Hair & beauty

Alami, Ini 7 Cara Agar Wajah Awet Muda

By : Her World Indonesia - 2022-03-23 16:30:01




Salah satu rahasia wanita agar tampil cantik setiap saat tentunya memiliki kulit wajah yang kencang. Siapapun pasti ingin memilikinya, selain dapat membuat wajah lebih tampak awet muda, memiliki kulit wajah yang kencang tentunya juga mampu membuat percaya diri menjadi bertambah.


Buat kamu yang memiliki keinginan untuk memiliki kulit wajah yang awet muda, tentunya bisa kamu dapatkan melalui berbagai cara alami. Yuk simak cara alami agar wajah awet muda berikut ini.


1. Rajin Melakukan Pijatan Kulit Wajah


(Memijat wajah berfungsi agar aliran darah menjadi lancar sehingga wajah awet muda. Foto: Dok.VladimirFLoyd/iStock)


Cara alami agar wajah awet muda yang pertama dan paling mudah adalah dengan rutin memijat kulit wajah. Hal ini perlu kamu lakukan karena berfungsi untuk membuat kulit wajah menjadi naik dan kencang, meredakan otot wajah yang tegang, melancarkan aliran darah, hingga memaksimalkan kerja skincare yang digunakan. Kamu disarankan untuk melakukan pijatan kulit wajah secara perlahan pada saat sedang mencuci wajah, melakukan scrubbing, atau saat menggunakan masker.


2. Cukup Istirahat


Memiliki waktu tidur yang cukup merupakan kegiatan yang memiliki banyak manfaat bagi perkembangan tubuh, salah satunya adalah kulit wajah. Hal ini dikarenakan, saat tidur ternyata kulit wajah menghasilkan kolagen lebih banyak yang dapat merangsang kulit melakukan regenerasi. Proses ini sangat penting, agar kulit wajahmu dapat memperbaiki sel dan jaringan kulit yang rusak. Sehingga, elastisitas kulit terjaga dan tetap awet muda, deh! Namun, jika kamu kurang tidur maka bisa membuat tubuh kehilangan banyak protein kolagen yang dapat berakibat kulit tampak kendur lebih cepat.


(Baca Juga: Bikin Awet Muda, Ini 6 Manfaat Madu Untuk Wajah)


3. Mengonsumsi Makanan Yang Tinggi Antioksidan

(Mengonsumsi makanan yang tinggi oksidan juga menjadi cara agar wajah awet muda. Foto: Dok.marilyna/iStock)


Agar memiliki wajah yang tampak awet muda, kamu perlu memperhatikan asupan makanan yang masuk. Sebab, hal ini akan berfungsi untuk menjaga sel-sel kulit dari kerusakan serta bebas dari paparan radikal bebas. Kamu bisa mengonsumsi makanan yang tinggi oksidan, seperti bayam, tomat, wortel, semangka dan blueberry. Makanan tersebut dapat mencegah kerusakan sel-sel kulit, serta menurunkan risiko penuaan dini pada kulit. Selain itu, mengonsumsi buah-buahan yang tinggi vitamin C, seperti apel dan jeruk, juga penting untuk merangsang pembentukan kolagen agar kulit tetap kencang.


4. Banyak Minum Air Putih


Seperti yang telah diketahui bahwa tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air. Maka dari itu, memastikan asupan air putih yang cukup setiap harinya penting untuk dilakukan agar tubuh dan kulit terhindar dari dehidrasi sehingga tidak mudah kering dan tampak awet muda. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, pastikan kamu mengonsumsi setidaknya dua liter air atau setara dengan delapan gelas air setiap hari.


5. Kurangi Stres



(Terapi relaksasi bisa dilakukan untuk mengurangi stres berlebih. Foto: Dok.BraunS/iStock)


Menjaga kesehatan mental bisa menjadi cara agar wajah tampak awet muda. Sebisa mungkin kamu mengurangi stres yang berlebih. Ketika menghadapi masalah, sebaiknya tidak sedih atau frustrasi berlarut-larut.


Kondisi stres dapat mempercepat proses penuaan dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Jika kamu sering stres, maka kamu juga akan mengalami gangguan tidur dan pola makan. Untuk itu, ada berbagai cara untuk mengurangi stres yang bisa kamu lakukan, seperti mencoba terapi relaksasi, melakukan aktivitas yang disukai, atau mendengarkan musik favorit.


(Baca Juga: Lakukan Perawatan Ini Setiap Hari Agar Area Mata Awet Muda)


6. Hentikan Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol


(Menghentikan kebiasaan mengonsumsi alkohol dan rokok bisa jadi cara agar wajah awet muda. Foto: Dok.Viktoriia Hnatiuk/iStock)


Cara agar wajah awet muda yang berikutnya adalah menjaga pola hidup sehat, salah satunya dengan meninggalkan berbagai kebiasaan buruk yang berdampak negatif bagi kesehatan. Contohnya, kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol.


Hal ini karena rokok mengandung berbagai senyawa racun yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Sedangkan alkohol dapat menyebabkan penurunan kondisi kulit. Maka dari itu, sebaiknya kamu menghentikan kebiasaan ini agar wajahmu lebih awet muda.


7. Lindungi Wajah Dari Paparan Sinar Matahari Langsung


Kulit wajah merupakan bagian tubuh yang paling mudah terpapar sinar matahari, sehingga diperlukan langkah-langkah untuk melindunginya. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan tabir surya dengan SPF (Sun Protector Factor) 30 atau lebih, baik saat berada di dalam maupun di luar ruangan.


Hal ini penting dilakukan karena sinar UV dapat merusak kolagen dan serat elastin pada kulit, sehingga kulit wajah menjadi keriput. Selain itu, sinar UV juga dapat memicu munculnya bintik hitam di wajah. Efek sinar matahari pada kulit ini dapat membuat wajahmu tampak lebih tua dari usia sebenarnya. Oleh karena itu, kesehatan kulit perlu selalu dijaga.


Jadi, itulah dia beberapa cara alami agar wajah awet muda. Lakukan sedari dini supaya saat menginjak usia tua, cara ini tidak semakin sulit dilakukan. Selamat mencoba!


(Penulis: Tiara Kandida E)