Hair & beauty

8 Bahan Pelembap Bibir Alami yang Mudah Diperoleh!

By : Her World Indonesia - 2024-04-11 15:00:01




Menjaga agar bibir terlihat sehat dan lembap bukanlah hal yang sulit, asalkan rutin melakukan urutan lip care yang tepat. Bibir memiliki lapisan kulit yang tipis dan transparan, serta tidak mempunyai kelenjar minyak. Hal itu membuatnya mudah kehilangan kelembapan, sehingga pelembap bibir dapat menjadi solusi yang tepat. Selain menggunakan produk lip balm yang bisa dibeli di e-commerce atau beauty store, kamu juga dapat memanfaatkan beberapa bahan alami sebagai pelembap bibir alami, yang lebih aman bagi bibir. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk melembapkan bibir. Simak!


1. Madu


(Pelembap bibir alami. Photo by ROMAN ODINTSOV on Pexels)


Madu adalah pelembap bibir alami paling populer, yang diketahui mengandung banyak nutrisi dan antioksidan. Itu artinya, madu tidak hanya mampu melembapkan bibir tetapi juga menutrisi dan melindungi bibir dari radikal bebas. Mengoleskan madu pada bibir yang kering juga dapat mencegah terjadinya infeksi.


Untuk memaksimalkan manfaatnya, pilihlah madu asli yang tidak tercampur dengan gula tambahan. Kamu bisa mengoleskan sedikit madu pada bibir setiap hari, untuk mendapatkan bibir yang tampak lebih lembap dan merah alami. Sebelum mengoleskannya secara menyeluruh pada bibir, sebaiknya lakukan patch test terlebih dahulu untuk menguji kecocokannya di kulit bibir kamu. Jika tidak timbul reaksi alergi apapun, kamu bisa melanjutkan pengaplikasian madu ke keseluruhan bibir.


2. Tomat


Di samping madu, tomat juga terkenal sebagai pelembap alami bibir yang mampu menjaga kecantikan dan kesehatan bibir. Itu berkat kandungan kalium dan vitamin C tinggi pada tomat. Kamu dianjurkan menggunakan tomat merah segar dan memiliki banyak kandungan air sebagai pelembap alami bibir. Caranya, cukup potong tomat dan ambil daging buahnya. Kemudian, oleskan daging tomat secara langsung pada bibir atau bisa juga dihaluskan untuk kemudian dijadikan sebagai masker bibir. Diamkan selama 15-20 menit kemudian bilas dengan air bersih.


3. Teh Hijau


Teh hijau tidak hanya baik bagi kulit wajah dan tubuh, tetapi juga sangat baik bagi kecantikan dan kesehatan bibir. Teh hijau mengandung polifenol dan antioksidan kuat yang terbukti mampu melembapkan bibir, lebih plump, dan membuatnya tampak merah alami.

Kamu dapat mengoleskan pasta dari bubuk teh hijau atau membalurkan ampas teh hijau pada area bibir. Aplikasikan cara ini sekitar 15-20 menit, kemudian bilas hingga bersih.


4. Minyak Kelapa


Minyak kelapa juga dapat menjadi salah satu bahan pelembap bibir alami yang efektif mengatasi bibir kering. Hal ini karena adanya kandungan antioksidan kuat di dalamnya, yang tidak hanya dapat mengunci hidrasi, tetapi juga melindunginya dari efek radikal bebas dan mencerahkan bibir gelap.

Cara menggunakannya juga mudah, yakni dengan mengoleskan minyak kelapa murni pada bibir yang sudah bersih, kemudian biarkan hingga meresap sempurna. Gunakan cara tersebut selama beberapa minggu dan rasakan perbedaan yang muncul pada warna bibirmu!


(Baca Juga: 5 Urutan Lip Care Yang Tepat Untuk Bibir Sehat)


5. Shea Butter


Shea butter memiliki kandungan vitamin A dan E yang sangat baik untuk membuat bibir menjadi lebih lembap dan plump. Bahan ini juga dipercaya mampu membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada bibir. Itulah mengapa, shea butter banyak ditemukan sebagai bahan utama dari berbagai produk bibir, terutama lip balm. Kamu bisa membuat sendiri lip balm dari campuran shea butter dengan minyak zaitun dan beeswax. Kombinasi ketiga bahan ini terbilang efektif untuk melembapkan bibir dengan maksimal.


6. Lidah buaya


(Pelembap bibir alami. Photo by Freepik)


Selama ini, kamu mungkin hanya mengetahui jika lidah buaya hanya baik untuk rambut dan kulit. Padahal, lidah buaya juga memiliki kandungan yang sangat baik untuk membuat efek menenangkan dan melembapkan pada bibir yang kering. Untuk mendapatkan bibir yang lebih lembap, kamu hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada bibir yang kering secara menyeluruh. Gunakan secara rutin untuk menjaga kelembapan bibir!


7. Minyak zaitun


Kamu juga dapat menggunakan minyak zaitun sebagai pelembap alami untuk bibir yang kering dan menghitam. Minyak esensial ini mengandung banyak vitamin E dan antioksidan tinggi yang dapat melembapkan sekaligus mencerahkan bibir yang gelap. Kamu dapat mencampurkan minyak zaitun dengan madu, lalu oleskan pada bibir dan pijat secara lembut dan diamkan selama beberapa jam. Kemudian, bilas dengan air bersih.


8. Air putih


Saat bibir terasa kering dan pecah-pecah, artinya tubuh sedang mengalami dehidrasi. Untuk mengatasinya, kamu harus memenuhi kebutuhan cairan sesegera mungkin. Adapun cara yang paling baik yakni dengan mengonsumsi air putih.


Air putih memang sehat untuk tubuh, namun pastikan kamu mengonsumsinya secara cukup untuk memastikan tubuh terhidrasi dengan baik. Setidaknya, kamu perlu minum delapan gelas air atau setara dengan dua liter air putih. Minum air putih dapat mencegah bibir yang kering.


(Baca Juga: Ini Dia 3 Langkah Tepat Setelah Pakai Sheet Mask)


Itulah beberapa rekomendasi pelembab bibir alami yang tidak hanya bisa diperoleh dengan mudah, namun juga memiliki khasiat yang baik bagi kelembapan bibir. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi buatmu dalam menjaga kesehatan bibirmu. Selamat mencoba!




(Penulis: Calvin)