Hair & beauty

5 Minyak Esensial Untuk Memperbaiki Rambut Kering

By : Her World Indonesia - 2024-05-27 16:00:02  5 Minyak Esensial Untuk Memperbaiki Rambut Kering

Rambut kering seringkali menjadi masalah utama yang tak bisa diatasi secara instan. Tak jarang rambut yang kering pun menganggu penampilan dan lebih sulit di-styling. Rambut memiliki tiga lapisan berbeda yang masing-masingnya  memiliki peran tersendiri. Namun, lapisan terluar rambut ini yang terpenting karena membantu melindungi lapisan rambut yang lainnya. Saat lapisan terluarnya rusak, yang ditandai dengan hilangnya minyak alami di lapisan, rambut akan menjadi kering dan tampak kusam. Seperti yang kamu tahu, minyak alami berperan untuk menjaga seluruh lapisan rambut dan membuatnya tampak berkilau. 


Saat merawat rambut kering, biasanya orang-orang akan fokus ke pilihan sampo, kondisioner, dan masker rambut sehingga mereka melupakan jenis perawatan lainnya. Salah satu perawatan yang sering terlewatkan adalah penggunaan minyak esensial! Minyak ini biasanya berasal dari berbagai macam tumbuhan, bunga, buah-buahan, atau biji-bijian yang tinggi akan nutrisi, vitamin, dan antioksidan yang baik untuk rambut kering. Tertarik mencoba? Simak rekomendasinya di bawah ini! 


Penyebab Rambut Kering


(Terlalu sering menggunakan flat iron untuk styling rambut dapat mempercepat keringnya rambut. Foto: Dok. Polina Tankilevitch/Pexels)


Sebelum memilih minyak esensial untuk perawatan rambut, penting untuk kamu memahami penyebab rambut kering. Apabila diabaikan, minyak esensial yang digunakan tidak akan bekerja secara efektif pada lapisan terluar rambut. Perlu dipahami bahwa rambut yang kering tidak terjadi hanya karena salah penggunaan sampo atau kondisioner saja. Salah satu penyebab utamanya ialah penggunaan styling tools terlalu sering dengan suhu yang terlalu tinggi. Hal tersebut dapat merusak keratin dalam rambut. Seperti yang diketahui, keratin merupakan protein alami yang dapat menjaga rambut tetap sehat dan berkilau.


(Baca juga: Tak Cuma Gorengan, Ini 3 Makanan yang Bikin Jerawatan!)


Selain itu, terlalu sering mencuci rambut pun dapat menghilangkan minyak alami rambut secara cepat. Idealnya, rambut perlu dicuci setiap dua sampai tiga kali dalam seminggu. Hal ini untuk mencegah kulit terlalu kering dan juga terlalu berminyak. Tak hanya soal styling dan tata cara mencuci rambut, terpapar sinar matahari terlalu sering dan lama dapat meningkatkan potensi terkena efek radiasi UV. Lapisan rambut nantinya akan menjadi rusak dengan tampak lebih kering dan munculnya ujung rambut bercabang. 


Rekomendasi Minyak Esensial Untuk Rambut Kering 


1. Minyak Kelapa



Rambut yang kering berarti hilangnya kelembapan secara menyeluruh akibat produksi minyak pada kulit kepala yang menurun. Minyak kelapa memiliki keunggulan menghidrasi rambut karena ada kandungan omega-3 dan vitamin E. Tak hanya itu, kedua kandungan tersebut dapat menambahkan tampilan kilau pada rambut. Kamu bisa mencoba aplikasi minyak kelapa pada ujung bawah rambut secara halus. 

2. Minyak Almond

Baik dikonsumsi maupun diaplikasikan, kacang almond memberikan ragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaatnya ialah dapat menjadi solusi untuk memperbaiki rambut yang kering. Sebab, minyak almond memiliki kandungan asam lemak Omega-9 yang bisa menghaluskan lapisan rambut dan kandungan emoliennya yang juga mempertahankan kelembapan rambut. 


3. Minyak Rosemary  


Minyak rosemary memiliki banyak manfaat untuk rambut, salah satunya yang populer adalah dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Tak hanya itu saja, rutin memakai minyak rosemary dapat memberikan perawatan lebih pada tekstur rambut yang kering. Memiliki kandungan antioksidan dan antibakteri, minyak yang terbuat dari tanaman beraroma khas ini dapat menghidrasi kulit sekaligus menutrisi rambut secara mendalam untuk rambut kering. Kamu bisa mengaplikasikannya dengan mengusap lembut pada rambut. Hindari penggunaan di kulit kepala karena berpotensi menyebabkan ketombe. 


4. Minyak Lavender 


Lavender populer digunakan untuk memberikan aroma spesial pada rangkaian skincare atau perawatan kulit. Selain memberikan aroma yang kuat dan wangi, lavender ternyata bermanfaat untuk perawatan rambut yang kering. Minyak yang diekstraksi dari bunga lavender memiliki khasiat antiinflamasi dan antibakteri yang bisa mengatasi kerusakan rambut akibat kekeringan pada helai-helai rambut. Minyak lavender secara spesifik dapat menghidrasi lapisan kulit kapala. 


5. Minyak Zaitun 


Sama seperti minyak kelapa, olive oil atau minyak zaitun mengandung vitamin E dan asam lemak yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut. Selain kedua kandungan tersebut, minyak zaitun pun dilengkapi dengan emolien alami yang dapat menghidrasi rambut seperti squalane dan oleic acid sehingga rambut akan tampak lebih halus. Kamu bisa menggunakan takaran minyaknya sebanyak satu hingga dua sendok makan, lalu aplikasikan ke rambut perlahan. Kemudian, tutupi area rambut tersebut dengan handuk hangat selama 15 menit. Setelahnya, gunakan sisi bergigi jarang sebelum dibilas. 


(Baca juga: Timeless, 5 Ide Nail Art Elegan Yang Selalu Memukau!)


Rambut kering memang membutuhkan perawatan yang lebih mendalam. Mayoritas orang akan fokus ke jenis sampo dan kondisioner saja, tapi untuk memperbaiki rambut kering secara efektif membutuhkan perawatan lebih. Salah satu perawatan tambahannya adalah menggunakan minyak esensial pada lapisa terluar rambut. Tak hanya fokus ke perawatan, kamu pun perlu memahami berbagai penyebab rambut cepat kering agar perawatan rambut bekerja lebih baik. Dari rekomendasi minyak esensial di atas, kira-kira kamu tertarik mencoba yang mana dulu nih? 


(Penulis: Zahrah Pricila) 


Hair & beauty