Sex & relationship

5 Cara Mengatasi Feeling Lonely dalam Hubungan

By : Fariza Rahmadinna - 2024-06-15 19:00:01 5 Cara Mengatasi Feeling Lonely dalam Hubungan

Kehadiran pasangan dalam hidup kita seharusnya bisa memberikan perasaan "terpenuhi" dan bahagia. Tetapi terkadang, banyak pasangan yang justru merasa kesepian dalam suatu hubungan. 

Merasa kesepian dalam suatu hubungan memang bisa jadi pengalaman yang tidak mengenakan. Bagaimana tidak, perasaan kesepian biasanya diasosiasikan dengan kesendirian, sedangkan kenyataanya kamu sedang menjalin hubungan dengan si dia. Memiliki pasangan memang tidak bisa menjamin kamu tidak akan merasa kesepian, lho.

Berikut ini, beberapa cara mengatasi feeling lonely dalam hubungan, yang pada gilirannya bisa membantu kamu menjaga hubungan tetap langgeng dan romantis. Simak!


(Baca Juga: 3 Tips Jitu Menghadapi Orang yang Manipulatif!)


1. Pahami akar penyebabnya

Salah satu cara efektif menghadapi feeling lonely dalam hubungan yaitu dengan memahami akar penyebabnya. Coba tanyakan pada dirimu sendiri, “Apa yang membuat kamu merasa kesepian dalam hubungan?”.

Jawabannya mungkin bisa karena kurangnya hubungan emosional, keintiman fisik, atau kurangnya waktu berkualitas yang dihabiskan bersama. Mengidentifikasi akar penyebab perasaan kesepian yang kamu rasakan dapat membantu kamu mengatasi hal ini dengan lebih cepat dan efektif. 


2. Komunikasikan secara terbuka dan jujur


(Cara mengatasi feeling lonely dalam hubungan. Nataliya Vaitkevich / Pexels)


Komunikasi yang jujur adalah KUNCI dalam hubungan apa pun. Setelah kamu mengetahui dan memahami akar penyebab perasaan kesepian yang kamu rasakan, kamu bisa bicarakan secara terbuka dan jujur dengan si dia, “Aku sering merasa kesepian kalau [...]”. Dengan begitu, si dia akan mengerti perasaanmu, dan harapannya bisa bersama-sama memperbaiki hubungan menjadi lebih baik dan romantis. Tapi ingat ya, bicarakan perasaanmu dengan terbuka dan jujur tanpa terkesan menyalahkan atau mengkritiknya, okay?


3. Memperkuat hubungan emosional

Feeling lonely dalam hubungan sering kali disebabkan oleh kurangnya hubungan emosional antara kamu dan si dia. Maka dari itu, cobalah meluangkan waktu untuk memperkuat hubungan emosional di antara kamu dan si dia, misalnya dengan melakukan percakapan mendalam dari hati ke hati—Lagi, komunikasi adalah kunci dalam suatu hubungan!


4. Prioritaskan waktu berkualitas


(Cara mengatasi feeling lonely dalam hubungan. Maksim Goncharenok / Pexels)


Kurangnya waktu berkualitas yang dihabiskan bersama juga bisa menjadi penyebab timbulnya perasaan kesepian dalam hubungan. Meluangkan waktu berkualitas bersama sangat penting untuk menjaga hubungan tetap langgeng, kuat, dan romantis. Rencanakan kencan romantis di akhir pekan, dan usahakan untuk meminimalisir distraksi yang bisa mengurangi quality time berdua, ya!


5. Lakukan hal-hal yang kamu sukai!

Satu lagi cara mengatasi perasaan kesepian dalam hubungan yaitu dengan melakukan hal-hal atau aktivitas yang kamu sukai. Meskipun memastikan kamu tidak lagi merasakan kesepian dalam hubungan adalah hal yang penting, tetapi terlibat dalam aktivitas yang bisa memberi kamu perasaan gembira dan puas di luar hubungan romantis juga sama pentingnya. Serta, jangan lupa untuk melakukan perawatan diri sendiri, ini termasuk olahraga teratur, perawatan kulit, tidur yang cukup, dan praktikkan gaya hidup sehat. Memiliki kehidupan yang seimbang antara hubungan romantis dan di luar hubungan romantis dapat membantu meringankan perasaan kesepian. 


(Baca Juga: 5 Cara Mudah Untuk Menjaga Hubungan Long Distance Friendship)


Itulah tadi beberapa cara mengatasi feeling lonely dalam hubungan. Merasa kesepian dalam hubungan bukan berarti hubunganmu dengan si dia otomatis sudah hancur, tetapi ini adalah sinyal awal bahwa kamu dan si dia perlu bersama-sama untuk memperbaiki hubungan agar menjadi lebih baik dan romantis.

Dengan berkomunikasi secara terbuka dan jujur, memperkuat hubungan emosional, meluangkan waktu berkualitas bersama, dan terlibat dalam aktivitas yang memberi kamu perasaan gembira dan puas di luar hubungan romantis, bisa membantu meringankan perasaan kesepian yang pada gilirannya dapat membantu kamu menjaga hubungan tetap langgeng dan romantis. 


(Penulis: Adila Firani)



Sex & relationship