Life & health

Rambut Kamu Rusak? Ini 3 Manfaat Air Mawar Untuk Rambut

By : Her World Indonesia - 2022-09-21 18:00:01




Untuk kamu para skincare junkies pastinya sudah tidak asing lagi dengan skincare berbahan alami yang satu ini, air mawar. Manfaat air mawar dalam merawat kulit wajah sudah diakui sejak dahulu. Diantaranya seperti mampu mengangkat kotoran, membantu mengecilkan pori-pori, memberikan hidrasi yang cukup, hingga meredakan kulit iritasi. Itu dia beberapa alasan kuat mengapa air mawar sudah di dewa-dewakan sejak dahulu.


Selain itu, air mawar tidak hanya baik untuk perawatan kulit wajah saja! Skincare junkies sudah membuktikan bahwa air mawar juga berkhasiat untuk merawat serta memperbaiki rambut. Hingga kini banyak merek produk perawatan rambut yang menggunakan air mawar sebagai bahan utamanya lho! Berikut tiga manfaat air mawar untuk rambut!


(Baca Juga: Benarkah Air Mawar Mampu Mengobati Jerawat?)


1. Mengatasi Rasa Gatal Akibat Ketombe


( Air Mawar Dapat Mengatasi Rasa Gatal Akibat Ketombe. Foto: Dok. OlgaMiltsova/Unsplash.com)


Seperti yang diketahui, memiliki ketombe dapat mengurangi rasa percaya diri. Terlebih jika harus menggaruk-garuk rambut akibat rasa gatal yang muncul karena ketombe. Oleh karena itu, kamu dapat menggunakan air mawar untuk mengatasi rasa gatal tersebut lho!


Yang lebih canggihnya, air mawar juga dapat mengurangi ketombe secara berkala. Kamu cukup menuangkan air mawar pada kulit kepala, kemudian olesi secara lembut pada kulit kepala. Lakukan hal tersebut setelah kamu berkeramas ya!


2. Mengurangi Minyak Berlebih Pada Rambut

(Air Mawar Dapat Mengurangi Minyak Berlebih Pada Rambut. Foto: Dok. swkunst/Unsplash.com)


Memiliki minyak berlebih pada rambut dapat menyebabkan rambut lepek! Khususnya bagi pengguna hijab, pastinya memiliki rambut lepek dapat mengganggu kenyamanan, bukan? Kamu dapat menggunakan air mawar untuk mengurangi kadar minyak di rambutmu lho! Kamu dapat menggunakannya setelah keramas ya!


3. Memperbaiki Rambut Rusak

(Air Mawar Kaya Akan Antioksidan. Foto: Dok. Anna-Ok/Unsplash.com)


Jika kamu memiliki rambut rusak akibat styling, ini saatnya untuk memberikan perawatan ekstra pada rambutmu sebelum permasalahan tersebut semakin besar! Air mawar yang memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi dapat membantu memelihara kesehatan rambutmu serta menyeimbangkan pH rambut, sehingga kembali sehat lho!


Kamu dapat menggunakan air mawar sebagai conditioner, dengan cara mencampurkan tiga hingga lima tetes air mawar dengan satu pump jojoba oil. Kemudian oleskan pada batang rambut hingga merata, lalu tunggu hingga 10 menit dan bilas dengan air hingga tidak terasa berminyak.


(Baca Juga: Manfaat Air Mawar Untuk Wajah)


So, itu dia tiga manfaat air mawar untuk rambut yang dapat kamu coba di rumah! Yuk, mulai tingkatkan perawatan rambut sejak dini!


(Penulis: Haura Salsabila Zahrana)