Life & health

5 Cara Mudah Untuk Menjaga Hubungan Long Distance Friendship

By : Her World Indonesia - 2024-06-13 14:00:02 5 Cara Mudah Untuk Menjaga Hubungan Long Distance Friendship

Hubungan pertemanan adalah salah satu pondasi penting dalam hidup setiap orang. Teman-temanmu tidak hanya sekadar orang yang ada di sekitarmu, tetapi mereka adalah sumber inspirasi, penyemangat, dan support system yang kamu butuhkan setiap hari. Ketika kamu menghadapi masalah, mereka adalah tempatmu berbagi keluh kesah. Saat kamu meraih keberhasilan, mereka yang pertama kali memberikan selamat dan merayakannya bersamamu. Dengan mereka, kamu merasa didengar, dimengerti, dan dicintai tanpa syarat. Itulah kekuatan dari sebuah pertemanan yang sejati.


Namun, seperti semua hubungan lainnya, pertemanan juga memiliki tantangannya sendiri. Terkadang, perbedaan pendapat atau kesalahpahaman bisa terjadi. Ada kalanya kamu merasa kurang diperhatikan atau justru sebaliknya, merasa temanmu terlalu menuntut perhatian. Dinamika ini seringkali memerlukan komunikasi yang baik dan pengertian dari kedua belah pihak.


(Baca juga: 8 Lagu Korea Tentang Persahabatan untuk Kamu dan Bestie!)


Salah satu tantangan terbesar dalam pertemanan adalah ketika kamu dan temanmu harus berpisah secara fisik, mungkin karena alasan pekerjaan, pendidikan, atau perubahan hidup lainnya. Long distance friendship membutuhkan usaha lebih untuk tetap terhubung dan mempertahankan kualitas hubungan. Kamu perlu mencari cara kreatif untuk tetap merasa dekat dan hangat meski terpisah oleh jarak. Berikut ini lima cara efektif untuk menjaga hubungan long distance friendship kamu.


1. Miliki jadwal video call


(Lima cara efektif menjaga hubungan long distance friendship yang perlu kamu coba. Foto: Dok. Pexels)


Salah satu cara terbaik untuk tetap terhubung dengan temanmu yang jauh adalah melalui video call. Teknologi saat ini sangat memudahkan kamu untuk melihat wajah dan mendengar suara temanmu, meskipun kalian berada di tempat yang berbeda. Jadwalkan waktu tertentu untuk melakukan video call secara rutin. Kamu bisa berbagi cerita tentang kegiatan sehari-hari, mendiskusikan hal-hal penting, atau sekadar tertawa bersama seperti saat kalian masih sering bertemu. Video call memberikan rasa kebersamaan yang sangat penting dalam mempertahankan keintiman pertemanan.


2. Kirim surat atau paket kejutan

Meskipun kita hidup di era digital, mengirim surat atau paket kejutan masih menjadi cara yang sangat spesial untuk menunjukkan perhatian. Menulis surat dengan tangan memberikan sentuhan personal yang tidak bisa digantikan oleh pesan teks atau email. Kamu juga bisa mengirim paket berisi barang-barang favorit temanmu atau sesuatu yang mengingatkan kalian pada momen-momen berharga. Kejutan semacam ini pasti akan membuat temanmu merasa dihargai dan diingat, sekaligus memperkuat hubungan kalian.


3. Mainkan game atau kuis online bersama


(Lima cara efektif menjaga hubungan long distance friendship yang perlu kamu coba. Foto: Dok. Pexels)


Jika kamu dan temanmu sama-sama suka bermain game, maka bermain game online bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk tetap terhubung. Kamu juga bisa memilih aktivitas online lain misalnya mengisi kuis bergambar atau kuis lucu bersama. Selain menjadi hiburan, kegiatan ini juga bisa menjadi sarana untuk berkomunikasi dan bekerjasama.


4. Lakukan liburan bersama

Tentukan waktu yang tepat bagi kalian berdua untuk bertemu dan menghabiskan waktu berkualitas bersama. Liburan bersama memberikan kesempatan untuk menciptakan kenangan baru, memperkuat ikatan, dan merasakan kembali kedekatan yang mungkin sedikit memudar karena jarak. Persiapan dan antisipasi untuk liburan ini juga bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan dan dinantikan.


5. Rayakan satu sama lain


(Lima cara efektif menjaga hubungan long distance friendship yang perlu kamu coba. Foto: Dok. Pexels)


Dalam hubungan long distance friendship, sangat penting untuk tetap mendukung satu sama lain dalam pencapaian pribadi. Meskipun kalian tidak bisa selalu hadir secara fisik, memberikan dukungan moral dan semangat tetap bisa dilakukan dari jarak jauh. Rayakan setiap pencapaian temanmu, berikan motivasi saat dia menghadapi tantangan, dan pastikan dia tahu bahwa kamu selalu ada untuknya. Dukungan seperti ini akan membuat hubungan kalian tetap kuat dan berarti, meskipun terpisah oleh jarak.


(Baca juga: Bangun Pagi Tanpa Alarm? Kamu Bisa Lakukan 5 Tips Ini)


Menjalani long distance friendship memang penuh tantangan, tetapi dengan usaha dan komitmen, hubungan ini bisa tetap kuat dan hangat. Selalu utamakan untuk memiliki komunikasi yang baik dan merayakan satu sama lain untuk mempertahankan ikatan persahabatan yang berharga. Dengan begitu, meskipun jarak memisahkan, hati kalian akan tetap dekat!


(Penulis: Adila Firani)


Life & health