Life & health

5 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin C

By : Amalta Rifani - 2017-10-18 12:51:56 5 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin C

Vitamin C dianggap sebagai zat penting yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh agar terlindungi dari berbagai macam penyakit.

Lalu, bagaimana cara mengetahui kondisi tubuh Anda yang kekurangan asupan vitamin C? Berikut selengkapnya.

Kulit mudah memar, kasar, dan kering
Kekurangan vitamin C membuat pembuluh merah yang sangat kecil (kapiler) melemah dan pecah sehingga menimbulkan memar pada kulit. Selain itu, vitamin C juga dapat melindungi kulit dari sinar UV.

Luka yang tak kunjung sembuh
Vitamin C berperan penting dalam pembentukan kolagen pada kulit yang berfungsi untuk menutup luka saat proses penyembuhan. Jika kekurangan asupan ini, maka proses penyembuhan luka akan tergolong lama.

Sariawan dan gusi berdarah
Kolagen juga mendukung kesehatan gusi. Jika gusi bermasalah artinya kolagen tidak dipenuhi dengan asupan vitamin C yang cukup.

Mimisan
Sekitar 90% darah yang keluar dari hidung berasal dari pembuluh kapiler. Keadaan pembuluh kapiler yang lemah bisa diakibatkan karena kurangnya vitamin C.

Rambut cenderung kering dan mudah rontok
Zat besi membantu menguatkan dan menjaga kesehatan rambut. Vitamin C dalam hal ini berperan dalam mengingkatkan penyerapan zat besi. Kurangnya konsumsi vitamin C membuat zat besi tidak efektif diserap oleh tubuh.


Life & health