Food & travel

5 Pasar Loak Populer di Jakarta

By : Andhini Puteri Lestari - 2016-03-08 11:49:00 5 Pasar Loak Populer di Jakarta

1. Pasar Senen

Pasar ini merupakan pasar pakaian bekas yang paling lengkap dan paling besar di Jakarta. Anda bisa menemukan berbagai pakaian, sepatu, seprai, karpet, hingga tas-tas branded dengan harga supermiring (apalagi jika mendapat penjual yang kurang paham label branded). Istilah "bongkar baru" jangan sampai Anda lewatkan jika mendengar sang penjual menyerukan hal ini karena itu berarti ada barang-barang baru yang baru saja dibuka dari karung oleh sang penjual.

Tips belanja di Senen: Kumpulkan barang yang Anda mau lebih dari satu, lalu tawarlah harga serendah mungkin karena membeli lebih dari satu akan membuat Anda mendapatkan harga lebih murah. Datanglah saat pasar ini baru buka (sekitar jam 11 siang) karena Anda akan mendapat harga "penglaris" atau datang sekitar jam 4 sore karena akan menjadi lebih murah saat pasar hendak tutup.


(Baca juga: Tips Belanja di Pasar Loak)

2. Pasar Poncol

Tak jauh dari Pasar Senen, dekat rel kereta api, terdapat Pasar Poncol. Meski tempatnya lebih hardcore dari Pasar Senen, di sini Anda bisa menemukan berbagai aksesori vintage, pernak-pernik rumah, hingga berbagai mainan zaman dulu dengan harga murah.

Tips belanja di Poncol: Sebaiknya simpan uang di tempat tak terlihat, seperti di resleting dalam tas, karena rawan copet. Tawar harga serendah mungkin dan jangan berpakain mencolok, kenakan sepatu karena terkadang tempat ini becek.

3. Pasar Jembatan Item

Dikenal juga dengan nama Pasar Jatinegara, pasar loak ini menjual berbagai sepatu, ponsel bekas, perkakas elektronik, batu akik, hingga barang-barang antik. Di dekat sini juga terdapat sebuah gang seukuran satu mobil yang menjual berbagai pernak-pernik rumah seperti lampu dan peralatan makan vintage dengan kualitas baik.

Tips belanja di Jatinegara: Jangan berpakaian mencolok dan simpan uang baik-baik karena rawan copet. Pakailah trik "pergi pelan-pelan" saat menawar karena sang penjual akan memanggil Anda kembali.

4. Metro Atom

Terletak di Gedung Metro Pasar Baru, pasar loak ini serupa dengan Pasar Senen karena sebagian besar menjual pakaian dan tas, namun dengan kualitas lebih baik. Tempat belanjanya pun lebih nyaman karena sudah dilengkapi pendingin ruangan dan sebagian besar barangnya sudah dicuci dan disetrika. Itu sebabnya harganya lebih tinggi dari Pasar Senen.

Tips belanja di Metro: Trik "pergi pelan-pelan" saat menawar tidak berlaku di sini karena sang penjual tidak akan memanggil Anda lagi, jadi jika menginginkan suatu barang jangan terlihat terlalu menginginkannya. Sering-seringlah mengobrol dengan sang penjual karena semakin ramah Anda maka harga yang Anda dapat akan lebih murah.

5. Pasar Antik Jalan Surabaya

Pasar yang berdiri sejak tahun 60-an ini menjual berbagai barang antik berkualitas, pernak-pernik dekorasi rumah, hingga piringan hitam, dan koper berbagai ukuran. Sayangnya, harga barang di sini cukup mahal karena sudah menjadi incaran para wisatawan asing dan menjadi salah satu tempat wisata wajib-kunjung di Jakarta.

Tips belanja di Jalan Surabaya: Harga barang di sini sudah tinggi, jadi jika sang penjual menurunkan harga 40 persen dari harga yang pertama ia lontarkan, ini sudah termasuk harga termurah.


(Baca juga: 9 Cara Cermat dan Hemat Saat Liburan)


 

(FOTO: DOK.TRIPADVISOR)

Food & travel