihan baju yang dibeli.


4. Hindari Memilih Baju Bernoda dan Warna Kusam


Meski baju preloved identik dengan konsep masih layak pakai, terkadang akan ada beberapa pakaian yang sudah mulai terlihat usang dan pudar warnanya. Jadi, pastikan terlebih dahulu baju yang menarik perhatianmu itu bebas dari noda dan masih berwarna cerah. Alhasil, kamu pun akan lebih nyaman dan tampilan akan tetap terlihatfashionable.


5. Be Patient!

Untuk menemukan baju preloved yang sesuai dan bisa mengekspresikan gayamu memang enggak mudah. Namun, kamu harus tetap bersabar menelusuri tiap rak atau katalog baju yang ada. Percaya deh, kamu akan merasakankesenanganyang berbeda saat menemukan baju preloved dengan harga terjangkau, namun kualitanya enggak kalah bagus dengan baju yang benar-benar baru.

(Baca juga: 5 Kombinasi Outfit Warna Cokelat, Tampil Menarik dan Nyaman!)

Kalau kamu ingin mulai menerapkan sustainable fashion, tapi tetap ingin tampil beda, belanja baju preloved ini bisa menjadi alternatifmu. Kamu tetap bisa bergaya dengan baju-baju unik yang berkualitas, tapi tetap sesuai budget. Jangan lupa untuk lakukan lima tips di atas pula saat memilih baju-baju preloved, ya. Happy shopping!


(Penulis: Zahrah Pricila)