Food & travel

Menyatu Dengan Alam, 5 Negara di Asia yang Wajib Dikunjungi!

By : Her World Indonesia - 2024-05-23 19:10:02 Menyatu Dengan Alam, 5 Negara di Asia yang Wajib Dikunjungi!

Saat mendengar destinasi wisata di Asia, biasanya orang-orang akan langsung tertuju pada negara-negara yang spesifik  seperti Jepang, Korea Selatan, Singapura, atau bahkan Thailand. Keempat negara ini terkenal akan budaya. tradisi, dan juga tempat-tempat turisnya. Namun, pada kenyataannya, masih ada banyak negara-negara di kawasan Asia yang jarang tersorot, tapi ternyata memiliki berbagai macam tempat wisata hidden gem yang tak kalah menarik dari keempat negara tersebut. Hanya saja kini trennya adalah mengunjungi negara yang memang sudah terekspos di media sosial. 


Terlalu fokus memperhatikan kisah traveling orang lain di media sosial tentu menggiurkan. Namun, terkadang orang menjadi lupa akan esensi traveling yang sebenarnya, yaitu merasakan pengalaman baru, memperluas apresiasi diri terhadap dunia, dan yang terpenting mengajari kita lebih banyak tentang diri sendiri. Apabila kamu bosan dengan destinasi wisata yang sama saja, cobalah untuk kunjungi beberapa negara Asia di bawah ini yang tak kalah menarik dari empat negara populer yang disebutkan.

1. Sri Lanka 

(Eksplorasi Anuradhapura untuk pengalaman traveling yang berbeda. Foto: Dok. Rathna Deepaya/Pexels)


Terletak di bagian Selatan Benua Asia, Sri Lanka dapat menjadi destinasi wisata untuk merasakan pengalaman baru. Terdapat berbagai warisan arkeologi di negara ini, salah satunya Kota Anuradhapura yang dikenal sebagai tempat lahirnya agama Buddha di Sri Lanka. Menariknya lagi, kota yang dipenuhi dengan kuil dan monumen bersejarah itu telah menjadi bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO. Bagi kamu yang lebih menyukai pemandangan alam, tak perlu khawatir! Dataran tinggi Sri Lanka bisa menjadi pilihan destinasi saat berkunjung. Mulai dari pegunungan, air terjun, sampai hutan hujan bisa kamu rasakan sekaligus. 


(Baca juga: Ini Dia, 5 Ide Destinasi Liburan Sesuai Zodiak Kamu!)


2. Taiwan 


(Pemandangan Danau Sun Moon dari sudut Wen Wu Temple. Foto: Dok. Asian Wanderlust/Pexels)


Taiwan dapat menjadi destinasi berlibur yang membuatmu merasa nyaman dan senang karena warga lokalnya dikenal memiliki karakter yang friendly. Kemudian, meski wilayah negaranya tak begitu luas, Taiwan memiliki banyak keunikan dan tempat-tempat menarik yang dapat ditawarkan. Kamu bisa menyantap aneka ragam kulineran yang lezat, akses ke berbagai area secara mudah, gunung untuk didaki, dan pantai yang eksotis. Salah satu tempat yang wajib dikunjungi adalah Danau Sun Moon yang terletak di Pulai Taiwan tengah. Kamu akan dibuat takjub dengan pemandangan danau alami terbesar di Taiwan yang terbagi menjadi dua bagian berbeda dan membentuk selayaknya matahari dan bulan. 


3. Bhutan 


(Pemandangan alam dapat terlihat di puncak Paro Taktsang. Foto: Dok. Ming Zimik/Pexels)


Daya tarik utama dari negara yang terletak di Asia Selatan ini adalah keasrian lingkungan dan juga kehidupan warga lokalnya yang sejahtera. Apabila kamu mencari ketenangan dan menyatu dengan alam, Bhutan dapat menjadi pilihanmu. Selain itu, Bhutan dikenal sebagai persinggahan kerajaan Buddha tradisional terakhir di dunia. Tertarik untuk traveling ke sini? Kamu dapat berkunjung ke destinasi unggulannya, yaitu Paro Taktsang (Tiger's Nest). Terletak di lereng perbukitan, tempat ini dibangun dengan nuansa warisan budaya yang kental. Kamu bisa menikmati keindahan lembah hijau dan puncak gunung saat berada di tempatnya. 


4. Mongolia 

(Tampilan ger yang bisa dijumpai di padang rumput. Foto: Dok. ArtHouse Studio/Pexels) 


Mongolia lekat akan tradisi dan warisan budaya. Faktanya, sampai saat ini mayoritas warga Mongolia masih menerapkan gaya hidup nomaden atau berpindah-pindah. Dalam setahun, mereka bisa berpindah-pindah selama dua hingga empat kali. Jadi jangan heran kalau kamu sering menjumpai ger, rumah nomaden yang menyerupai tenda. Ger ini pun disediakan khusus bagi turis yang berkunjung. Tempat wisata yang populer dan berbeda di Mongolia adalah gurun gobi yang dijuluki gurun terbesar kedua di Asia. Dikelilingi oleh pemandangan yang menakjubkan, kamu dapat melakukan perjalanan dengan menunggang kuda. Negara yang terletak di antara Rusia dan China ini menjadi destinasi yang cocok untuk kamu penggemar aktivitas luar ruangan dan penikmat pemandangan alam. 


5. Brunei Darussalam


(Kampong Ayer, kehidupan warga lokal di atas air. Foto: Dok. visitsoutheastasiaofficial/Instagram)


Brunei Darussalam memang dikenal sebagai negara kesultanan yang memiliki ciri khas tradisi unik dan mewah. Namun, terlepas dari fakta tersebut, Brunei adalah negara yang dikelilingi dengan keindahan alam. Salah satu tempat menariknya adalah Kampong Ayer atau Water Village yang terletak di Sungai Brunei. Kamu akan melihat sumber kehidupan warga lokal yang bergantung pada air. Meski dunia sudah menjadi sangat modern, Kampong Ayer tetap mempertahankan arsitektur dan gaya hidup tradisionalnya yang lekat akan perkembangan sejarah negera ini. 


(Baca juga: Terinspirasi Street Food, BAKU Sajikan Kuliner Khas Asia)


Traveling seharusnya menjadi momen penting untuk dirimu menikmati keindahan dunia dan mengenal diri lebih dalam. Namun, terkadang kita hanya fokus berkunjung ke negara-negara yang populer dan sudah 'pasti' saja tempat wisatanya. Cobalah untuk eksplorasi lebih jauh untuk mendapatkan pengalaman traveling berbeda dan menarik. Lima negara Asia di atas memang menarik dan aman untuk turis. Namun, sebelum berkunjung alangkah baiknya untuk kamu mencari tahu do's dan don'ts nya terlebih dahulu agar momen berwisata lebih menyenangkan. 


(Penulis: Zahrah Pricila) 


Food & travel